CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Buat Motor Kencang Tanpa Bore Up dan Stroke Up (Tanpa Ganti Piston dan Naik Langkah) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Buat Motor Kencang Tanpa Bore Up dan Stroke Up (Tanpa Ganti Piston dan Naik Langkah)

gambar motor cros kencang
Sumber foto : pixabay/Chikilino

Healty99 - Motor kencang tidak harus selalu melakukan bore up ataupun stroke up. Ada banyak cara agar motor bisa berakselerasi tanpa harus mengganti piston dengan ukuran besar dan menaikan langkah stroke, terlebih tujuanya hanya untuk harian.

Memang, salah satu cara mudah dan signifikan untuk menaikan power dengan melakukan bore up dan stroke up, sehingga pada akhirnya akan terjadi perubahan CC mesin itu sendiri. 

Baca juga : Daftar Kode Kerusakan Kode Mil Honda

Akan tetapi pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana cara agar motor terasa lebih kencang, power naik, peningkatan akselerasi serta yang pasti tanpa harus mengganti piston maupun menaikan langkah kruk as.

Buat Motor Kencang Tanpa Bore Up & Stoke Up

Sebelum kamu memulai pengerjaan, yang perlu kamu ketahui ialah mesin itu ada batasanya. Jika kamu melakukan riset alias menyetingan atau dalam kata bengkel di sebut korek (korekan, mengorek) perhitungkan untuk tidak berlebihan.

Baca juga : Cara Mengatasi Knocking Atau Detonasi Pada Mesin

Mengorek motor secara berlebihan sekalipun untuk harian juga penting di perhitungkan sisi lainnya, karena jika tidak hal tersebut justru berdampak buruk. Contohnya performa mesin motor justru malah drop, tidak sesuai yang di inginkan, buang-buang uang dan bahkan bisa jebol alias memperpendek usia mesin.

Sebagai contoh berikut beberapa cara buat motor terasa lebih kencang tanpa harus melakukan bore up dan stroke up.

1. Setting karburator

Pertama kamu bisa lakukan setting karbu terlebih dahulu, salah satunya ialah bisa dengan mengganti spuyer aftermarket mulai dari main jet dan pilot jetnya.

Jika belum puas maka kamu bisa tuner karburator alias memperbesar lubang jalur masuknya angin, tetapi sisi buruknya ialah karburator kamu akan menjadi korban karena tidak bisa di kembalikan ke standar lagi.

Selain itu, pengerjaan tuner karburator juga tidak boleh sembarangan karena bisa gagal dan bahkan karbu tidak bisa di pakai.

2. Setting ECU

Berikutnya setting ECU. Ini untuk yang jenis injeksi, mengingat motor tidak lagi memakai karburator sebagai suplay bahan bakarnya.

Kamu bisa lakukan setting ECU dengan menaikan CO dan bahan bakar terlebih dahulu, jika belum puas maka kamu bisa ganti dengan produk aftermarket.

3. Ganti CDI aftermarket

Jika kendaraan kamu masih memakai CDI unit, kamu mungkin bisa coba ganti dengan salah satu merk CDI aftermarket yang sistem besar kecil dan titik ledak pengapianya bisa di setting.

Dengan begitu kamu akan puas mengotak-ngatik sistem pengapian kendaraan dan membuat mesin terasa lebih kencang tanpa harus melakukan bore up danstroke up.

4. Ubah posisi pulser

Selanjutnya ialah kamu bisa ubah posisi pulser. Ini adalah salah satu cara mudah, murah dan tentunya dapat di kembalikan ke standar.

Kamu hanya perlu merubah posisi pulser pada bagian bak magnet dengan memajukan agar percikan bunga api lebih cepat (advance) atau sebaliknya.

5. Ganti velg racing

Tahu kah kamu bahwa mengganti velg bawaan motor dengan velg racing hal tersebut bisa meningkatkan sedikit akselerasi sepeda motor. 

Penyebabnya ialah kamu mengurangi beban dari kendaraan tersebut sehingga power mesin dapat lebih mudah memutar roda.

6. Ganti ban cacing

Selain mengganti velg standar dengan velg racing, mengganti ukuran ban juga akan berpengaruh besar terhadap akselerasi sebuah kendaraan.

Contoh, jika kamu mengganti ban motor dengan ban cacing atau ukuran lebih kecil, maka permukaan ban akan menjadi lebih kecil saat menapak aspal.

Tentunya ini akan berpengaruh terhadap tekanan serta bobot ban terhadap permukaan aspal, sehingga kendaraan bisa berlari lebih ringan dari menggunakan ukuran ban besar.

7. Porting & polish

Porting polish merupakan suatu kegiatan dengan tujuan untuk memperhalus maupun sedikit memperbesar jalur keluar masuknya udara dan bahan bakar serta karbon gas dari sisa pembakaran.

Dengan di lakukanya porting & polish hal ini diharapkan udara dan bensin bisa lebih maksimal masuk kedalam ruang bakar dan mempercepat pembuangan gas sisa pembakaran ke knalpot.

Sehingga yang mana hal ini akan menghasilkan power yang sangat terasa dari motor standar.

8. Papas blok

Cara buat motor kencang tanpa bore up dan stroke up selanjutnya ialah bisa dengan di lakukan papas blok. 

Efeknya sudah pasti akselerasi kendaraan akan lebih jengat dan tentunya torsi mesin menjadi lebih besar.

Namun cara satu ini terbilang ekstrim, karena akan terjadi peningkatan kompresi ruang bakar secara siknifikan. Selain itu adapula beberapa dampak yang di berikan pada mesin dari sisi negatif.

Baca juga : Penyebab Kompresi Lemah Pada Mesin

9. Papas noken as

Selanjutnya bisa dengan papas noken, simpel tapi bisa berpengaruh sangat besar pada kendaraan.

Dengan melakukan setting, riset dan formula yang tepat kamu bisa menentukan bagaimana kendaraan kamu berakselerasi di jalanan.

10. Pakai oli premium

Penggunaan oli sebenarnya hanya pelengkap saja, tetapi rasanya tidak sempurna jika tidak memakai pelumas yang berkualitas pada kendaraan yang sudah di setting alias dengan kata lain korek.

Penggunaan oli premium bisa memaksimalkan kinerja mesin kamu, bahkan terdapat beberapa kelebihan lain seperti meningkatkan power, akselerasi, menjaga ke awetan mesin, membuat lebih dingin serta yang pasti lebih afdol.

11. CVT aftermarket

Untuk kendaraan scooter matic dan tidak ingin mengganti piston maupun menaikan langkah stroke tapi ingin mendapatkan akselerasi dan top speed, mungkin kamu bisa coba ganti CVT komplit yang aftermarket.

Sebaiknya kamu mengganti secara keseluruhan mulai dari roller, rumah roller, v-belt, pulley dan bahkan ratio belakang.

12. Ganti gear

Jika tadi matic maka buat kamu yang kendaraan jenis bebek bisa dengan ganti komponen gear, tetapi kali ini ada timbal baliknya.

Jika kamu menggunakan gear depan kecil dan gear belakan besar maka yang akan kamu dapatkan ialah akselerasi dan tenaga.

Tetapi jika kamu mengganti gear depan sedikit lebih besar dan gear belakang sedikit lebih kecil maka yang akan kamu dapatkan ialah top speed dan nafas mesin akan lebih panjang di ujung gas.

Nah, itulah beberapa cara buat motor kencang tanpa harus bore up maupun stroke up.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar sepeda motor.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel