CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Kelinci Tampak Gemetaran - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Kelinci Tampak Gemetaran

gambar kelinci abu-abu hitam
Sumber foto : istock
Healty99 - Ada beberapa penyebab mengapa kelinci bisa tampak seperti gemetaran, oleh karena itu sebagai pemilik atau tuan dari mereka kamu harus mengetahui penyebab dan memberi penaganan dengan tepat.

Secara umum penyebab kelinci gemetaran ialah mereka merasa kendinginan, baik itu dikarenakan perubahan suhu lingkungan secara mendadak ataupun karena tubuh mereka sedang basah kuyup terkena air.

Meski ini biasa terjadi pada sejumlah keliinci yang hidup luar dan basah karena hujan, namun tindakan gemetaran merupakan respon tubuh mereka sendiri mengahadapi suhu dingin dengan tujuan mencegah hipotermia.

Perilaku seperti ini biasanya tidak akan lama dikarenakan tubuh secara alami akan memompa darah ke seluruh tubuh dan mengembalikan suhu menjadi normal.

Penyebab Kelinci Gemetaran

Nah, buat kamu yang penasaran lebih detail, berikut beberapa penyebab mengapa peliharaan kamu bersikap gemetaran.

1. Kedinginan

Yang pertama dan paling umum adalah kendinginan, baik karena perubahan suhu maupun terkena air. Seperti yang telah dibahas diatas tadi, jadi pastinya kamu sudah tahu terhadap masalah ini.

Untuk mengatasinya kamu bisa meletakan kelinci pada tempat yang sedikit lebih hangat, contohnya seperti di bawah terik matahari atau juga bisa memberikan mereka selimut pada tempat yang terpisah.

2. Ketakutan

Tidak jauh beda dengan manusia, saat ketakutan berlebih kita pasti cenderung gemetaran pada beberapa bagian tubuh seperti tanggan atau kaki.

Kondisi tersebut juga berlaku pada kelinci, mereka bisa mengalami ketakutan berlebih saat ada ancaman dari lingkungan atau predator.

Selain itu mereka juga bisa merasa ketakutan jika ada yang mengejar mereka atau merasa tidak nyaman.

3. Penyakit tertentu

Meski sangat jarang terjadi, tetapi ada kemungkinan peliharaan kamu tampak gemetar karena indikasi infeksi penyakit. Terlebih jika gemetaran tidak kunjung berhenti untuk waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu jika sebelumnya sudah kamu beri penanganan seperti dengan di jemur di bawah terik matahari tetapi tidak membaik, maka cobalah untuk membawa peliharaan kamu ke klinik hewan.

Dengan begitu nantinya kamu bisa mengetahui apa penyebab dan mengapa masalah bisa terjadi.

Nah itulah beberapa penyebab kelinci tampak gemetaran yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel