CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Rekomendasi Makanan Ikan Betutu di Aquarium - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Rekomendasi Makanan Ikan Betutu di Aquarium

gambar ikan betutu dalam akuarium
Sumber foto : istock
Healty99 - Ikan betutu merupakan spesies ikan air tawar dengan nama ilmiah Oxyeleotris marmorata, di beberapa daerah ia kerap di sapa dengan berbagai nama bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh atau gabus bodoh.

Sekilas bentuk fisiknya memang mirip seperti ikan snake head atau gabus, tetapi ia pada dasanya memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khas ikan betutu ialah bertubuh buntal dengan mulut yang lebar, memiliki corak sisik totol-totol, sedikit kasar, berwarna kecoklatan hitam dan tampak terlihat seperti batik.

Ikan satu ini sebenarnya tidak banyak bergerak di dasar air, terkecuali ada yang mengganggu tempat teritorialnya maka ia akan bersifat agresif. 

Tetapi karena bentuk coraknya yang cantik, sebagian orang ingin memeliharanya di dalam aquarium sebagai ikan hias.

Makanan Ikan Betutu di Akuarium

Terlepas dari sebutan gabus bodoh, namun sebenarnya ia termasuk dalam ikan yang cukup mudah dipelihara. Termasuk itu dalam pemberian pakan dan pemeliharaan di dalam tangki akuarium.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin memelihara betutu sebagai ikan hias, berikut beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan.

1. Ikan rucah

Ikan runcah merupakan jenis ikan kecil yang biasanya tertangkap pada jaring nelayan dan bukan incaran utama.

Umumnya ikan runcah yang tidak banyak hanya dibuang begitu saja, namun sebenarnya ini bisa kamu manfaatkan sebagai pakan untuk spesies ikan predator seperti betutu.

2. Cacing tanah

Berikutnya kamu bisa gunakan cacing tahan, ini adalah pakan yang murah meriah dan bisa di dapat di sekitar tanah hanya dengan menggunakan cangkul.

3. Ulat kecil

Beberapa jenis ulat kecil seperti ulat hongkong, sutra, magot dan sejenisnya bisa diberikan untuk pakan ikan betutu di dalam akuarium.

Ulat kaya akan protein dimana ini bisa menjadi makanan super buat peliharaan kamu supaya cepat besar.

4. Kelabang

Oxyeleotris marmorata merupakan spesies ikan predator yang artinya adalah pemangsa dan sudah pasti karnivora.

Di alam liar ia akan memakan sejumlah hewan-hewan kecil yang berada di dekatnya, tak terkecuali serangga yang jatuh kedalam air seperti kelabang, jangkrik, semut dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kamu mungkin bisa memberikan kelabang sebagai pakan alternatif mereka, tetapi tipsnya potong kecil-kecil terlebih dahulu kelabang sebelum diberikan.

5. Jangkrik dan belalang

Jangkrik dan belalang merupakan serangga yang umum dimanfaatkan sebagai pakan ikan aquarium ataupun untuk tujuan memancing.

Untuk mendapatkan jangkrik dan belalang bisa kamu cari di alam lepas, tetapi itu akan memakan waktu maka ada baiknya kamu beli di toko pakan burung untuk mempersingkat pekerjaan.

Nah, itulah beberapa makanan ikan betutu di akuarium yang bisa kamu berikan.

Terlepas dari itu semua, adapun sejumlah pakan lain yang bisa kamu terapkan. Hal ini tidak menutup kemungkinan bisa di coba mengingat hewan satu ini adalah karnivora.

Saran Pakan Betutu Lainnya

  1. Potongan daging ikan
  2. Sisa daging ayam
  3. Udang hidup/mati
  4. Keong dan siput
  5. Lipas

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel