CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 50 Lebih Jenis Ras Kelinci yang Populer di Pelihara - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

50 Lebih Jenis Ras Kelinci yang Populer di Pelihara

Jenis jenis ras kelinci beserta gambarnya
Sumber foto : pixabay/SimonaR
Healty99 - Kelinci merupakan hewan yang ramah untuk dipelihara. Selain karena imut, lucu dan mengemaskan, hewan berbulu satu ini juga dapat mengerti manusia layaknya anjing atau kucing jika terus dilatih.

Selain itu perawatan kelinci juga tidak ribet, bahkan lebih mudah ketimbang harus memelihara kucing. Mereka juga jenis hewan herbivora yang hanya mengkonsumsi sejumlah sayuran dan dedaunan.

Nah, buat kamu yang ingin memelihara kelinci di rumah sebagai teman bermain, pastikan kamu memilih jenis yang tepat. Oleh karena itu mungkin kamu mungkin harus mengetahui beberapa jenis dan ras kelinci yang populer di perlihara banyak orang.

Jenis Jenis Kelinci

Daripada panjang lebar, berikut beberapa jenis ras kelinci yang bisa kamu ketahui dan dijadikan hewan peliharaan dirumah.

1. Lionhead

gambar kelinci lionhead
Sumber foto : pixabay/Camraw26
Lionhead rabbit atau kelinci kepala singa. Ini adalah jenis yang semakin populer karena memiliki surai bulu yang luar biasa dan unik di sekitar leher mereka, sekilas bentuknya mirip dengan singa dan itulah penyebab diberi nama demikan.

Lionhead tersedia dalam berbagai jenis warna dengan rata-rata berat sekitar 3,75 pon. Kepribadian mereka yang rama tentu bisa menjadi teman bermain anak-anak di taman atau di teras rumah.

2. Flemish giant

gambar kelinci flemish giant
Sumber foto : pixabay/zoosnow
Flemish giants dicap sebagai ras kelinci tertua dengan karakter paling tenang dan terbesar yang pernah ada.

Mereka biasanya memiliki berat sebesar 7.2 kilogram dan tersedia dalam 7 warna standar seperti cokelat, hitam, putih dan beberapa mix.

3. Continental giant

gambar kelinci Continental

Continental giants dari namanya kita tahu bahwa jenis kelinci ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar. Ini memang benar, mereka rata-rata memiliki berat 8 hingga 10 kg dalam tipe dan bentuk tubuh tertentu.

Continental giants tersedia dalam berbagai warna, tetapi kebanyakan mereka hanya ada 8 warna dasar seperti hitam, abu-abu dan cokelat.

4. Dutch rabbit

gambar kelinci belanda dutch
Sumber foto : pixabay/ABeijeman
Dutch rabbit atau kelinci belanda umumnya dapat dikenali dari kombinasi warna putihnya yang unik dengan campuran warna dasar lain, serta memiliki pola corak yang tepat.

Ini adalah jenis kelinci telinga pendek berdiri dengan rata-rata berat 4 pon atau 1,5 - 2 kg. Secara karakteristik sebenarnya mereka jinak untuk di pelihara, tetapi ada kemungkinan mereka menghindar dari orang asing.

5. English lop

gambar kelinci English lop
Sumber foto : istock
English lops merupakan jenis kelinci bertubuh besar dengan telinga mereka yang unik dimana terlalu panjang menjuntai. Telinga mereka bisa sepanjang 21 sampai 32 inci dari pangkal ke ujung.

Mereka memiliki sifat yang tenang dan ramah dengan rata-rata berat tubuh sekitar 5.5 kg. Bagaimana, tertarikah kamu dengan yang satu ini?

6. French lop

gambar kelinci French lop
Sumber foto : istock
French lops merupakan jenis kelinci bertubuh sedang dengan telinga jatuh yang biasa diternakan untuk komersial, mereka banyak di pelihara karena karakteristiknya yang manis, tenang, dan cerdas.

Rata-rata french lops memiliki berat sekitar 6 kg, ini sangat ideal untuk teman bermain anak sekaligu sangat mudah dirawat.

7. Holland lop

gambar kelinci holland lop
Sumber foto : pixabay/Jorgeie009
Buat kamu yang ingin mencari kelinci dengan bulu menggemaskan dan ukuran yang tidak terlalu besar, mungkin satu ini bisa saya rekomendasikan buat kamu.

Kelinci holland lop adalah jenis kecil yang memiliki tipe tubuh pendek, kekar dan kepala hampir berbentuk kotak.

Mereka juga memiliki telinga pendek dan bulu tubuh yang lembut menggemaskan dengan berat sekitar 1,5 kg.

8. Mini rex

gambar kelinci Mini rex
Sumber foto : istock
Berikutnya ada mini rex, dengan tekstur bulu lembut seperti beludru. Kebanyakan dari mereka tenang dan ramah terhadap manusia, meskipun tidak menutup kemungkinan mereka liar.

Mini rex relatif mudah untuk ditempatkan di dalam kandang, selain itu rata-rata beratnya sekitar 2 kilogram.

9. Netherland dwarf

gambar kelinci netherland dwarf
Sumber foto : pixabay/ReganE
Netherland dwarf merupakan jenis ras kelinci yang berukuran kecil dan sangat aktif. Secara bentuk mereka umumnya memiliki berat sekitar 1 kg lebih dan mereka memiliki telinga tegak pendek.

Buat kamu yang menginginkan peliharaan mungil, imut dan ramah mungkin jenis satu ini bisa menjadi pilihan terbaik.

10. Polish rabbit

gambar kelinci Polish rabbit
Sumber foto : rabbitpedia
Ini adalah kelinci Polandia yang dikenal karena ukurannya terkecil, berat mereka rata-rata 2 - 3 pon atau sekitar 1kg.

Polish rabbit biasanya memiliki watak yang aktif dan ramah, tentu ini bisa menjadikannya salah satu ras yang lebih disukai anak-anak untuk teman bermain yang dipamerkan.

11. Kelinci Amerika

gambar jenis American rabbit
Sumber foto : istock
American rabbit merupakan merupakan jenis kelinci yang tergolong langka. Karena mereka termasuk dalam jenis yang sulit untuk didapatkan.

Selain itu, ini adalah jenis yang bertubuh besar dan kuat dengan berat rata-rata 5 kg. Mereka adalah kelinci yang baik hati dan tenang untuk dipelihara sebagai pemula.

12. American fuzzy lop

gambar jenis kelinci American fuzzy lop
Sumber foto : istock
American Fuzzy Lops atau fuzzies merupakan jenis kelinci berbulu wol yang lebih panjang. Bulunya yang panjang membuat mereka harus dirawat dengan jadwal yang teratur untuk mencegah masalah bau dan kesehatan.

Secara umum berat mereka rata-rata 3,5 kg, ramah dan tentunya sangat menggemaskan.

13. American sable

gambar kelinci American sable
Sumber foto : istock
Selanjutnya ada American sable dengan warna sable yang cantik. Setidaknya ras satu ini tersedia dalam dua varietas.

Mereka juga adalah kelinci yang aktif bermain, ramah, dan energik sehingga bisa dijadikan teman diperkarangan.

14. Argente brun

gambar kelinci Argente brun
Sumber foto : istock
Kelinci Argente merupakan salah satu dari beberapa ras tertua dari kelinci pertunjukan Perancis. Mereka bertubuh sedang dengan warna khas abu-abu hitam.

Setidaknya terdapat enam varietas yang diatara tersebut ada Argenté Bleu, Argenté Brun, Argenté Crème, Argenté de Champagne, Argenté Noir, dan Argenté St Hubert

15. Argente crème

gambar jenis kelinci Argente crème
Sumber foto : livestockconservancy
Satu dari 6 Argente dimana Creme merupakan varietas yang cantik dan juga terlangka saat ini.

Kelinci Creme Argente memiliki sifat menakjubkan dengan warna bulunya yang indah, itulah sebabnya mereka kerap menjadi bahan pertunjukan.

16. Argente de champagne

jenis jenis kelinci dan gambarnya Argente de champagne
Sumber foto : istock
Argenté de champagne adalah jenis kelinci domestik yang dapat dikenali dari warna rambut mereka yang hitam dan putih sehingga memberikan penampilan metalik keperakan. Tetapi umumnya warna ini muncul sekitar usia memasuki tiga bulan atau dewasa.

Sayangnya pasar ini tidak lagi menguntungkan bagi mereka, dan hal tersebut telah berubah mereka menjadi jenis kelinci pedaging.

17. Belgian hare

gambar kelinci Belgian hare
Sumber foto : istock
Sesuai namanya Belgian, mereka berasal dari negara Belgia dan menjadi salah satu jenis kelinci domestik "mewah", sekilas mereka menyerupai kelinci Eropa liar.

Belgian hare rata-rata memiliki berat sekitar 6 - 9 pon, memiliki karakteristik ramping dan kurus serta kakinya yang panjang dan kuat.

18. Beveren

gambar kelinci Beveren
Sumber foto : istock
Beveren merupakan salah satu ras kelinci bulu tertua dan terbesar. Mereka pertama kali dikembangkan di Beveren, yaitu sebuah kota kecil dekat Antwerp di Belgia.

Bulu mereka menyerupai mantel tebal dan terdiri dari bebera warna kebiruan, putih, hitam, coklat dan ungu.

19. Blanc de hotot

gambar kelinci Blanc de hotot
Sumber foto : livestockconservancy
Berikutnya ada blanc de hotot, termasuk dalam jenis kelinci berukuran sedang yang dikembangkan di negara Prancis.

Mereka memiliki ciri khas dengan warna putih yang kompak, uniknya mata mereka tampak besar karena terdapat lingkaran atau cincin yang mengelilingi area mata.

20. Britannia petite

gambar kelinci Britannia petite
Sumber foto : petkeen
Kelinci Britannia petite merupakan salah satu jenis kelinci terkecil di dunia. Sedangkan di negara Inggris ia justru di kenal dengan nama kelinci Polandia.

Mereka aktif, ramah dan energik alias tidak mau diam terlalu lama. Memiliki bobot yang ringan yaitu sekitar 1 kg petite sangat cocok untuk dipeliharaan di perkarangan rumah sebagai teman bermain.

21. Californian

gambar kelinci Californian
Sumber foto : istock
Californian rabbit umumnya dikenal sebagai California white. Mereka merupakan hewan domestik yang awalnya dikembangkan untuk industri bulu dan daging oleh George S. West dari Lynwood, California, tahun 1923.

22. Checkered giant

gambar kelinci Checkered giant
Sumber foto : animalcorner
Checkered giant atau dikenal dengan nama Géant papillon dalam bahasa Prancis, merupakan salah satu jenis kelinci domestik yang berasal dari negara Prancis.

Checkered juga termasuk ras yang terbesar dan telah diakui oleh American Rabbit Breeders Association.

23. Chinchilla (standard)

gambar kelinci chinchilla standard
Sumber foto : pixabay/FinjaM
Kelinci chinchilla merupakan sekelompok dari tiga ras kelinci yang dibiakkan untuk mantel.

Terlepas dari nama mereka yang sama, sejatinya mereka tidak terkait dengan yang lain dan tidak dapat kawin dengan chinchilla yang merupakan spesies hewan tikus pengerat.

24. Chinchilla (American)

gambar kelinci chinchilla american rabbit
Sumber foto : animalcorner
Chinchilla Amerika memiliki ukuran tubuh lebih besar dari Chinchilla standar, tetapi ia mempunyai bentuk matel tubuh yang mirip secara komersial.

Menurut sejarah, chinchilla yang berasal dari Prancis dan dibiakkan sesuai standar oleh M. J. Dybowski, kemudian mereka diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1919. Lalu setelah itu di kategorikan sebagai jenis kelinci pedaging dan bulu lebat.

25. Chinchilla (giant)

gambar kelinci Chinchilla (giant) besar
Sumber foto : pinterest
Untuk mempersingkat waktu, kedepanya hanya akan menampilkan gambar saja.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, kamu dapat mengetahui lebih detail tentang hewan dengan membaca di lain artikel yang telah di sediakan.

26. Cinnamon

gambar kelinci Cinnamon
Sumber foto : pinterest
Cinnamon

27. Dwarf hotot

gambar kelinci Dwarf hotot
Sumber foto : istock
Dwarf hotot

28. Dwarf lop (mini lop in USA)

gambar kelinci Dwarf lop
Sumber foto : pixabay/Digwe
Dwarf lop

29. English angora

gambar kelinci English angora
Sumber foto : istock
English angora

30. English spot

gambar kelinci English spot
Sumber foto : istock
English spot

31. Florida white

gambar kelinci Florida white
Sumber foto : istock
Florida white

32. French angora

gambar kelinci French angora
Sumber foto : istock
French angora

33. Giant angora

gambar Giant angora kelinci
Sumber foto : istock
Giant angora

34. Giant papillon

gambar kelinci Giant papillon
Sumber foto : istock
Giant papillon

35. Harlequin

gambar jenis kelinci Harlequin
Sumber foto : istock
Harlequin

36. Havana

gambar kelinci havana
Sumber foto : istock
Havana

37. Himalayan

gambar kelinci Himalayan himalaya
Sumber foto : animalcorner
Himalayan

38. Jersey wooly

gambar kelinci Jersey wooly
Sumber foto : pinterest
Jersey wooly

39. Lilac

gambar kelinci Lilac
Sumber foto : istock
Lilac

40. New zealand rabbit

New zealand rabbit
Sumber foto : istock
New zealand rabbit

41. Palomino

gambar kelinci Palomino
Sumber foto : istock
Palomino

42. Rex (standard)

gambar kelinci Rex
Sumber foto : istock
Rex

43. Rhinelander

gambar kelinci Rhinelander
Sumber foto : animalcorner
Rhinelander

44. Satin

gambar kelinci Satin
Sumber foto : istock
Satin

45. Satin angora

gambar kelinci Satin angora
Sumber foto : istock
Satin angora

46. Silver

gambar kelinci silver
Sumber foto : istock
Silver

47. Silver fox

gambar kelinci Silver fox
Sumber foto : animalcorner
Silver fox

48. Silver marten

gambar kelinci Silver marten
Sumber foto : animalcorner
Silver marten

49. Tan

gambar kelinci Tan
Sumber foto : petkeen
Tan

50. Thrianta

gambar kelinci Thrianta
Sumber foto :petguide
Thrianta

51. Velveteen lop

gambar kelinci Velveteen lop
Sumber foto : istock
Velveteen lop

Nah, itulah beberapa jenis ras kelinci yang bisa kamu ketahui dan jadikan peliharaan di rumah, serta diantaranya dapat di jumpai di Indonesia.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan imut satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel