CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Iguana Makan Pepaya [Manfaat dan Cara Pemberian] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Iguana Makan Pepaya [Manfaat dan Cara Pemberian]

gambar hewan iguana
Sumber foto : pixabay/Counselling
Healty99 - Iguana makan pepaya, emang boleh? Boleh-boleh saja tetapi dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan. Secara umum reptil satu ini dapat memakan buah-buahan seperti pepaya namun dalam jumlah terbatas dan harus lebih diperhatikan.

Kita tahu bahwa iguana dapat menjadi peliharaan yang menyenangkan, jadi tidak heran jika ia menjadi salah satu teman bermain yang cukup populer dirumah dan dikomunitas.

Seperti kebanyakan memeliharaan hewan lainnya, hal yang terpenting dalam merawat iguana ialah kebersihan kandang dan mejaga pola makan mereka. Untuk itu paling tidak kamu harus mengetahui jenis makanan terbaik bagi mereka dan berapa porsi yang aman dalam perhari.

Iguana Maka Buah Pepaya

Di alam bebas, iguana hanya memakan beberapa jaringan tumbuhan lunak seperti dedaunan dan sayuran kebun, namun terkadang mereka juga makan buah-buahan dan serangga kecil jika dibutuhkan.

Hal yang sama juga berlaku dengan buah papaya, iguana sebenarnya dapat dengan mudah memakan pepaya, mengingat buah satu ini kaya akan air dan serat yang dapat membantu tubuh mereka agar tetap terjaga dan terhidrasi dengan baik.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah mereka juga memiliki porsi harian, jadi kamu tidak diharuskan untuk memberi buah setiap waktu sebagai makanan utama.

Manfaat pepaya bagi iguana

Pepaya diketahui memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C yang tinggi serta vitamin lainnya, serat, kalsium, folat, potasium, magnesium dan tentunya antioksidan. Kita sangat membutuhkan asupan nutrisi tersebut untuk menjaga sistem metabolisme dan mencegah serangan penyakti.

Faktanya hal yang sama juga juga berlaku pada iguana peliharaan kamu, mereka membutuhkan sejumlah asupan nutrisi yang seimbang di setiap hari.

Iguaana memerluka gizi dari makanan mereka seperti vitamin dan mineral untuk tujuan menjaga tubuh agar tetap sehat serta agar terhindar dari serangan penyakit.

Seperti manfaat vitamin C, yaitu salah satu antioksidan yang bisa memberikan khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh iguana serta mencegah mereka dari serangan penyakit kulit seperti infeksi tungau dan jamur.

Tidak cukup sampai disitu saja, kandungan air dan serat pada buah papaya juga sangat bagus untuk sistem pencernaan peliharan kamu. 

Mengapa? dalam jumlah cukup serat makanan dan air bisa menjaga sistem pencernaan lebih sehat serta sekaligus mencegah masalah dehidrasi dan sembeli.

Cara memberikan pepaya

Kamu bisa dengan mudah menaruh buah papaya ke dalam wadah makanan iguana dengan bentuk potong kecil. Namun yang harus kamu perhatikan ialah pepaya terdiri dari lapisan kulit, daging buah dan biji.

Bagian aman dan terbaik yang kamu bisa berikan ialah daging buah, berikan peliharaan kamu dalam bentuk potongan dadu secara bersih tanpa biji dan kulit luar.

Meski bagian kulit sebenarnya tergolong aman buat iguuana, tetapi tidak menghadirkanya jauh lebih baik. Hal ini karena kulit luar bisa saja ada kontaminasi pestisida, kotoran atau racun serangga saat sebelumnya.

Selain itu hindari memberikan mereka bagian biji, biji papaya memiliki rasa yang pahit dan tidak enak. Biji juga mengadung beberapa senyawa yang tidak sehat bagi peliharaan kamu jika termakan.

Oleh karena itu tips terbaik untuk memberikan pepaya ke iguana ialah dengan memberi bagian daging dalam bentuk potongan kecil-kecil sebagai cemilan sesekali.

Porsi yang dianjurkan

Berapa banyak iguana dapat makan pepaya? Pada dasarnya peliharaan kamu jika merasa lapar mereka bisa memakan habis buah papaya seukuran separuh tubuh mereka sendiri.

Tetapi tentu porsi tersebut tidak sesuai dan kurang bagus bagi kesehatan mereka. Setidaknya kamu dapat memberikan mereka sekitar 20% - 30% dari makanan pokok harian iguana.

Walau mungkin mereka akan merasa kurang, tetapi porsi tersebut adalah yang terbaik bagi mereka agar tidak mengalami masalah pencernaan.

Bahaya pepaya

Apakah pepaya berbahaya bagi iguana? Buah papaya sebenarnya tidak berbahaya dan beracun bagi peliharaan kamu, tetapi dalam porsi yang banyak ini bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan dikemudian hari.

Pepaya adalah buah yang memiiki kandungan serat pangan dan air yang tinggi, walau serat dan air sangat diperlukan oleh mahluk hidup mengingat manfaatnya bisa melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit dan mencegah masalah dehidrasi.

Tetapi faktanya peliharaan kamu tidak memerlukan sejumlah asupan serat dan air dalam jumlah banyak di setiap hari. Serat pangan dan air dalam jumlah banyak dapat meningkatkan resiko diare, masalah sakit perut dan infeksi pencernaan lainnya.

Di sisi lain memberikan mereka dengan banyak makanan berair seperti papaya di dalam kotak makan bisa meningkatkan resiko terinfeksi bakteri salmonella, yaitu jenis bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada hewan dan manusia terkait pencernaan.

Untuk mengatasi masalah kesehatan dan mendapatkan manfaat dari buah, bagusnya kamu memberikan iguana buah pepaya secara langsung dalam bentuk segar berupa potongan kecil dan tidak di biarkan di atas tanah maupun wadah kotor.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar reptil.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel