CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 10 Jenis Kelinci yang Mudah di Rawat dan Harganya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

10 Jenis Kelinci yang Mudah di Rawat dan Harganya

gambar kelinci warna silver abu-abu
Sumber foto : istock
Healty99 - Sebenarnya, jenis kelinci yang mudah di rawat itu seperti apa sih? Apakah harus bertubuh kecil agar mereka tidak rakus makan? Ataukah berbulu pendek agar tidak mudah kotor dan bebau? Tetapi itu semua pada dasarnya relatif, mudah sulitnya merawat peliharaan tergantung dari kita sendiri.

Diketahui, setidaknya ada lebih dari 50 jenis ras kelinci yang dapat kamu jumpai. Walau memang diantara ada yang memerlukan perawatan ekstra dalam memelihara, tetapi sebenarnya mereka tidaklah terlalu ribet seperti yang banyak orang kira.

Kesulitan dalam merawat pada akhirnya akan terbayar dengan tingkah laku mereka yang lucu, mengemaskan dan tentunya asik di ajak bermain.

Jenis Kelinci Mudah Dipelihara

Nah, buat kamu yang ingin memelihara se-ekor kelici sebagai peliharaan, berikut beberapa diantaranya yang banyak menjadi pilihan orang sekaligus mudah dirawat sekaligus harganya.

1. Kelinci lokal

gambar kelinci putih
Sumber foto : istock
Yang pertama kamu bisa adopt kellinci lokal, yaitu jenis paling umum di ternakan di Indonesia untuk keperluan komersil. Umumnya kelinci satu ini di kenal dengan jenis kellinci Jawa, memiliki tubuh sedang dengan telinga tegak.

Dengan rata-rata berat 1,5 - 3 kilogram mereka jenis yang ramah dan senang bermain, sehingga sangat aman bagi anak-anak.

Kelinci Jawa biasanya di jual dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 40.000 hingga ratusan ribu, tergantung dari jenis dan ukuran tubuh.

2. Rex

gambar kelinci Mini rex
Sumber foto : istock
Berikutnya ada jenis kelinci rex. Di ketahui ada 2 jenis ras rex yang bisa kamu pelihara yaitu mini rex dan rex standard.

Ini adalah jenis bulu pendek dengan ukuran tubuh kecil hingga sedang dan memiliki telinga tegak. Rex termasuk aktif, mereka suka berlarian kesana dan kemari jika di dekati orang asing.

Tubuhnya yang mungil dan bulu pendek juga menjadi alasan mengapa mereka termasuk jenis yang mudah dirawat.

Kelinci rex umumnya dibandrol dengan harga mulai dari Rp 95.000 untuk anakan.

3. Dwarf

gambar kelinci netherland dwarf
Sumber foto : pixabay/ReganE
Ketiga kamu bisa pilih dwarf. Setidaknya ada 3 varian dwarf yang bisa kamu jadikan peliharaan, salah satunya ialah Netherland dwarf, dwarf hotot, dwarf lop (mini lop in USA).

Selain dwarf lop, keduanya merupakan jenis telinga tegak. Tetapi kebantakan semuanya mereka bertubuh kecil hingga sedang dengan bulu tidak terlalu panjang.

Kelinci dwarf memiliki sifat aktif bermain, tetapi tenang jika di sentuh oleh manusia.

Beberpa jenis dwarf umumnya di bandrol dengan harga mulai dari Rp 250.000 ribuan hingga Rp1 jutaan tergantung ukuran dan ras.

4. Jersey wooly

gambar kelinci Jersey wooly
Sumber foto : pinterest
Buat kamu yang mencari jenis kelinci bertubuh mungil, berbulu lebat, menggemaskan sekaligus mudah dirawat maka kamu bisa coba pilih adopsi Jersey wooly.

Dengan berat sekitar 0,8 - 2 kg dan sifat mereka yang tenang, tentu ini bisa menjadi alasan utama mengapa kamu harus memilih Jersey wooly.

Jersey wooly umumnya di bandrol dengan harga mulai dari Rp 350.000 hingga 1 jutaan, tergantung corak dan ukuran.

5. English lops

Sumber foto : istock
English lops merupakan jenis kelinci bertubuh besar dengan telinga mereka yang unik dimana terlalu panjang menjuntai. Telinga mereka bisa sepanjang 21 sampai 32 inci dari pangkal kepala ke bagian ujung.

Mereka memiliki sifat yang tenang dan ramah dengan rata-rata berat tubuh sekitar 5.5 kg.

Umumnya kelnci English lops di bandrol dengan harga mulai dari Rp 250.000 hingga 3 jutaan lebih tergantung panjang telinga, corak dan ukuran.

6. Kelinci polandia

gambar kelinci Polish rabbit
Sumber foto : rabbitpedia
Jenis kelinci yang mudah dirawat selanjutnya ialah kelnci Polandia. Ini adalah jenis yang dikenal karena ukurannya terkecil, berat mereka rata-rata 2 - 3 pon atau sekitar 1kg.

Polish rabbit memiliki watak yang aktif dan ramah, tentu ini bisa menjadikannya salah satu ras yang lebih disukai anak-anak untuk teman bermain yang dipamerkan.

Polish rabbit umumnya di bandrol dengan harga Rp 300.000 untuk ukuran anakan, tetapi mungkin jenis satu ini cukup sulit di jumpai di Indonesia.

7. Kelinci bligon

Ras blingon termasuk dalam salah satu jenis yang cukup mudah dijumpai dan dipelihara. Sebenarnya blingon sendiri perkawinan silang antara kelinci Australia dengan Indonesia, sehingga menghasilkan varietas bertubuh sedang namun jinak.

Walau kerap dikategorikan sebagai kellinci pedaging, namun karena mudah sifatnya mudah dipelihara dan lucu, tentu ini bisa menjadi teman bermain di rumah.

Umumnya kelinci blingon di jual dengan harga mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 350.000 tergantung ukuran.

8. Lionhead

gambar kelinci lionhead
Sumber foto : pixabay/Camraw26
Lionhead merupakan jenis kelinci yang populer karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Mereka memiliki bulu lebat pada bagian leher dan kepala mirip seperti surai singa.

Lionhead tersedia dalam berbagai jenis warna dengan rata-rata berat sekitar 3,75 pon. Kepribadian mereka yang ramah tentu bisa menjadi teman bermain anak-anak di taman atau di teras rumah.

Ras satu ini biasaya di bandrol dengan harga mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 800.000 tergantung ukuran.

9. Anggora

gambar kelinci French angora
Sumber foto : istock 
anggora merupakan jenis kelinci yang memiliki tubuh panjang, lebat dan tentunya lembut. Secara bentuk tubuh ukuran mereka umumnya kecil hingga sedang dengan berat rata-rata 2 hingga 3,5 kilogram.

Ada banyak jenis kelinci anggora yang bisa kamu dapatkan, tetapi rata-rata harga mereka termurah di jual dengan harga Rp 150.000 untuk ukuran anakan.

10. Himalayan

gambar kelinci Himalayan himalaya
Sumber foto : animalcorner
Berikutnya ada dari jenis ras Himalayan (Himalaya). Sebenarnya ras satu ini hampir mirip dengan beberapa ras lain, baik dari segi ukuran dan bentuk telinga.

Tetapi faktanya ras kelinci Himalayan cukup sulit untuk di budidayakan, mereka tidak seperti kebanyakan kelnci yang bisa melahirkan banyak anak hingga belasan dalam setahun.

Himalayan juga memiliki karakteristik yang khas, tubuh mereka memiliki bulu yang tidak terlalu lebat. Corak biasanya di dominasi warna hitam dan putih tetapi simetris pada bagian tertentu, selain itu mereka memiliki warna mata merah terang.

Untuk harga kelinci Himalayan dibandrol cukup mahal yaitu sekitar Rp 500.000 hingga jutaan rupiah.

Nah, itulah beberapa jenis kelinci yang mudah dirawat dan paling populer dipeliharan beserta harganya yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel