CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

gambar kelinci coklat karamel kuning
Sumber foto : istock
Healty99 - Kelinci merupakan hewan yang sangat menarik untuk dipelihara, baik sebagai budidaya ataupun hewan peliharaan dirumah untuk teman bermain. Sebagai pemilik tentu kita mengharapkan mereka selalu tetap sehat dan aktif setiap hari.

Namun, meskipun terkadang kita sudah memberikan yang terbaik dari segi makanan dan perawatan, terkadang kelinci bisa mengalami sakit serta tampak kurang sehat.

Hal yang paling menyakitkan dan membuat patah hati ialah saat melihat peliharaan sedang sakit atau bahkan mati, terlebih lagi saat kita tidak tahu dan telat dalam memberi penaganan.

Ciri-Ciri Kelinci Sakit

Oleh karena itu, untuk menghindari peliharaan mengalami sakit dan mati. Pastikan kamu mengetahui ciri-ciri atau gejala yang tidak biasa, mengingat hewan sakit pasti ada indikasi penyebab dan gejala yang timbul.

Berikut ciri-ciri yang bisa kamu ketahui saat kelinci sedang sakit.

1. Perilaku yang berubah

Yang bisa kamu lakukan pertama ialah mengetahui perilaku mereka. Sebagai tuan pasti kita tahu aktivitas hewan peliharaan disetiap harinya, jadi jika ada perubahan tingkah laku yang tidak biasa tentu ini bisa menjadi pertimbangan terhadap adanya indikasi spektrum penyakit.

Sebagai contoh mungkin kelinci kamu sebelumnya aktif dan sering bermain kesana kemari, tetapi untuk sekarang mereka mengalami keadaan lebih murung, diam dan tidak banyak bergerak saat disentuh.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui gejala yang tampak seperti cara berjalan mereka yang pincang, gerakan yang aneh serta aktivitas yang tidak biasa bisa menjadi ciri-ciri bahwa mereka mengalami peradangan, infeksi serta abses.

2. Gejala tertentu pada tubuh

Selain gejala tubuh yang tampak seperi pincang, cara berjalan yang aneh dan perilaku yang tidak biasa, kamu juga harus mengetahui beberapa gejala lainnya yang timbul.

Contoh seperti keluarnya cairan pada area mata dan hidung, pembengkakan pada bagian tubuh, bulu yang rontok, kulit yang mengelupas serta perubahan warna pada area mata, mulut dan bagian tertentu.

Jika kelinci kamu memiliki beberapa indikasi seperti yang telah di sebutkan, maka cobalah untuk memeriksakan ke dokter hewan untuk melihat apa yang sedang terjadi agar dapat dilakukan pencegahan lebih awal.

3. Nafsu makan berkurang

Setiap yang sakit tentu akan mengalami penurunan nafsu makan, termasuk yang terjadi pada sejumlah hewan peliharaan.

Kelinci yang tidak mau makan bisa jadi salah satu ciri-ciri mereka kurang enak badan atau mendapati masalah kesehatan, baik itu infeksi saluran pencernaan, peradangan, pembengkakan atau serangan penyakit lainnya.

Berkurangnya nafsu makan bisa menjadi sangat fatal karena kellinci tidak mendapati asupan nutrisi harian, ini akan membuat mereka kurus dan pada akhirnya lebih mudah terserang penyakit lain.

Nah, itulah cara mengetahui ciri-ciri kelinci sedang sakit secara umum dengan melihat pola perilaku keseharian mereka.

Untuk mengobati peliharaan yang sedang sakit, langkah terbaik adalah dengan memeriksakan ke dokter hewan terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mengetahui seberapa parah dan tindakan apa yang harus dilakukan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan pengerat satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel