CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Lampu Kode Mil 1 Kedipan Pada Honda, Cek Kerusakan dan Cara Mengatasinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Lampu Kode Mil 1 Kedipan Pada Honda, Cek Kerusakan dan Cara Mengatasinya

gambar lampu mill honda injeksi 1 kedipan
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Lampu mil injeksi berkedip 1 kali secara cepat, apasih permasalahanya? Seperti kita ketahui PGM-FI (Programed Fuel Injection) merupakan sebuah teknologi elektronik yang sudah diterapkan pada sepeda motor dengan tujuan untuk mengatur jumlah bahan bakar agar menghasilkan proses pembakaran yang sempurna berdasarkan data mesin tertentu.

Sistem PGM-FI juga diklaim lebih baik karena bisa membuat kendaraan menjadi lebih irit, ramah lingkungan serta mendapatkan performa mesin secara maksimal.

Karena rangkaianya terdiri dari komponen elektronik, hal tersebut membuat sistem PGM-FI sudah diprogram agar bisa mendeteksi kerusakan beberapa part sensor yang terkait. Hasil kerusakan tersebut biasanya akan di tampilkan dalam bentuk kode berupa kedipan lampu mil pada speedometer.

Lampu Mil 1 Kedipan Pada Motor Honda

Nah, seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai kode lampu mil yang berkedip satu kali. Lebih tepatnya lampu mil berkedip secara cepat sebanyak 1 kali saat switch kontak on atau dipasang DLC / jumper kabel.

Menurut buku panduan tentang daftar kode mil injeksi honda, kedipan satu kali secara cepat menandakan adanya kerusakan pada bagian sensor MAP (Manifold Absolute Pressure).

Sensor MAP sendiri merupakan salah satu sensor yang diterapkan dalam sistem kontrol elektronik mesin pembakaran internal, terutama pada sistem bahan bakar injeksi.

Sedangkan untuk letak posisinya ada di bagian intake manifold atau dekat dengan throttle body

Fungsi sensor MAP

Jika dilihat secara kegunaan, sensor MAP fungsinya ialah membaca atau mengukur jumlah besarnya tekanan udara di dalam intake manifold dalam bentuk vacum yang diakibatkan daya hisapan langkah piston.

Setelah sensor berhasil membaca tekanan udara didalam intake, selanjutnya data dikirim ke ECU untuk dikalkulasikan terhadap beberapa komponen elektronik termasuk sejumlah sensor lainnya. Sehingga nanti akan menghasilkan proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin dengan sempurna.

Gejala sensor MAP rusak

Sensor MAP rusak dapat menimbulkan beberapa gejala atau dampak pada sepeda motor injeksi kamu, dan salah satu bentuk gelaja alias ciri-ciri atau dampak yang ditimbulkan ialah :

  1. Performa sepeda motor berkurang
  2. Akselerasi sepeda motor kurang baik
  3. Terkadang mesin bekerja dengan normal namun terjadi penurunan tenaga pada bagian putaran atas
  4. Emisi gas buang akan lebih banyak
  5. Idle, langsam atau stationer akan terasa lebih kasar
  6. Penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros
  7. Terkadang gejala timbul seperti mesin tersendat

Penyebab sensor MAP rusak

Adapun beberapa penyebab sensor satu ini mengalami kerusakan sehingga menampilkan kode mil 1 kedipan antara lain :

  1. Komponen atau rangkaian sensor rusak dan sudah tidak berfungsi dengan baik
  2. Soket, terminal alias kontak yang kendor atau tidak terpasang dengan baik
  3. Soket, terminal atau kontak yang kotor dan berdebu
  4. Kabel penghubung longgar atau putus pada bagian dalam
  5. Kabel terkelupas dan kontak pada masa body motor

Perlu kamu ketahui terkadang permasalahan tidak pada bagian sensor saja, adapun seperti kabel yang mengalami putus, terkelupas dan mengenai masa atau juga bisa di sebabkan karena soket yang longgar.

Karena kejadian tersebut sehingga ecu beranggapan bahwa sensor mengalami kerusakan dan menampilkan kode lampu mil 1 kedipan.

Cara memperbaiki kode mil 1 kedipan

Seperti yang telah di sebutkan, kode lampu mil 1 kedipan permasalahanya ada pada bagian sensor MAP. Untuk itu ada baiknya kamu memeriksa bagian tersebut, baik pada bagian sensor, kabel, soket dan hal-hal terkait lainnya.

Selanjutnya kamu bisa lakukan reset injeksi dengan beberapa mode yang telah dianjurkan.

Nah, itulah mengenai permasalahan terhadap lampu mil berkedip 1 kali pada sepeda motor injeksi honda yang penyebabnya adalah sensor MAP sekaligus cara memperbaikinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel