CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Penyebab Kelinci BAB Mencret dan Cara Mengobatinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Penyebab Kelinci BAB Mencret dan Cara Mengobatinya

gambar dua ekor kelinci berdekatan warna cokelat dan putih
Sumber foto : pixabay/KikiMiki
Healty99 - Kelinci BAB mencret dapat ditandai dengan keluarnya kotoran atau feses berbentuk cair, lembek dan lebih bau dari biasanya. Mengingat kotoran kelinci yang normal ialah berbentuk bulir utuh dengan cukup kering seperti kotoran kambing.

Keluarnya feses yang tidak biasa seperti halnya mencret dan berair menandakan bahwa terdapat masalah pada sistem pencernaan, kondisi tersebut juga berlaku pada hewan dan manusia.

Baca juga : 50 Jenis Ras Kelinci Hias Dan Pedaging

Oleh karena itu untuk mengetahui penyebab kelinci mencret kamu bisa memeriksa atau mengetahui makanan apa yang sebelumnya diberikan, kondisi kebersihan kandang serta tubuh mereka sendiri.

Penyebab Kelinci Mencret

Nah daripada panjang lebar, berikut beberapa menyebab mengapa peliharaan kamu bisa mengalami mencret atau berak berair.

1. Terlalu banyak makan air

Air memang tidak bisa dimakan melainkan di minun, tetapi lain hal jika air tersebut didapat dari asupan makanan sehari-hari.

Baca juga : Tips Dan Panduan Budidaya Kelinci

Asupan air yang cukup baik dari minuman maupun makanan yang dikonsumsi peliharaan dapat memberikan manfaat lebih, salah satunya ialah menjaga mereka agar tetap terhidrasi serta mencegah sembelit.

Namun asupan air yang terlalu banyak justru tidak sehat, terlebih lagi ditambah banyak memberi makanan berserat dan mengandung air tinggi seperti buah-buahan.

Faktanya kelici tidak membutuhan asupan air minum dalam kandang dan makanan berserat dalam jumlah banyak, meski serat juga sangat baik untuk sistem pencernaan tetapi jika terlalu banyak bisa memicu diare.

Baca juga : Ketahui Perbedaan Kelinci Pingsan Dan Tidur

Sehingga pada akhinya mereka akan mengalami mencret dan feses yang keluar berbentuk cairan lembek.

2. Infeksi bakteri

Penyebab kelinci mencret berikutnya bisa disebabkan oleh infeksi bakteri seperti salmonella, shigella, vibrio, campylobacter, dan yersinia. Jenis bakteri tersebut merupakan paling umum yang menyebabkan masalah sakit perut pada manusia dan juga hewan.

Secara umum bakteri masuk kedalam tubuh melalui makanan yang terkontaminasi alias tidak steril, tangan yang kotor atau juga bisa dihinggapi hewan lain seperti lalat dan sebagainya.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Dipeliharaan

Hal yang sama juga berlaku pada makanan kelinnci. Kandang yang kotor, makanan yang tidak bersih dan terlalu lama serta kurangnya perawatan bisa menyebabkan peliharaan kamu terinfeksi bakteri.

Meski infeksi bakteri kebanyakan bersarang di sistem pencernaan dan membuat mencret, tetapi dalam kasus parah dan jika tidak segera ditangani kelinci bisa mengalami mal nutrisi dan sakit.

Oleh karena itu untuk pencegahanya ialah selalu membersihkan kandang dan tubuh mereka, memberikan makanan segar dan tidak meletakan makanan mereka di tempat kotor.

Selain itu hindari juga memberikan makanan buah-buahan yang tinggi air dalam jumlah banyak, mengingat buah berair rentan menjadi sarang bakteri dan sumber penyakit bagi kelinci.

3. Kandang yang kotor

Kandang yang kotor ataupun kandang bekas peliharaan kelici sebelumnya yang sakit karena mencret, bisa menjadi tepat menularnya penyakit pada hewan lainnya.

Di satu sisi, kelinci merupakan hewan yang memiliki bulu lebat dan tebal, ini sangat beresiko menjadi sarang penyakit jika kandang mereka kotor dan jarang di bersikan.

Belum lagi karena masalah mencret yang mana bisa membuat bulu mereka lebih kotor dan bau akibat terkena feses (kotoran) mereka sendiri.

Jadi sebaiknya kamu membersihkan kandang secara rutin atau memberi alas lebih didasar agar kotoran dan air urin mereka tidak mengenai tubuh sekaligus mempermudah dalam membersihkan.

Nah, itulah beberapa penyebab kelinci mencret yang bisa kamu ketahui. Harap selalu memperhatikan pola makanan dan kebersihan kadang agar mereka tetap sehat.

Cara Mengobati Kelinci Mencret

Selain membesihkan kadang dan mengatur pola makan, untuk mengatasi masalah kelinci yang mencret kamu bisa hindari dahulu asupan buah-buah dan sayuran yang tinggi air.

Berikan mereka asupan makanan cukup kering seperti daun jambu biji, daun pisang, daun pepaya kering dan sejenisnya.

Tujuan tersebut ialah supaya sistem pencernaan mereka kembali normal sekaligus mengatasi masalah infeksi bakter pada usus.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel