CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tanda-Tanda dan Penyebab Kelinci Mau Mati - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tanda-Tanda dan Penyebab Kelinci Mau Mati

gambar kelinci cokelat abu-abu
Sumber foto : pixabay/zoosnow
Healty99 - Setiap yang bernyawa pasti akan mati, namun segala bentuk kepergian pasti akan membuat yang ditingalinya merasa sedih dan patah hati. Hal tersebut juga berlaku pada hewan peliharaan seperti kelinci yang kita rawat dan besarkan dengan sepenuh hati.

Namun kematian memang tidak bisa dihindari, namun sebagai tindakan yang bisa kita lakukan ialah memberi penanganan terhadap gejala atau tanda-tanda yang diberikan.

Contoh misalnya kelinci sedang sakit, maka hal yang bisa kita lakukan ialah membawa mereka ke dokter hewan dan memberi makanan dengan nutrisi tinggi supaya mereka sehat kembali.

Meskipun hal tersebut yang hanya bisa kita lakukan, tetapi itu adalah yang terbaik ketimbang tidak melakukan apa-apa.

Tanda-Tanda Kelinci Mau Mati

Berikut sejumlah gejala kelinci mau mati atau berupa indikasi yang dapat kamu ketahui sekaligus bisa memberi penanganan lebih awal.

1. Nafsu makan berkurang

Nafsu makan yang berkurang disetiap harinya merupakan salah satu ciri-ciri setiap hewan yang sedang sakit, ini juga terjadi pada manusia karena saat kita sakit selera untuk makan jadi berkurang dan bahkan tidak ada.

Meski penyebab nafsu makan kelinci berkuran bisa juga di sebabkan stres dan ketakutan, namun tetap saja itu tidak baik bagi kesehatan peliharaan kamu, bahkan jika dibiarkan terlalu lama mereka akan kekurangan nutrisi.

2. Lemah dan lesu

Kelinci merupakan hewan yang aktif bermain dan bergerak kesana-kemari, hal yang menjadi ganjal jika mereka tadinya aktif menjadi lebih murung dan tampak tidak bersemangat.

Penyebab kelinci lemah dan lesu bisa saja dikarenakan kelelahan dan kurang mendapatkan asupan gizi dari makanan, tetapi tetap saja ini adalah salah satu gejala bahwa mereka sedang sakit ataupun memiliki gangguan kesehatan yang buruk.

3. Feses yang berkurang

Feses atau kotoran yang berkurang dalam artian lain jarang BAB merupakan salah satu indikasi bahwa peliharaan kamu tidak mendapatkan makanan seperti biasa, alias terjadi penurunan nafsu makan.

Akibat nafsu makan yang berkurang tentu pencernaan tidak mengolah makanan yang masuk, sehingga pada akhirnya kelinci menjadi lesu karena kekurangan gizi dan pada akhirnya mendapati kotoran (feses) yang berkurang.

4. Bulu kotor

Sebenarnya bulu yang kotor tidak bisa menjadi acuan pasti bahwa kelinci akan mati, tetapi bulu kotor bisa menjadi salah satu ciri-ciri peliharaan kamu sedang didapati masalah.

Kellinci sebenarnya adalah hewan yang pembersih, mereka senang menjilati dan mengosokan tubuh supaya bisa lebih bersih dan terbebas dari kotoran.

Namun terkadang kelinci yang sakit mereka tidak mendapati waktu bahkan tenaga yang cukup kuat untuk membersihkan diri, sehingga bulu mereka menjadi lebih kotor.

5. Bagian tubuh yang dingin

Jika kamu mendapati kelinci yang terbaring lesu, tidak bersemangat dan bahkan tidak mau makan, cobalah sentuh pada beberapa bagian tubuh mereka seperti kaki, telinga atau ekor mereka.

Jika didapati perubahan suhu yang berbeda dengan menjadi lebih dingin, maka ini bisa menjadi salah satu tanda-tanda bahwa peliharaan kamu kemungkinan besar akan mati.

Meski penyebab keliinci kedinginan bisa dikarenakan suhu lingkungan yang rendah dan air, tetapi hal yang tidak normal jika suhu sekitar hangat tetapi bagian tubuh kelinci terdapat perubahan suhu menjadi lebih dingin.

Terlebih lagi ciri-ciri di sertai dengan perubahan warna kulit menjadi lebih pucat, sulit mengerakan tubuh, serta tidak mau makan.

Oleh karena itu sebaiknya kamu memberikan tidakan lebih cepat dengan membawa peliharan ke klinik hewan untuk di beri penanganan.

6. Perubahan warna kulit

Tanda-tanda kelinci mau mati selajutnya ialah terjadi perubahan warna kulit yang menjadi pucat, kebiruan serta beberapa bagian lain seperti bibir, kelopak mata dan kuping menjadi lebih pucat.

Ciri-ciri lainnya bisa juga ditandai dengan bola mata yang tidak merespon saat ada bayangan mendekati serta bagian tubuh yang terasa lebih dingin.

Perubahan warna kulit yang menjadi pucat dan kebiruan serta terasa lebih dingin merupakan salah satu tanda kemungkinan besar peliharaan akan mati. Meski terdengar sadis tetapi pada akhirnya mereka akan tetap pergi.

Penyebab Kelinci bisa Mati

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri dan gejala, pastikan kamu juga mengetahui apa yang menjadi penyebab masalah bisa terjadi sehingga pada kemudian hari kamu bisa melakukan tindakan pencegahan atau penanganan lebih awal.

Ini juga menjadi kemungkinan besar bahwa peliharaan kamu akan bisa diselamatkan serta kembali sehat.

Berikut beberapa penyebab kelinci bisa mati.

1. Stres

Stres berkepanjangan bisa meningkatkan resiko peliharaan mati, hal ini mengakibatkan perubahan pola prilaku mereka menjadi tidak seperti biasa.

Contohnya stres bisa menurunkan nafsu makan sehingga pada akhirnya tidak mendapatkan nutrisi dan berakhir dengan sakit.

Oleh karena itu penting bagi kamu sebagai tuan mereka mengetahui apa penyebab kelinci stres berkepanjangan.

2. Terserang penyakit

Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang peliharaan kamu, mulai dari yang ringan hingga cukup fatal untuk membuat mereka pergi selama-lamanya.

Secara umum ciri-ciri kelinci sakit bisa ditandai dengan tubuh mereka yang lesu dan kurang semangat, nafsu makan bergerak, tidak merespon saat dipanggil serta perubahan pada feses.

3. Tempat yang tidak layak

Maksud dari tempat yang tidak layak disini ialah bisa jadi ada idikasi pengaruh dari tempat tinggal mereka, baik itu di kandang maupun lingkungan sekitar.

Seperti yang kita ketahui, keliinci sangat mudah sekali stres. Mereka sangat rentan stres akibat dari lingkungan sekitar, baik itu karena lingkungan yang kotor, ancaman predator, suara bising dan lain sebagainya.

Tetapi yang pasti jika mereka merasa tidak nyaman makan hal tersebut bisa meningkatkan resiko stres, ketakutan dan kecemasan berkepanjangan.

Nah, itulah beberapa penyebab kelinci bisa mati sekaligus ciri-ciri atau tanda-tanda yang akan muncul.

Baca terus infrmasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel