CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Produk Roti? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Produk Roti?

gambar hamster lagi makan roti
Sumber foto : pixabay/Shutterbug75
Healty99 - Kamu mungkin suka roti, terutama untuk beberapa jenis roti gandum, tawar, panggang dan sejenisnya, mengingat karena roti merupakan makanan yang simpel dan dapat dipadukan dengan sejumlah olahan lain.

Namun, walaupun roti merupakan makanan yang sering kita konsumsi, lantas apakah roti juga boleh dimakan hamster peliharaan? Jika kamu memiliki pemikiran demikian maka jawabnya adalah "Ya", roti boleh dimakan hamster, tetapi tidak semua roti bisa dengan aman kamu berikan.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Sebaikan Jangan Di Berikan Pada Hammster

Oleh karena itu mempertimbangkan untuk menambahkan roti ke dalam makanan hamster secara rutin setiap hari.

Hamster Makan Roti

Pada dasarnya hewan pengerat ini adalah omnivora dimana mereka biasanya mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta beberapa serangga kecil jika diperlukan.

Selain itu sejumlah roti berasal dari biji-bijian seperti gandum, tentu memberikan hamster sedikit roti tidak akan menyebabkan masalah yang berarti bagi mereka.

Baca juga : Cara Merawat Hamster Tanpa Induk

Sebagai contoh, berikut beberapa jenis roti yang bisa dimakan oleh peliharaan bola bulu kamu.

Roti tawar putih

Roti putih atau roti tawar umumnya memiliki reputasi sebagai junk food dari semua jenis roti yang kita kenal. Bahan utama yang digunakan dalam membuat roti tawar putih biasanya berasal dari tepung terigu dan pengembang.

Itulah mengapa roti putih dianggap paling tidak bergizi dari semua jenis roti. Namun kelebihanya ialah, beberapa roti putih terkadang mempunyai varian nutrisi vitamin, kalsium dan serat.

Baca juga : 9 Pemicu Induk Hammy Menjadi Kanibal

Roti gandum utuh

Roti gandum utuh atau roti cokelat, warna cokelatnya didapat dari proses molase dan tidak harus menggunakan bahan biji-bijian. Bahkan untuk sejumlah roti gandum terkadang tidak harus dibuat dengan biji-bijian gandum utuh (murni) dan terkadang memang ada sedikit campuran.

Oleh karena itu, jika kamu ingin membeli roti gandum utuh yang murni maka pastikan untuk melihat daftar bahan baku dengan tulisan 100% gandum utuh.

Setidaknya dalam satu potong biasa roti gandum utuh mengandung sekitar 69 kalori, 4 g protein, 2 g gula, 12 g karbo, 132 mg natrium, 2 g serat pangan serta kolesterol.

Roti gandum hitam

Roti gandum hitam biasanya terbuat dari campuran beberapa biji-bijian gandum hitam atau tepung.

Gandum hitam sebenarnya sama seperti roti gandum utuh diatas, tetapi ada varietas gandum hitam mirip seperti diwarnai dengan kopi instan atau bubuk kakao.

Roti gandum dinilai lebih baik karena mengandung tinggi serat dan lebih banyak akan nutrisi ketimbang jenis roti putih, serta memiliki kelebihan dengan mempengaruhi kadar gula darah.

Berapa Banyak Hamster Makan Roti

Memberikan roti sebagai makanan mereka bisa saja kamu lakukan, mengingat sesekali memberikan cemilan lezat kepada peliharaan bukanlah hal yang buruk.

Kamu bisa memberikan satu potongan kecil roti sebesar kepala hamster untuk makanan mereka dan tidak lebih, mengingat hewan satu ini rata-rata hanya bisa makan sebanyak 1 sendok teh untuk sesaat jadi ukuran segitu adalah yang terbaik.

Sebaiknya tidak berikan roti setiap hari, sekalipun itu jenis roti tawar putih, gandum dan sebagainya. Hamster juga membutuhkan makanan lain karena mereka adalah hewan omnivora, jadi berikan saja 2 atau 3 kali dalam sepekan sebagai cemilan.

Bahaya Roti bagi Hamster

Buat kamu yang memiliki banyak roti dilemari dan ingin mengetahui mana yang cocok untuk diberikan pada hamster, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu. Walau roti sebagian besar terdiri dari biji-bijian, tetapi roti belum tentu makanan yang terbaik untuk mereka.

Memang roti tidak beracun bagi hamster, tetapi kamu tidak bisa memberikan sembarang roti kepada mereka sebagai makanan utama..

Sebagai contoh roti mengandung bahan tambahan seperti selai, butiran gula, mentega, susu, pemanis dan sebagainya tidak boleh kamu berikan pada peliharaan.

Bahan campuran ragi dan garam memang biasa ditemukan pada sebagian besar roti. Namun makanan yang tinggi gluten, pati, garam, karbohidrat dan gula bisa mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan pada hammster seperti diabetes, alergi, obesitas bahkan kematian.

Singkatnya, memberi hamster peliharaan dengan sedikit roti sesekali tidak akan membuat mereka sakit. Meskipun roti bukanlah makanan yang terburuk untuk bisa kamu berikan pada hamster, namun bukan berarti tidak ada makanan diluar saja yang lebih baik.

Terlalu banyak roti juga bisa menyebabkan masalah pencernaan dimana hammy mengalami sembelit karena kekurangan air, oleh karena itu pastikan kamu menyediakan botol air minum mereka dengan penuh.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel