CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Memancing dan Mendapatkan Ikan Sapu-Sapu - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Memancing dan Mendapatkan Ikan Sapu-Sapu

gambar ikan sapu-sapu menempel di kaca akuarium
Sumber foto : istock
Healty99 - Sapu-sapu atau sapu jagat merupakan jenis ikan air tawar yang dapat kamu jumpai di sejumlah perairan di Indonesia. Ikan satu ini sering dicari untuk keperluan bahan baku makanan yang menggunakan ikan serta sebagai ikan hias di akuarium.

Buat kamu yang ingin mengetahui informasi seputar ikan sapu jagat kamu bisa baca di lain artikel dalam healty99.com atau Klik Disini.

Baca juga : Akar Dan Kayu Aquascape Di Sekitar Kita

Karena pada kesempatan ini saya hanya akan berbagi pengalaman bagaimana cara mendapatkan dan memancing ikan sapu-sapu di alam, baik itu di sungai, rawa-rawa maupun danau.

Cara Mancing Sapu Jagat

Secara umum ikan satu ini adalah ikan omnivora yang rakus, ditempat habitatnya mereka kerap memakan jaringan tumbuh-tumbuhan dan daging hewan yang telah hancur, lumut, alga dan sejumlah telur ikan lain.

Baca juga : Rekomendasi Tanaman Hias Air Aquascape Tanpa CO2

Buat kamu yang ingin mendapatkan ikan satu ini sebenarnya cukup mudah, mereka pada dasarnya juga bisa di pancing layaknya memancing ikan pada umumnya.

Sedangkan untuk umpan, hampir segala jenis umpan yang biasa dipakai saat memancing bisa digunakan. Contoh umpan untuk ikan sapu-sapu bisa kamu pakai cacing, umpan racikan roti, pelet, jangkrik, belalang, udang, ikan mati, daging ayam dan masih banyak lagi.

Mereka adalah ikan omnivora jadi jangan khawatirkan tentang makanan, sapu jagat pada dasarnya dapat dengan mudah memakan segala jenis umpan.

Baca juga : Tanaman Air Untuk Aquascape Di Sekitar Kita

Namun yang perlu kamu perhatikan ialah mata kail, mulut ikan sapu jagat berada di depan dan bawah bagian kepala. Jika hendak memancingnya pastikan kamu menggunakan mata kail yang kecil yaitu dengan ukuran 3 sampai 6 itu sudah cukup.

Lebih dari itu terkadang ikan tidak mampu memakan, karena gaya memakan mereka sedikit berbeda dari kebanyakan ikan lainnya.

Salin itu untuk cara mancingnya ialah dengan cara bermain di dasaran. Walau mereka kerap tampak kepermukaan air, tetapi sebenarnya mereka mencari makan dengan menelusuri permukaan dasar dasar air, mereka keatas hanya untuk mengambil udara saja.

Baca juga : 18 Rekomendasi Tanaman Air Cantik Untuk Aquascape 

Cara Menangkap Sapu Jagat

Sapu jagat memang bisa dipancing menggunakan mata kail, tetapi tentunya kamu tidak bisa mendapatkan ikan satu ini dalam waktu yang cepat karena harus menunggu mereka memakan umpan yang kamu berikan.

Ada cara cepat yang bisa kamu terapkan dalam mendapatkan ikan sapu-sapu, baik itu di sungai, rawa maupun danau. Cara tersebut ialah menggunakan jaring tebar atau jala lempar.

Teknik ini paling ampuh dan cepat dalam mendapatkan ikan, bahakan dalam sekali lempar bisa mendapatkan hingga 10 kg lebih jika populasi sangat melimpah.

Akan tetapi yang perlu kamu perhitungkan ialah jika memakai jala biasanya rawan dari ranting dan robek, terlebih lagi sapu-sapu memiliki kulit luar yang keras dan terkadang cukup sulit untuk di lepaskan dari jaring.

Nah, itulah beberapa cara memancing dan menangkap ikan sapu-sapu yang bisa kamu ketahui dan terapkan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel