CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Ciri-Ciri Oli Yamalube Palsu dan Cara Membedakanya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Ciri-Ciri Oli Yamalube Palsu dan Cara Membedakanya

gambar menuang oli mesin pelumas asli
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Oli palsu atau oplosan banyak beredar di Indonesia, tidak terkecuali oli motor khusus yamaha jenis yamalube matic, silver, sport dan sejenisnya. Tentu dengan khadiran oli tersebut menjadi ke khawatiran bagi pemilik kendaraan, termasuk itu kita sebagai pengguna sepeda motor.

Bagi orang awam atau yang kurang mengetahui dalam bidang otomotif, khususnya sparepart sepeda motor. Pastin akan sedikit sulit untuk membedakan mana oli yamalube palsu dan asli, hal ini dikarenakan perlu kejelian dalam mengetahui perbedaan tersebut.

Baca juga : Merek Oli Mesin Terbaik Untuk Vario 125 & 150

Oleh karena itu kamu mungkin bisa meluangkan waktu sedikit untuk membaca artikel kali ini sampai selesai, terutama yang ingin mengetahui dimana letak perbedaan oli yamalube yang asli dan palsu alias opolosan.

Ciri-Ciri Oli Yamalube Palsu

Mengingat pergantian oli setiap bulannya diharapkan dapat menjaga ke awetan mesin, tetapi apa daya karena kena oli palsu mesin motor kamu jadi berumur pendek. 

Maka dari itu sebagai pemilik kendaraan kamu harus waspada. Berikut perbedaan mencolok oli palsu dan asli.

Baca juga : Ciri-Ciri Sepeda Motor Kehabisan Oli Mesin

1. Lebel atau stiker

Pertama kamu bisa cek dari lebel atau stiker yang melekat pada botol. Oli asli memiliki cetakan teknologi printing terbaik sehingga menghasilkan warna yang tidak mudah luntur atau pudar.

Selain itu warna yang di hasilkan juga lebih cerah, tulisan, font, tinta atau ketikan terlihat rapi dan jelas, pemasangan lebel stiker presis dan simetris serta adanya tekstur pada permukaan stiker.

Stiker asli biasanya juga memiliki karakter dan keunikan tersendiri seperti kode, lapisan atau nomor kode di belakang stiker.

2. Cek kemasan

Dalam pembuatan botol kemasan, pabrikan asli tentu harus menjaga keamanan oli agar sampai pada konsumen dengan baik, itulah sebabnya kemasan menjadi hal utama yang paling di perhitungkan.

Baca juga : Penyebab Rantai Bunyi Dan Cara Mengatasinya

Kemasan oli yamalube asli dapat dilihat dari bentuk botol dan tutup yang di cetak dengan rapi, presisi dan tentunya terasa kokoh saat di pegang.

Cara paling mudah sebenarnya bisa kamu ketahui dari kemasan, cukup lihat bagian sudut botol atau pinggiran dan cela tutup botol. Jika rapi dan tidak amburadul maka bisa dipastikan produk yang kamu dapatkan asli.

3. Warna oli

Warna oli yamalaube asli selalu tidak berubah, pabrikan sudah pasti menjaga standar kualitas dan konsisten dalam membuat produk. Sedangkan oli palsu biasanya akan memiliki warna yang berbeda-beda, entah itu lebih cerah, bening ataupun lebih gelap.

Baca juga : Ketahui Berapa Biaya Perbaikan Motor Berasap

Oleh karena itu kamu patut curiga jika oli yang diberikan atau dimasukan ke mesin motor memiliki warna yang tidak biasa, terlebih jika kamu sebelumya telah mengetahui konsistensi dari warna oli yamalube asli.

4. Cek barcode

Cara mengetahui oli yamalube palsu berikutnya bisa kamu ketahui dengan men-scan barcode pada botol kemasan. 

Barcode biasanya di buat sebagai tanda atau nomor identitas dari sebuah produk yang di keluarkan, baik itu tahun maupun unit produksi.

Baca juga : Perbedaan Oli Gardan Dan Oli Mesin Pada Motor Matic

5. Segel aluminium

Sesuai namanya segel yang artinya di buat untuk menandakan sebuah keaslian dari suatu produk. Setiap kemasan yang mengandung benda cair, umumnya akan di berikan segel yang terbuat dari lapisan plastik tipis dan aluminium.

Hal tersebut juga berlaku pada semua produk oli motor, tujuanya yang pasti mencegah pengoplos dan isi cairan tumpah. 

Untuk membedakan oli yamalube asli dengan palsu dari segel sebenarnya susah-susah gampang, terlebih lagi jika segel dibuat dengan kemiripan cetakan 90% sama.

Tetapi buat kamu yang sudah sering membuka oli jenis yamaalube, entah itu yamalube silver, sport, matik dan lainnya, sebenarnya dapat diketahui dari beberapa ciri khas. Contohnya segel asli biasanya lebih simetris dan presisi, tulisan atau font jelas serta sudah pasti tidak akan pernah merembes.

Selain itu, biasanya saya sendiri bisa mengetahui keaslian segel saat di bolongkan dengan tangan. Segel asli dibuat untuk mempermudah pengguna, jadi memiliki karakteristik susah di lepaskan tapi mudah di koyak menggunakan tangan.

6. Harga

Selanjutnya kamu bisa ketahui dari harga. Oli yamalube asli memiliki harga yang standar di pasaran, jika pun berbeda mungkin 2 atau 3 ribu di setiap bengkel. 

Tetapi jika kamu mendapatkan oli dengan harga yang jauh lebih murah seperti separuh harga atau kurang dari 10.000 dari harga standar, maka perhitungkan lagi untuk membeli.

Terlebih lagi jika kamu sudah mengetahui berapa harga oli yamalube asli di bengkel resmi yamaha.

7. Perubahan pada mesin

Buat kamu yang sensitif pada kendaraan sendiri, tentu pastinya tahu sifat atau karakter motor sebelum dan sesudah mengganti oli. 

Contoh, jika kendaraan kamu terasa lebih panas dari sebelumnya, performa dan tenaga mesin turun serta keluar suara aneh pada bagian mesin dalam beberapa hari setelah ganti oli. Mungkin bisa jadi motor kamu sudah kemasukan oli palsu atau oplosan.

Oli asli pastinya memiliki standarisasi yang sesuai dan memang untuk diperuntukan pada sepesifikasi kendaraan masing-masing. Itulah sebabnya produk asli dibuat supaya dapat menjaga mesin lebih awet, tidak mudah panas serta memaksimalkan performa kendaran.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri oli yamalube palsu dan cara mengetahuinya. Harap berhati-hati dan selalu gunakan produk asli demi menjaga ke awetan motor kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel