CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Dampak Positif dan Negatif dari Papas Blok Mesin Motor - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Dampak Positif dan Negatif dari Papas Blok Mesin Motor

gambar silinder sepeda motor
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Sebenarnya, apa sih dampak kelebihan dan kekurangan dari papas blok silinder terhadap performa sebuah motor? Nah, buat kamu yang ingin melakukan kegiatan papas blok dengan tujuan supaya motor kencang, mungkin kamu bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Siapa tahu sedikit banyak bisa membantu kamu.

Papas blok merupakan hal yang biasa dalam mengorek sebuah motor dengan tujuan untuk meningkatkan performa ataupun tenaga dari sebuah kendaran, terutama umumnya adalah sepeda motor.

Baca juga : Cara Membuat Motor Kencang Tanpa Bore Up Dan Stroke Up

Bahkan terkadang para mekanik justru merubah bentuk blok standar dari sebuah mesin menjadi lebih ekstrim, entah itu ukuran panjangnya di kurangi, di tambah ataupun liner dalamnya di perbesar. 

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah, semua pengerjaan tersebut ada sisi positif dan negatinya pada sebuah mesin.

Papas Blok Mesin Motor

Hasil daripada tujuan memapas blok mesin yang dilakukan tidaklah terjadi peningkatkan CC dari sebuah mesin itu sendiri, melainkan tujuan utama dari mekanik melakukan papas blok ialah untuk meningkatkan kompresi pada ruang bakar.

Itu salah satunya, tujuan lainnya ialah mencari dan menentukan perbandingan rasio CC ruang bakar dan CC silinder, sehingga nantinya mengetahui jenis apa bahan bakar yang bisa digunakan.

Dengan dilakukanya papas blok maka ukuran blok akan menjadi lebih pendek, sehingga pada akhirnya piston akan lebih maju ke depan sehingga menekan campuran udara dan bensin menjadi lebih padat daripada sebelumnya.

Dari kegiatan ini akan menimbulkan dampak yang luar biasa pada kendaraan kamu, terutama dari segi performa terhadap tarikan gas. Tetapi sayangnya semua itu juga ada sisi negatif alias kekurangan.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja dampak positif dan negatif dari papas blok mesin motor tersebut.

Dampak positif (keuntungan)

  1. Peningkatan tegana mesin yang sangat signifikan
  2. Akselerasi jauh lebih cepat 
  3. Motor mudah mencapai top speed
  4. Terjadi peningkatan tenaga pada putaran bawah
  5. Cocok untuk motor yang melalui jalan ekstrem seperti trail
  6. Bahan bakar lebih mudah terbakar secara sempurna

Dampak negatif (kekurangan)

  1. Kondisi mesin menjadi lebih panas dari sebelumnya
  2. Blok akan sulit untuk di kembalikan ke standar karena sudah terpapas
  3. Rantai kamprat atau keteng akan menjadi lebih pendek
  4. Harus menggunakan bahan bakar yang ideal terhadap rasio kompresi mesin
  5. Suara motor akan lebih meraung
  6. Jika terlalu ekstrim maka akan memperpendek umur part mesin

Nah, itulah sebagai gambaran keuntungan dan kekurangan dari memapas blok mesin motor yang dapat kamu ketahui sebelum mencoba.

Tetapi jika memang kamu menginginkan perubahan performa mesin dengan meningkatkan kompresi tanpa harus adanya kegiatan memapas blok, maka saya bisa sarankan untuk mengganti piston yang lebih jenong.

Cari piston yang seukuran di produk aftermarket tetapi masih dalam bentuk mentah dimana dome belum di ubah. Setelah itu kamu costum dome piston tersebut sesuai dengan rasio kompresi mesin yang ingin kamu inginkan.

Cara satu lagi yang paling mudah ialah dengan menggunakan paking yang lebih tipis, misalnya kamu bisa ganti paking blok belakang dengan yang lebih tipis seperti kertas tahan panas dan tekanan.

Atau jika motor kamu bukanlah tipe yang memakai radiator, maka kamu bisa cobalah untuk melepas paking seng pada bagian deksel, tetapi resikonya ialah oli mesin akan merembes dan kompresi tentu akan sedikit bocor. 

Namun jika kamu hanya sekedar penasaran bagaimana rasanya naik kompresi, cara tersebut bisa kamu terapkan untuk sementara waktu. 

Menghilangkan salah satu paking blok (topset) itu sudah cukup untuk merasakan bahwa adanya perubahan terhadap performa mesin, mengingat kamu sudah menaikan kompresi walau seper-sekian CC.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel