CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengatasi Kelinci yang Lemas dan Lesu - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengatasi Kelinci yang Lemas dan Lesu

gambar kelinci hitam tertunduk lesu dan lemas
Sumber foto : istock
Healty99 - Setidaknya ada beberapa penyebab kelinci bisa lemas dan lesu, tetapi secara umum bisa dikarenakan mereka mengalami kekurangan nutrisi dari makanan harian, terlalu banyak beraktivitas seperti lari-lari atau juga bisa karena kepanasan.

Kelinci yang lemas dan lesu memang tidak bisa diangap sepele, terlebih jika itu terjadi pada peliharaan yang kita sayangi dan dirawat sepenuh hati.

Baca juga : Penyebab Kelinci Mencret Dan Cara Mengobatinya

Adanya tanda-tanda kurang semangat atau gairah pada hewan tentu ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang mengalami masalah kesehatan ringan atau berat.

Oleh karena itu sebagai pemilik kamu harus mengetahui gejala tersebut dan memberi penanganan dengan cepat supaya tidak bertambah parah.

Cara Mengatasi Kelinci Lemas dan Lesu

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat peliharaan tampak lesu dan kurang bersemangat.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Yang Lagi Pingsan Dan Tidur

1. Beri mereka beragam makanan

Tindakan pertama yang bisa kamu lakukan ialah memberi mereka dengan banyak jenis makanan, tujuanya ialah supaya kellinci dapat memilih mana makanan yang mereka sukai dan setidaknya mau makan walaupun cuma sedikit.

Terkadang kelinci bisa saja mengalami lemas dan lesu karena kekurangan nutrisi dari asupan makanan mereka, sehingga pada akhirnya tidak mampu beraktivitas seperti biasa.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Di Rawat Dan Harganya

Adapun jenis makanan kelinci terbaik yang bisa kamu berikan ialah dedaunan yang tidak terlalu basah seperti daun pisang, daun lamtoro, daun dadap dan daun kacang tanah.

Selain itu berikan juga mereka asupan makanan sedikit berair dari buah-buahan seperti pepaya, semangka dan bengkoang.

2. Tindakan mengisolasi

Terkadang kelinci yang mengalami lesu dan lemas bisa disebabkan karena terkena serangan penyakit, oleh karena itu demi mencegah penularan maka ada baiknya mereka yang lesu di pindahkan dari yang lain atau di isolasi pada kandang yang berbeda.

Baca juga : 11 Penyakit Kelinci Dan Cara Mengobatinya

Selain itu pastikan kamu menempatkan pada tempat yang nyaman, bersih dan lingkungan sunyi bisa menjadi salah satu cara supaya mereka tidak stres serta merasa aman dari acaman predator.

Hal ini juga sangat baik dalam masa penyebuhan dan mengembalikan daya tahan tubuh kelinci yang sakit, tetapi yang pasti kamu harus memberi asupan makanan mereka secara cukup dan sejumlah perawatan.

3. Bawa ke klinik hewan

Umumnya kelinci yang lemas dan lesu akan sembuh serta kembali normal dalam beberapa hari setelah di isolasi dan diberi sejumlah makanan bergizi.

Baca juga : Daftar 50 Jenis Ras Kelinci Pedaging Dan Hias

Namun apabila tindakan yang telah kamu berikan tidak menunjukan perubahan yang berarti, maka ada baiknya kamu bawa peliharaan ke pusat klinik hewan.

Gejala yang tidak kunjung sembuh bisa jadi keliinci mengalami masalah serius terkait kesehatan mereka, oleh karena itu dengan memeriksakan ke dokter hewan merupakan jalan satu-satunya supaya kamu bisa mengetahui apa penyebab dan mengapa bisa terjadi.

Sehingga besar kemungkinan dokter akan mengobati kelinci yang lemas dan lesu dengan menambahkan asupan vitamin supaya dapat bertahan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati keliinci yang tampak lesu dan kurang bersemangat.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel