CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Lambung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Lambung

gambar bengkoang segar
Sumber foto : istock
Healty99 - Adakah khasiat bengkoang untuk lambung? Jawabnya adalah "Ada". Bengkoang atau bengkuang merupakan tumbuhan yang banyak dibudidayakan untuk diambil bagian umbi.

Sama seperti beberapa teman sejenis wortel, lobak, bit dan kentang, umbi bengkuang diambil untuk berbagai keperluan konsumsi hingga kecantikan.

Bengkoang memiliki umbi berwarna putih, renyah, mengandung tinggi air serta tentunya kaya akan manfaat buat kesehatan tubuh. Mengingat ia juga kaya akan nutrisi, baik dari segi mineral dan vitamin yang menyehatkan.

Tetapi terlepas dari itu semua, adakah manfaat lebih dari bengkuang untuk area lambung jika kita mengkonsumsinya?

Manfaat bengkoang untuk lambung

Umbi sekaligus sayuran satu ini memang sering dikonsumsi sebagai salad untuk diet, campuran pada sup, minuman jus, rujak dan masih banyak lagi. 

Karena secara umum bengkuang hanya terdiri dari kandungan air, serat dan rendah kalori. Hal ini membuatnya aman buat dikonsumsi setiap hari sebagai makanan diet dan dalam masa menurunkan berat badan.

Selain itu, sifat umbi yang dingin, kaya akan air dan serat membuatnya dapat mengenyangkan perut lebih cepat

Bengkoang juga baik untuk sistem pencernaan jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan, salah satu manfaatnya ialah bisa mendinginkan perut dan lambung, mencegah naiknya asam lambung, mengatasi masalah sembelit, mencegah penumpukan feses dan masih banyak lagi tentunya.

Bengkuang diklaim dapat mecegah asam lambung naik sekaligus nyeri, tetapi yang perlu kamu garis bawahi ialah umbi satu ini tidak bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah asam lambung, maag, gerd dan sebagainya.

Namun buat kamu yang memiliki masalah asam lambung, maag dan gerd dapat dengan aman mengkonsumsinya.

Disatu sisi, karena sifat umbi yang dingin serta kaya air, ini bisa kamu manfaatkan untuk melegakan perut sehabis makan-makanan pedas dan berminyak.

Cara menikmati bengkoang untuk lambung

Tidak ada cara spesial untuk menikmati bengkuang karena kamu bisa memakanya dengan berbagai cara, termasuk itu buat kamu yang memiliki masalah pada lambung seperti maag dan asam lambung.

Namun sebagai saran kamu bisa menikmati bengkuang dengan secara langsung berupa potongan kecil seperti makan buah apel atau pir. Umbi dikupas kemudian dicuci dan dipotong kotak-kotak untuk dinikmati saat santai.

Alternatif lain untuk menikmati kamu bisa mengolahnya dengan mencampurkan kedalam beberapa makanan seperti sup, dibuat jus atau smoothie hingga dinikmati dengan saus rujak manis.

Efek samping

Adakah efek samping dan bahaya mengkonsumsi bengkoang? Sejauh ini tidak ada bahaya atau efek samping yang berarti dari mengkonsumsi umbi, namun resiko kemungkinan bisa terjadi buat kamu yang memakanya dalam jumlah berlebihan.

Meskipun bengkuang hanya terdiri dari air dan serat pangan yang melimpah, tetapi jika dikonsumsi dalan jumlah banyak dan berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, begah, lambung sesak, sakit perut serta diare.

Serat memang baik untuk pencernaan karena bisa melancarkan sistem metabolisme usus, namun disatu sisi serat juga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena bisa mengurangi penyerapan nutrisi dan masalah pencernaan seperti yang telah di sebutkan.

Oleh karena itu konsumsilah umbi satu ini dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Nah, itulah beberapa manfaat bengkuang untuk lambung yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel