CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sirih untuk Kulit dan Rambut Kepala [Manfaat, Cara Penggunaan dan Efek Samping] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sirih untuk Kulit dan Rambut Kepala [Manfaat, Cara Penggunaan dan Efek Samping]

gambar daun sirih lebar
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Sirih merupakan tanaman herbal yang sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Manfaat sirih kerap digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan, baik dari luar maupun dalam tubuh.

Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai penggunaan sirih pada area kepala terkait rambut dan kulit. Adakah manfaat lebih jika kita memakainya sebagai hair mask dan keuntungan yang didapat.

Sirih Untuk Rambut dan Kulit Kepala

Tanaman sirih secara alami memiliki sejumlah kandungan senyawa fenolik, minyak atsiri dan beberapa fitokimia. Selain itu adapun beberapa aktivitas senyawa seperti antibakteri, antiradang, antimutagenik, antioksidan, antifungi, antimikroba serta mampu bersifat styptic.

Menggunakan daun sirih untuk rambut kepala pada dasarnya sah-sah saja dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah, mengingat tanaman satu ini memang kerap dimanfaatkan layaknya shampo alami untuk merawat rambut dan kulit kepala.

Manfaat

Seperti yang telah disebutkan tadi, sirih memiliki beberapa kandungan senyawa alami terkait antifungi alias jamur, antibakteri antiradang serta antimikroba.

Sifat alami ini memungkinkan jika kamu gunakan bisa mengatasi beberapa masalah pada area kepala seperti bau kurang sedap yang dikarenakan jamur, bakteri, mikroba atau tungau.

Tidak hanya sampai disitu saja, menurut penelitian sirih juga diklaim mampu mengatasi sekaligus menghabat pertumbuhan infeksi parasit dan jamur pada area kulit, masalah kulit kepala kering dan mengelupas serta mencegah kutu berkembangbiak.

Cara menggunakan

Buat kamu yang ingin menggunakan daun sirih untuk merawat rambut dan kulit kepala sebenarnya cukup mudah, kamu bisa terapkan sebagaimana cara memakai hair mask pada umumnya.

Sebagai contoh berikut cara membuat hair mask dari sirih.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 5 lembar daun sirih
  2. 6 sendok aloevera/lidah buaya
  3. 1 sdm minyak kelapa/zaitun

Cara membuat :

  1. Pertama-tama daun sirih dibersihkan dengan mencucinya di air mengalir. Pastikan kamu memilih daun yang tidak terlalu tua ataupun muda.
  2. Tumbuk daun hingga halus kemudian masukan kedalam wadah.
  3. Tambahkan 6 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan minyak kelapa maupun minyak zaitun.
  4. Aduk merata hingga tercampur, setelah itu balurkan ke area kepala terkait rambut dan kulit kepala.
  5. Tunggu sekitar 15 sampai 20 menit kemudian bilas menggunakan air mengalir.
  6. Terakhir tinggal keringkan rambut dengan memakai handuk agar tidak basah dan memicu bau kembali.

Selesai, kamu bisa terapkan hair mask sirih ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mengatasi beberapa masalah seperti bau kurang sedap, gatal-gatal, kutuan atau tungau serta kulit kepala kering.

Namun jika kamu hendak memakainya sebatas untuk perawatan maka bisa diterapkan sekali dalam satu minggu.

Terlebih karena ada campuran minyak kelapa/zaitun dan aloevera tentu ini bisa membantu menutrisi kulit dan rambut kepala, plus sekaligus mengatasi masalah rambut rontok, pecah-pecah, patah, membuat tampak hitam, sehat mengkilap serta memperkuat bagian akar.

Efek samping penggunaan

Adakah efek samping atau bahaya dari menggunakan daun sirih untuk area kepala terkait rambut dan kulit? Seperti yang telah kita sebutkan, dalam membuat hair mask hanya menggunakan 3 bahan saja.

Selain itu minyak zaitun, minyak kelapa dan aloevera merupakan bahan yang memang sering menjadi campuran untuk kecantikan. Hal yang sama juga untuk daun sirih karena sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa permasalan diluar tubuh.

Pengunaan sirih untuk area kepala tentu tidak memiliki bahaya ataupun efek samping yang berarti, selagi kamu memakainya secara aman dan menghindari kontak terkena mata atau tertelan.

Tetapi adapun bentuk resiko kecil yang mungkin saja bisa terjadi, salah satunya adalah alergi. Mengingat karakteristik kulit kepala dan rambut setiap orang berbeda-beda sensitivitasnya.

Walau sangat kecil kemungkinan terjadi reaksi alergi, tetapi kamu bisa coba sedikit terlebih dahulu hair mask daun sirih diarea kulit kepala kamu. Jika tidak ada indikasi iritasi seperti kemerahan, gatal, perih dan sebagainya maka kamu dapat dengan aman memakainya.

Cukup sampai di sini pembahasan kali ini dan selamat mecoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel