CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Rekomendasi Makanan Ikan Sapu-Sapu di Akuarium - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Rekomendasi Makanan Ikan Sapu-Sapu di Akuarium

gambar ikan sapu-sapu di akuarium
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Secara umum, ikan sapu-sapu atau sapu jagat di alam liar mereka merupakan hewan omnivora alias pemakan segalanya. Ikan satu ini pada dasarnya memakan lumut dan alga, jaringan tumbuh-tumbuhan serta beberapa bangkai maupun daging hewan yang di dasar air.

Mereka juga bukan tipe pemangsa jadi bisa kamu letakan didalam akuarium sebagai teman lain sejumlah ikan, terlebih karateristrik mereka tidak agresif dan teritorial.

Makanan Ikan Sapu-Sapu di Akuarium

Nah, buat kamu yang ingin memelihara sapu jagat di akuarium sebenarnya tidak perlu khawatir akan makanan mereka.

Ikan satu ini memang kerap dimasukan dalam tangki aquarium sebagai pembersih dari alga, lumut dan sisa makanan dari ikaan lain.

Jadi tidak perlu memberikan makanan spesial kepada mereka jika kamu meletakan sapu-sapu dengan sejumlah ikan lain, karena sapu-sapu bisa mendapatkan asupan makanan sisa yang jatuh kedasar air.

Itulah mengapa ia kerap di sapa sebagai ikan pembersih tangki alias tukang saapu.

Namun buat kamu yang baru memelihara ikaan sapu-sapu dan tidak terdapat banyak sumber makanan seperti alga atau lumut alami yang terbentuk dari cahaya lampu, maka alternatifnya kamu bisa memberikan sejumlah makan tambahan.

Berikut beberapa makanan ikan sapu jagat yang bisa kamu berikan.

1. Pelet dasar

Pertama kamu bisa berikan makanan berupa pelet instan, selain itu pastikan kamu menggunakan pelet tenggelam, hal ini karena ikan sapu memiliki moncong/mulut yang posisinya di bawah.

Sehingga dengan pelet dasar tentu dapat mempermudah mereka makan ketimbang yang menggunakan jenis pelet mengapung.

2. Cacing sutra

Cacing sutra atau cacing darah selajutnya bisa kamu berikan untuk makanan ikan sapu-sapu diakuarium.

Ini makanan yang kaya akan protein dan sangat bagus untuk pertumbuhan ikaan agar cepat besar.

4. Cacahan udang

Sapu jagat tidak memiliki gigi yang cukup kuat untuk mengunyah sejumlah makanan yang keras, pasalnya mereka di alam liar hanya menghisap sejumlah jaringan mati saat berenang di dasar air.

Terlebih posisi mulunya yang di bawah memungkinkan mereka hanya bisa medapatkan makanan sisa yang terurai.

Jadi jika kamu hedak memberikan makanan yang berkulit keras seperti udang, ada baiknya udang tersebut di kupas dan di cacah hingga menjadi cukup halus.

5. Ikan cacah

Selain udang kamu juga bisa berikan ikan cacah atau cincang sebagai alternatifnya. Tetapi yang pasti harap untuk tidak memberikan udang dan daging ikaan cacah dalam jumlah banyak.

Ini karena ikan sapu tidak terlalu banyak makan, jadi jika ada banyak sampah di dalam tangki hanya akan membuat air menjadi busuk

6. Sayuran dan daun lembut

Sapu jagat mau mengkonsumsi beberapa sayuran lembut seperti kol, sawi, kubis, kangkung dan sejenisnya.

Jadi berikan saja dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan. Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah, harap membuang atau mengganti sayuran yang sudah beberapa hari di dalam air, terlebih lagi jika bentuk dan warna sudah berubah.

7. Lumut & alga

Secara alami lumut dan alga dapat tumbuh di kayu dan dinding kaca akuarium, terlebih lagi dengan tingginya kadar amonia dan pencahayaan maka lumut akan tumbuh dengan subur.

Lumut dan alga merupakan makanan utama dari ikan satu ini, namun karena membutuhkan waktu beberapa hari agar bisa tumbuh pastinya kamu perlu pengganti. 

Maka dari itu alternatifnya kamu bisa berikan lumut & alga dari luar kedalam akuairum sebagai makanan ataupun bibit.

Nah, itulah beberapa makanan ikan sapu-sapu yang bisa kamu berikan.

Harap untuk tidak memberikan mereka makanan dalam jumlah yang melimpah, karena bisa membuat bau dan kotor di dalam tangki aquarium kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel