CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 11+ Jenis Ikan Lele yang Sering di Jumpai - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

11+ Jenis Ikan Lele yang Sering di Jumpai

gambar ikan lele
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Siapa sih yang tidak tahu dengan ikan lele? Ini adalah spesies ikan yang masih satu keluarga dengan jenis cat fish air tawar. Secara umum, lele dapat di indentifikasi dengan mudah dari bentuknya, mengingat ikan satu ini bertubuh licin, berwarna gelap, berkumis dan tentunya memiliki patil di kedua sisi dekat insang.

Lele merupakan hewan omnivora dimana ia kerap memakan jaringan tumbuh-tumbuhan, daging, serangga hingga makanan sisa manusia. Tetapi sebenarnya ia paling menyukai bangkai atau hewan kecil yang sudah mati.

Hampir segala jenis ikan lele merupakan buruan para pemancing saat sore dan malam hari, mengingat di alam liar ia adalah hewan nokturnal yang mencari makanan saat gelap tiba. 

Jadi jika ingin memancingnya, waktu yang paling tepat adalah sore hingga malam. Namun hal ini juga tidak akan menutup kemungkinan bahwa kamu juga bisa dapat lele saat mancing di siang hari.

Jenis-Jenis Ikan Lele 

Karena memiliki daging yang lembut, lezat dan gurih saat setelah di olah menjadi makanan, tidak heran jika lele menjadi makanan konsumsi oleh orang Indonesia. 

Terlepas dari itu semua tahukah kamu bahwa sebenarnya penyebutan lele merupakan nama umum, hewan satu ini juga kerap di sapa dengan nama ikan kalang (Sumatra Barat), maut (Gayo) dan Aceh), kalang putih (Padang), ikan duri (Sumatera Selatan), sibakut (Karo), pintet atau kaleh (Kalimantan Selatan), penang (Kalimantan Timur), keling (Makassar), cepi (Sulawesi Selatan), wais atau lindi (Jawa Tengah) serta ikan wiru (Jawa Barat).

Tidak cukup sampai di situ saja, secara jenis lele juga memiliki beberapa varian yang terkadang cukup sulit untuk di bedakan. Sebagai pengetahuan, berikut beberapa jenis ikan lele yang bisa kamu ketahui dan sering dijumpai.

1. Clarias batrachus

Clarias batrachus (Linnaeus, 1758), atau di kenal juga dengan nama lele kampung, kalang, ikan maut, pintet. 

Ini adalah salah satu spesis clarias yang umum dijumpai dan paling banyak menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk di Sumatera, Jawa hingga Kalimantan.

2. Clarias gariepinus

Clarias gariepinus (Burchell, 1822). Termasuk dalam spesies lele dumbo atau king catfish karena ukuranya yang dapat tumbuh besar dari yang lain. 

Jenis satu ini juga umum menyebar luas mulai dari Afrika hingga Asia kecil. Bahkan kini sudah ada banyak diternakkan di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

3. Clarias insolitus

Clarias insolitus (Ng, 2003). Endemik di aliran Sungai Barito, Kalimantan.

4. Clarias intermedius

Clarias intermedius (Teugels, Sudarto & Pouyaud, 2001). Di ketahui, ini adalah salah satu spesies ikan lele endemik di Kalimantan Tengah, mengingat ia di temukan di antara Sampit dengan Sungai Barito.

5. Clarias kapuasensis

Clarias kapuasensis (Sudarto, Teugels & Pouyaud, 2003). Endemik di Kalimantan Barat, di sekitar aliran Sungai Melawi dan Kapuas.

6. Clarias leiacanthus

Clarias leiacanthus (Bleeker, 1851). Endemik di Kalimantan Barat, di aliran Sungai Kapuas. 

Sekilas ia memiliki perawakan mirip seperti ikan lembat, tapi nyatanya terdapat perbedaan pada bagian perut bawah yang lebih terang ke abu-abuan.

7. Clarias meladerma

Clarias meladerma (Bleeker, 1846). Spesies satu ini di sebut juga dengan nama ikan duri, wiru, wais atau lele hitam. 

Di ketahui, secara habitat ia dapat di temukan di beberapa kawasan lembah Sungai Mekong, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Filipina.

8. Clarias microstomus


Clarias microstomus (Ng, 2001). Termasuk dalam jeni lele endemik di Kalimantan Timur, terutama di sekitar aliran Sungai Mahakam dan Kayan.

9. Clarias nieuhofii

Clarias nieuhofii (Valenciennes, 1840). Spesies satu ini tentunya tidak asing bagi kamu bukan?

Ini merupakan lele limbat, lembat atau lele akar yang dapat di jumpai di Sumatra, Kalimantan, India, Filipina, Thailand, dan pesisir Kamboja, serta kemungkinan di sisi Pegunungan Cardamom di arah Sungai Mekong.

10. Clarias nigricans

Clarias nigricans (Ng, 2003). Endemik di Kalimantan Timur, di sekitar aliran Sungai Mahakam.

11. Clarias teijsmanni

Clarias teijsmanni (Bleeker, 1857) atau di sapa dengan nama lele kembang. Ini merupakan spesies cat fish yang umum dan mirip seperti ikan lembat.

Clarias teijsmanni dapat di temukan cukup mudah, karena secara habitat ia menyebar di sekitar aliran Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, dan Jawa.

Nah, itulah beberapa jenis ikan lele yang mungkin sering kamu jumpai. 

Tidak cukup sampai di situ saja, adapun beberapa jenis lainnya yang masih belum di ketahui secara pasti seperti Clarias olivaceus (Fowler, 1904), Clarias planiceps (Ng, 1999), Clarias pseudoleiacanthus (Sudarto, Teugels & Pouyaud, 2003) dan Clarias pseudonieuhofii (Sudarto, Teugels & Pouyfaud, 2004).

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel