CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Lampu Kode Mil 7 Kedipan Pada Honda, Cek Kerusakan dan Cara Mengatasinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Lampu Kode Mil 7 Kedipan Pada Honda, Cek Kerusakan dan Cara Mengatasinya

gambar lampu mil honda
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Kedipan lampu mil pada sepeda motor honda yang tidak normal saat switch kontak on, menandakan hal tersebut adanya masalah pada sistem injeksi atau PGM Fi. Baik itu hanya sekedar error ataupun terdapat gejala kerusakan pada beberapa komponen sensor elektronik.

Sistem PGM Fi dilengkapi dengan kecangihan tersendiri, salah satunya ialah dapat mendeteksi gejala kerusakan pada komponen terkait, sehingga memungkinkan untuk diketahui para pengguna secara langsung melalui indikator lampu mil pada speedometer.

Baca juga : Penyebab Aki Cepat Drop Dan Tidak Mau Menyimpan

Nah, seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai perihal lampu mil injeksi yang berkedip sebanyak 7 kali. Sebenarnya apasih penyebabnya serta bagaimana cara memperbaiki permasalahan tersebut.

Lampu Mil Berkedip 7 Kali Pada Motor Honda

Kedipan lampu mil 7 kali dapat kamu ketahui saat mengubah switch kunci kontak dari off ke on, maka sesudah nyala lampu injeksi pertama mati akan kembali berkedip cepat sebanyak 7 kali jika dihitung.

Atau kamu juga bisa mengetahuinya menyambung soket DLC sebagai jalur koneksi diagnostik untuk kendaraan. Saat soket dijumper lampu mil akan langsung berkedip sebanyak 7 kali, pasalnya jika tidak terdapat masalah lampu akan terus menyala.

Baca juga : Penyebab Aki Bisa Menggelembung Besar

Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang berkedip sebanyak 7 kali mengindikasikan adanya masalah pada bagian sensor ECT (Engine Coolant Temperature), atau sensor EOT (Engine Oil Temperature) dikendaraan kamu.

Sesor satu ini terletak di bagian kiri atau melekat pada blok mesin secara langsung.

Fungsi sensor ECT dan EOT

Sebenarnya sensor ECT dan EOT keduanya hampir sama, bahkan dari segi fungsi juga sama-sama tidak jauh beda.

Baca juga : Ciri-Ciri Komponen Fuel Pump Minyak Lemah

EOT (Engine Oil Temperature) merupakan sensor yang berfungsi sebagai pendeteksi terjadinya perubahan suhu dari sebuah mesin. Sensor satu ini pada umumnya terletak pada ujung blok atau head silinder dengan menangkap perubahan suhu dari oli mesin.

Sedangkan ECT ialah sensor temperatur dari cairan pendingin mesin, berfungsi untuk memberikan sinyal agar menghidupkan kipas radiator saat mesin sudah dalam kondisi panas.

Sensor ECT umumnya terpasang pada bagian blok mesin dan bertugas memberikan sinyal ke lampu indikator temperatur apabila suhu air pendingin sudah melebihi dari batas normal.

Penyebab lampu mil berkedip 7 kali

Seperti yang telah di sebutkan, penyebab timbulnya kedipan sebanyak 7 kali secara cepat pada lampu mil injeksi honda disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian sensor ECT atau EOT.

Baca juga : 4 Cara Mengakali Rumah Bearing Roda Oblak

Akan tetapi tidak serta merta kedipan mil tersebut menandakan komponen sensor rusak, karena bisa saja bagian pendukung lainnya yang memicu kondisi tersebut bisa terjadi. Nah, sebagai contoh penyebabnya ialah :

  1. Rangkaian dan komponen pembentuk sensor sudah tidak layak fungsi
  2. Terminal atau soket tidak terpasang dengan baik alias lepas
  3. Terminal atau soket mengalami kotor, longgar, karat dan sebagainya
  4. Kabel putus pada bagian dalam sehingga koneksi tidak terhubung
  5. Kabel yang mengelupas dan mengenai masa body kendaraan

Gejala sensor ECT atau EOT rusak

Pada sepeda motor honda, gejala sensor ECT atau EOT dapat ditandai dalam beberapa ciri-ciri atau gejala, salah satunya ialah sebagai berikut :

  1. Mesin terasa lebih kasar saat dihidupkan
  2. Pada kondisi suhu dingin mesin lebih sulit untuk hidup atau menyala
  3. ECU tidak dapat membaca sinyal secara benar dari sensor sehingga suplay bahan bakar menjadi salah
  4. Jika motor hidup maka mengakibatkan boros bensin
  5. Jarak tempuh sepeda motor menjadi lebih pendek
  6. Indikator lampu suhu radiator error dan tidak menyala
  7. Beberapa kasus suhu mesin menjadi lebih panas

Cara memperbaiki kode mil 7 kedipan

Jika kamu sudah mengetahui tentang gejala, fungsi dan penyebab dari kerusakan dari pada sensor ECT atau EOT, maka langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya ialah dengan memeriksa secara langsung bagian sensor tersebut.

Jika komponen sensor telah diperiksa secara mendalam dan telah di indikasi kerusakan atau penurunan daya fungsi, maka ada baiknya di ganti dengan yang baru. Lalu setelah itu lakukan reset ulang sistem PGM Fi alias injeksi.

Namun apabila hanya terdapat kerusakan sebatas putus kabel atau mengelupas, maka kamu bisa lakukan sambung kabel dan isolasi kembali agar lebih aman.

Nah, itulah mengenai permasalahan terhadap lampu mil berkedip 7 kali pada sepeda motor injeksi honda yang penyebabnya ialah sensor sensor ECT atau EOT bermasalah, dan sekaligus bagaimana cara memperbaikinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel