CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Buah Mangga [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Buah Mangga [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya]

gambar buah mangga di atas piring sudah dikupas
Sumber foto : pixabay/toodlingstudio
Healty99 - Mangga merupakan buah yang keberadaanya sangat melimpah di Indonesia, bahkan ada banyak tanaman satu ini di sekitar kita. Oleh karena itu mungkin kamu ingin membaginya sedikit ke kelinci peliharaan kamu sebagai variasi cemilan, tetapi apakah itu boleh?

Perlu kamu ketahui mangga merupakan buah yang sehat dan keliinci dapat memakanya dengan mudah, meskipun begitu ada aturan yang harus kamu patuhi karena terlalu banyak memberikan juga tidak baik untuk kesehatan mereka.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Di Rawat

Kelinci Makan Mangga

Kelinci boleh makan buah mangga karena pada dasarnya ini makanan yang kaya nutrisi sekaligus menyehatkan. Namun makanan satu ini juga harus di imbangi dengan variasi lain seperti sayuran dan dedaunan.

Dengan begitu peliharaan kamu bisa mendapatkan sejumlah nutrisi yang terkandung didalamnya tanpa khawatir akan bahayanya nanti.

Baca juga : Ketahui 11 Penyakit Kelinci Dan Cara Mengobatinya 

Manfaat

Mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, selain itu adapun vitamin A, E, K, B6, tembaga, folat, magnesium, kalium, fosfor serta yang pasti serat dan air.

Sejumlah nutrisi tersebut dapat sangat bagus untuk kesehatan manusia, bahkan hal yang sama juga bisa memberikan manfaat bagi kelinci kamu.

Contohya, vitamin C merupakan salah satu bagian dari antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, ini juga memungkinkan resiko terkena penyakit kulit seperti jamur, kudis dan tungau jauh lebih kecil.

Baca juga : Panduan Budidaya Kelinci Pedanging Dan Hias

Serat dan air yang ada pada buah mangga juga bisa memberikan manfaat dalam mencegah masalah sembelit serta dehidrasi karena kepanasan.

Selain itu beberapa kandungan lainnya juga bisa memperbaiki sistem metabolisme tubuh peliharaan kamu, termasuk itu mejaga kesehatan tulang, otot serta mata.

Cara memberikan

Secara umum kamu dapat memberikan kelinci buah mangga utuh, mereka akan memakan dengan cara menggerogoti kulit dan daging buah. Walaupun begitu yang terbaik ialah tidak menghadirkan bagian biji tengah yang keras.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Pingsan Dan Tidur

Kelinci dapat dengan aman makan bagian kulit dan daging, namun tidak dengan bagian biji karena bertekstur keras.

Tetapi jika kamu ragu dengan kulit buah, maka kamu bisa bersihkan terlebih dahulu dengan mengupas perlahan dan memberikan potongan kecil bagian buahnya saja.

Berapa porsi yang diajurkan?

Untuk jenis ras kelinci bertubuh kecil kamu bisa berikan mereka mangga separuh sisi atau sebagian dengan rata-rata ukuran buah sebesar kepalan tangan, atau juga bisa memberikan mereka sebanyak 2 ruas jari kamu.

Sedangkan untuk kelici besar kamu bisa berikan sebanyak 1 cangkir untuk sekali makan atau 1 buah mangga ukuran kepal tangan kamu dengan sudah di bersihkan bagian biji.

Mango merupakan makanan cemilan yang artinya tidak dianjurkan untuk diberi secara rutin setiap hari layaknya makanan pokok mereka. Jadi yang terbaik ialah memberikan peliharaan kamu sekitar 2 hari sekali atau 2 kali dalam sepekan (1 minggu).

Bahaya dan efek samping

Mangga kaya manfaat bagi kelinci, tetapi itu dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan. Selain itu ada beberapa poin penting yang harus kamu ketahui sebelum menghidangkan buah kepada mereka.

Pertama hindari memberikan man99a yang masih segar atau baru saja di petik secara utuh, penyebabnya ialah karena masih mengandung banyak sekali getah dan getah bisa menyebabkan sakit perut.

Namun lain hal jika bagian kulit luar dan biji langsung kamu kupas atau buang, maka itu sah-sah saja dan yang pasti juga tidak dalam jumlah banyak.

Biji sebaiknya di buang karena bertekstur keras dan tidak sehat, meski mungkin peliharaan kamu akan menggerogoti tetapi sebaiknya di buang dan tidak di masukan kedalam wadah mereka.

Selain itu pastikan juga kamu mengetahui bahwa manga dalam kondisi baik, dalam artian ialah tidak mengalami busuk, benyek atau berair serta tidak terjangkit ulat. Tetapi masalah ini bisa kamu atasi saat mengupas memotong kecil-kecil dan memeriksa perlahan.

Meski maangga merupakan buah yang memiliki manfaat bagi kelinci, tetapi fakta tidak bisa dihindari bahwa mangga juga tidak di sarankan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Mengapa?

Mangga memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, selain itu adapun gula. Meski serat dan air mampu memberi manfaat dalam mengatasi masalah sembelit, serta gula bisa menjadi sumber energi.

Tetapi pada dasarnya kelici kamu tidak membutuhkan itu semua dalam jumlah yang banyak dan di keseharian mereka.

Serat dan air yang berlebihan bisa menyebabkan peliharaan kamu mengalami gangguan pencernaan, diare, sakit perut, kembung serta begah. Di sisi lain mengkonsumsi asupan tinggi gula bisa memicu masalah kesehatan dikemudian hari.

Singkatnya, kelinci bisa saja makan mannga sebagai varian makanan mereka. Tetapi yang terbaik ialah membuang bagian biji tengah, tidak untuk jumlah yang banyak serta tidak dalam bentuk segar.

Hindari juga memberikan mereka buah yang masih muda karena mangga bergetah serta memiliki rasa yang sangat asam, selain itu mengingat ada beberapa jenis mangga memiliki rasa buah yang sangat asam.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel