CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daftar Kode Mil Honda Injeksi dan Kerusakan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Daftar Kode Mil Honda Injeksi dan Kerusakan

gambar indikator lampu mill honda beat
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - PGM-FI (Programed Fuel Injection) merupakan teknologi pengaturan bahan bakar yang sudah diterapkan cukup lama pada kendaraan sepeda motor. Sistem ini terbilang canggih karena dilengkapi dengan beberapa sensor yang bisa memaksimalkan performa kendaraan bermesin.

Tidak hanya itu saja, sistem injeksi juga bisa melakukan melakukan diagnosa dirinya sendiri terhadap beberapa kerusakan yang sedang terjadi dan melaporkanya kepada pengguna melalui lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang ada di bagian speedometer.

Baca juga : Penyebab Aki Drop Dan Tidak Mau Menyimpan

Jika ada tanda-tanda kerusakan pada sistem injeks honda atau sepeda motor mengalami gangguan, maka sistem PGM-FI akan langsung memberikan kode berupa kedipan alias lampu akan menyala dan mati berulang kali.

Berkedipnya lampu mil memiliki pola dan hitungan sendiri, pasalnya setiap kedipan memiliki permasalahan yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu penting bagi kamu mengetahui atau memahami beberapa kode kedipan yang diberikan oleh sistem injeksi pada lampu mil untuk mengetahui kerusakan tersebut.

Baca juga : Fuel Pump Tidak Mengeluarkan Bunyi Saat Switch On

Cara Membaca Lampu Mil Injeksi Honda

Pada kondisi normal dan tidak terdapat masalah, saat kamu mengubah posisi kontak dari off ke on maka lampu mil akan menyala sekitar 1,3 detik kemudian mati dan tidak menyala kembali.

Namun apabila sesudah nyala lampu pertama tadi mati dan terjadi beberapa kedipan kembali secara terus menerus, maka sistem injeksi memberi tanda adanya kerusakan pada beberapa bagian tertentu sesuai dengan jumlah kedipan yang di berikan.

Baca juga : Cara Merawat Fuel Pump Agar Lebih Awet

Kamu juga harus tahu bahwasanya kedipan lampu mil honda injeksi memiliki 2 macam tipe panjang dan pendek (lama dan cepat). Kedipan panjang atau nyala lampu panjang ini berlangsung selama 1,3 detik, sedangkan kedipan pendek atau cepat berlangsung selama 0,3 detik.

Setiap kedipan panjang (lama) 1,3 detik memiliki hitungan ekuivalen 10, yang artinya 1 kedipan panjang sama dengan 10 kedipan pendek. Sedangkan untuk kedipan pendek (cepat) memiliki hitungan ekuivalen 1.

Contoh, jika sesudah lampu mil pertama mati dan terjadi kedipan panjang 1 kali dan kepidan pendek 2 kali, maka hitunganya adalah 12 karena kedipan 1 panjang adalah 10 dan kedipan 2 pendek adalah 2.

Baca juga : Ketahui Berapa Perbaikan Biaya Menghiangkan Motor Berasap

Nah, itulah adalah sebagai contoh karena ada beberapa daftar kode mil honda injeksi dan kerusakan yang bisa kamu ketahui.

Kedipan Lampu Mil Honda

gambar kedipan lampu injeksi honda

1 kedipan

Kode lampu mil dapat dengan mudah dibaca karena kedipan hanyak terjadi sekali dan pendek (cepat)

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure).

Terdapatnya kerusakan pada sensor MAP, tidak berfungsi dengan baik serta bisa disebabkan tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil.

Baca juga : Ciri-Ciri Fuel Pump Pompa Bensin Lemah

Dampak yang ditimbulkan : Performa sepeda motor berkurang, akselerasi sepeda motor kurang baik, mesin bekerja dengan normal namun terjadi penurunan tenaga pada bagian putaran atas.

7 Kedipan

Kode lampu mil berkedip cepat sebanyak 7 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor ECT (Engine Coolant Temperature) atau sensor EOT (Engine Oil Temperature).

Sensor ECT dan rangkaiannya sudah tidak berfungsi, terdapat kabel yang putus atau mengelupas mengenai body, soket sensor ECT dan EOT terjadi Intermitten Failure (putus sambung) longgar dan sebagainya.

Baca juga : Ketahui 4 Cara Menambal Ban Tubeless

Dampak yang ditimbulkan : Sepeda motor sulit dihidupkan pada suhu rendah atau dingin, mesin cepat mengalami panas.

8 Kedipan

Lampu mil berkedip cepat sebanyak 8 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor TP (Throttle Position).

Rangkaiannya sudah tidak berfungsi dengan baik, bagian kontak yang longgar, konektor unit sensor longgar atau adanya kabel putus dan mengelupas.

Baca juga : Penyebab Rem Depan Seret Saat Mundur

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Boros bahan bakar, akselerasi dan respon gas tidak baik, sering mengalami mati mesin serta rpm sering naik turun.

9 Kedipan

Lampu mil berkedip cepat sebanyak 9 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor IAT (Intake Air Temperature).

Sensor IAT atau rangkaiannya tidak berfungsi dengan baik, soket dan kontak yang longgar atau tidak terpasang dengan baik pada konektor unit sensor, kabel mengelupas dan sebagainya.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Akselerasi sepeda motor kurang baik, mesin bekerja dengan normal namun sedikit kurang tenaga pada putaran menengah, terkadang sulit dinyalakan.

11 Kedipan

Lampu mil berkedip panjang 1 kali dan pendek 1 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor VS (Vehicle Speed).

Komponen dan rangkaiannya kurang berfungsi dengan baik, kontak yang longgar dari konektor sensor VS serta kabel dan soket putus nyambung.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Indikator speedometer tidak berfungsi alias mati, sistem ISS tidak berfungsi khusus untuk motor yang dilengkapi ISS.

12 kedipan

Lampu mil berkedip panjang 1 kali dan pendek 2 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Injektor.

Sistem injektor tidak berfungsi dengan baik, soket atau kontak penghubung kendor, kabel konektor putus nyamung serta kabel mengelupas.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Mesin tidak dapat dinyalakan atau hidup, injector tidak nyembur, pompa bahan bakar dan coil pangapian mati.

21 Kedipan

Lampu mil berkedip panjang 2 kali dan pendek 1 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor O2 (Oxigen Sensor).

Sensor O2 dan rangkaian penyusun tidak berfungsi dengan baik, kontak alias soket yang longgar serta kabel pada sensor O2 yang bermasalah.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Mesin sedikit sulit untuk dihidupkan, terdengar bunyi letupan pada bagian knalpot, emisi gas buang meningkat terkadang di sertai penurunan performa mesin.

29 Kedipan

Lampu mil berkedip panjang 2 kali dan pendek 9 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : IACV ( Intake Air Control Valve).

Sensor IACV dan rangkaiannya sudah tidak berfungsi dengan baik, kontak alias soket konektor yang longgar dan tidak terpasang dengan benar pada sensor IACV serta bisa pula disebabkan kabel yang putus.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Mesin terkadang sulit dihidupkan, putaran rpm stasioner terdengar lebih kasar, boros bahan bakar, langsam atau stationer kadang mati.

33 Kedipan

Lampu mil berkedip panjang 3 kali dan pendek 3 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : EEPROM ECM (Elektrically Erasable Progammable Read Only Memory Engine Control Module).

ECM tidak berfungsi, beberapa komponen penyusun didalamnya rusak, kontak alias soket yang longgar atau tidak terpasang dengan baik pada konektor ECM serta terdapat kabel putus.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Mesin tidak dapat menyala atau dihidupkan, terkadang sering mati saat di bawa jalan, speedometer tidak menyala, sering kelihangan daya listrik dan busi tidak memercikan api.

52 Kedipan

Lampu mil berkedip panjang 5 kali dan pendek 2 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor CKP (Crankshaft Position).

Sensor CKP dan rangkaian penyusun sudah tidak berfungsi, kontak alias soket yang longgar atau tidak terpasang dengan baik pada sensor CKP, kabel mengelupas dan megenai body atau putus.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Mesin motor sering mati atau bahkan sulit dihidupkan, putaran langsam atau rpm stasioner terdengar lebih kasar, motor dalam kondisi normal tetapi akselerasi kurang di semua kecepatan, sering tersendat serta terkadang tidak mau distater.

54 Kedipan

Lampu mil berkedip panjang 5 kali dan pendek 4 kali.

Letak kerusakan dan penyebab : Sensor BAS (Bank Angle Sensor).

Sensor BAS dan rangkaian penyusun sudah tidak berfungsi dengan baik, kontak alias soket terdapat yang longgar atau tidak terpasang dengan benar, kabel mengelupas atau putus nyambung.

Dampak dan gejala yang ditimbulkan : Sepeda motor masih tetap menyala saat kondisi rebah, jatuh atau miring pada sudut tertentu.

Nah, itulah daftar kode mil honda injeksi beserta kerusakan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel