CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Spekulasi Penyebab Motor Berisik Kasar Saat Panas - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Spekulasi Penyebab Motor Berisik Kasar Saat Panas

gambar mesin beat di bongkar
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Suara mesin motor yang berisik memang tidak mengenakan, terlepas dari ketakutan akan komponen didalam mesin bisa rusak jika dibiarkan, suara berisik juga tidak nyaman untuk didengar kita sendiri atau pengendara lain.

Secara umum penyebab mesin motor mengeluarkan suara berisik kasar ialah karena telat mengganti oli. Jika sebuah mesin tanpa sengaja telat mengganti oli pelumas dan bahkan dibiarkan hingga kering, maka komponen didalamnya akan rusak.

Baca juga : Penyebab Motor Berasap Setelah Ganti Piston/Seher

Mengingat fungsi daripada oli mesin ialah memberikan pelumasan dari gesekan seperti piston, ring, stang seher, bearing, rasio, kopling dan rantai mesin. Nah, akibat tidak adanya pelumasan maka segala bentuk komponen yang saling bergesakan atau berputar akan aus dan tergerus.

Sehingga pada akhirnya akan menggeluarkan suara kasar dikarenakan terjadi kerusakan pada sejumlah komponen didalam mesin.

Penyebab Motor Berisik Saat Panas

Setidaknya ada banyak yang bisa menyebabkan mesin sepeda motor mengeluarkan suara kasar, berisik dan sebagainya. Baik itu saat mesin sedang dingin maupun sudah panas.

Baca juga : Ketahui 3 Jenis Aki Yang Di Pakai Kendaraan

Kebanyakan teknisi termasuk saya tentu tidak bisa hanya dengan menduga-duga dimana letak kerusakan, terlebih jika tidak melihat dan mendengar secara langsung bagaimana suara mesin yang kasar tersebut.

Seperti yang telah disebutkan tadi, ada banyak penyebab suara berisik dan ciri khas yang bisa didengar dan dihasilkan oleh mesin.

Namun buat kamu yang penasaran atau sekedar ingin tahu, adapun sebagai bentuk gambaran alias spekulasi penyebab dari suara berisik yang bisa diketahui. Berikut diantaranya.

Baca juga : Penyebab Roda Belakang Seret Saat Mengecangkan Baut

1. Rantai keteng mulai kendor

Yang pertama bisa disebabkan oleh rantai keteng, kamprat atau rantai mesin yang mulai kendor. Meski masuk dalam kategori layak ganti tetapi terkadang suara rantai keteng bisa hilang dan timbul.

Biasanya rantai keteng sudah waktunya ganti akan mengeluarkan bunyit gemercak atau cek-cek saat mesin panas karena terjadi sedikit pemuaian, namun saat mesin dingin suaranya menjadi lebih halus. 

Meski pada akhirnya rantai harus tetap diganti karena bunyi akan semakin konsisten dan terdengar lebih keras.

Baca juga : Penyebab Rantai Keteng Bunyi

Disatu sisi adapun kemungkinan lain untuk beberapa jenis motor yang menggunakan bantalan roller keteng, yaitu bantalan karet peredam sekaligus menjadi tempat landasan rantai keteng.

Umumnya ini hanya ada pada beberapa jenis kendaraan honda bebek, jadi jika bantalan tersebut sudah keras, getas atau mulai habis bisa menyebabkan suara rantai mesin menjadi lebih kasar, terlebih lagi saat mesin meranjak panas.

2. Bearing yang mulai aus

Kita tahu ada banyak bearing didalam sebuah mesin motor, mulai dari bearing cam shaft alias noken as, bearing bandul kruk as, conectting rood hingga sejumlah bearing terkait lainnya.

Baca juga : Ciri-Ciri Sepeda Motor Kehabisan Oli Mesin

Bearing yang mulai aus umumnya di sebabkan karena tidak terdapat pelumasan dengan baik, sehingga lama kelamaan akan tergerus dan menjadi sedikit lebih longgar.

Perlu kamu ketahui bearing pada dasarnya memiliki clearance masing-masih disetiap jenisnya dan berdasarkan buatan pabrik. Clearance merupakan cela antara biji bola besi didalam bearing dengan housing atau landasan tempat biji bola berputar.

Clearance atau cela (gap) setiap bearing memang berbeda-beda tetapi yang pasti ukuranya ialah per sekian mili. Oleh karena itu jarak clearance tersebut bisa menjadi lebar akibat gaya gesek yang besar karena tidak adanya pelumasan.

Baca juga : Cara Merawat Fuel Pump Atau Pompa Injeksi Agar Awet

Namun ada kalanya jarak clearance bearing tergerus tetapi tidak terdeteksi atau tidak terasa saat dicek menggunakan tangan secara langsung, akan tetapi begitu dipasang maka bentuk kerusakan langsung terdeteksi dengan keluarnya bunyi.

Bisa dibilang bearing tersebut mulai aus dan baru akan terdeteksi saat terjadi pemuaian akibat panas mesin, sehingga clearance menjadi lebih lebar dan berakhir dengan mengeluarkan bunyi dengungan ataupun gemrecak.

Pada bagian noke as, bearing yang mulai oblak dapat mempengaruhi cela stelan klep, karena saat dingin cela kerapan klep normal namun saat panas menjadi lebih longgar akibat pemuaian pada bantalan bearing.

3. Setelan klep berubah

Penyebab mesin motor kamu berisik saat mesin panas selanjutnya bisa disebabkan oleh setelan klep yang berubah sendiri. 

Masalah ini bisa diakibatkan oleh bearing noken as tadi, bearing rocker arm (untuk jenis motor tertentu), rocker arm yang mulai aus atau bisa juga karena kerapatan cela klep yang sedikit lebih longgar.

Memang cela antara rocker arm dan klep harus sesuai standar, karena hal tersebut akan berpengaruh pada sebuah mesin saat dingin maupun panas.

Mengingat klep merupakan bagian yang kontak langsung dengan ruang bakar tentu bisa mengalami sedikit pemuaian saat bekerja pada suhu panas yang tinggi.

Oleh karena itu cobalah periksa terlebih dahulu pada bagian cela klep, pastikan jarak kerenggangan sudah sesuai atau bahkan dirapatkan sedikit untuk memasikan tidak ada suara berisik yang disebabkan cela klep.

Namun ini hanya salah satu dari sekian spekulasi, kerusakan bisa terjadi dibagian mesin lain yang menghasilkan ciri khas suara atau tanda-tanda kerusakan yang sama.

4. Karet rumah kopling

Karet rumah kopling terletak didalam rumah kopling yang dikunci dengan plat dan paku tekan. Fungsi dari karet ini ialah sebagai bantalan atau peredam kejut dari hentakan saat mengoper transmisi ataupun putaran kruk as.

Tetapi karena terbuat dari karet dan bekerja dibawah tekanan serta panas mesin, maka lama kelamaan karet bisa mengalami yang namanya aus, longgar atau bahkan kehilangan gaya elastin.

Sehingga pada akhirnya karet dan dudukan rumah menjadi oblak dan mengeluarkan suara kasar.

Biasanya karet rumah kopling yang mulai oblak akan kurang terdengar saat mesin masih dingin, namun saat beranjak panas atau sudah perjalanan jauh akan mulai terdengar suara kasar.

Suara karet rumah kopling sangat mirip sekali dengan bearing big end atau stang seher yang rusak, tetapi sedikit lebih lembut dan akan hilang jika di gas tinggi.

Nah, itulah beberapa spekulasi penyebab mesin motor mengeluarkan suara kasar saat mesin panas. Spekulasi bisa saja salah atau berubah karena ada banyak bentuk kerusakan motor yang menghasilkan ciri khas atau gejala yang hampir mirip.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel