CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 4 Jenis Serangga yang Boleh Dimakan Hamster - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

4 Jenis Serangga yang Boleh Dimakan Hamster

gambar hewan mealworm makanan
Sumber foto : pixabay/katerinavulcova
Healty99 - Apakah hamster boleh makan serangga? Jika ia jenis serangga apa yang boleh di berikan. Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya hewan pengerat satu ini boleh makan serangga, tetapi ada batas dimana memang jika diperlukan.

Hamster merupakan jenis hewan omnivora, di alam liar mereka kerap mencari makanan berupa rerumputan lunak, sayuran dan dedaunan, buah-buahan, biji-bijian, cacing, siput dan beberapa serangga kecil. 

Baca juga : Ciri-Ciri Hamster Yang Sedang Stres

Walaupun makanan utama mereka adalah jaringan tumbuh-tumbuhan, tetapi faktanya mereka kerap mengkonsumsi sejumlah mahluk hidup kecil di tanah untuk membantu memenuhi nutrisi yang tidak ada di tumbuhan.

Hamster Makan Serangga

Kamu mungkin bisa saja menemukan sejumlah toko hewan peliharaan yang menyediakan serangga hidup atau kering, tentu saja bahwa serangga tersebut merupakan makanan peliharaan yang memang di peruntukan. 

Namun, tidak semua serangga aman bagi peliharaan kamu. Hamster di alam biasanya dapat memakan sejumlah serangga yang berukuran kecil dan aman bagi mereka, itu karena dia yang menginginkan. Tapi lain hal jika di kandang, mereka mendapatkan asupan serangga dari pemberian tuan.

Oleh karena itu sebagai pemilik alias tuan, penting untuk memberikan hammster serangga yang sehat dan tentunya aman.

Berikut beberapa jenis serangga yang bisa kamu berikan pada hamster.

1. Mealworm

Mealworm atau ulat hongkong. Ini adalah larva dari kumbang kuning yang dapat kamu temukan di sejumlah toko pakan burung, reptil atau ikan.

Larva kumbang satu ini memang kerap dijadikan makanan untuk sejumlah peliharaan, mengingat kaya akan nutrsi seperti vitamin, protein dan lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Kamu boleh saja membiarkan hamster makan mealworm, tetapi tetap pada batas dengan sebagai makanan cemilan saja.

2. Jangkrik

Berikutnya ada jangkrik. Jangkrik merupakan sumber makanan yang kaya akan protein, memberikan dalam jumlah sedikit pada hamster bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dalam sepekan agar lebih sehat.

Kamu bisa berikan jangkrik dalam bentuk yang kering ataupun masih hidup, akan tetapi jika yang masih hidup sebaiknya bagian kaki panjang jangkrik di buang agar tidak melukai peliharaan kamu.

3. Belalang

Tidak ada jangkrik tidak masalah, kamu bisa menggantinya dengan serangga pelompat lain seperti belalang.

Ada banyak belalang di sekitar rumah yang hinggap direrumputan yang bisa kamu tangkap dan berikan selagi mentah. 

Tetapi kamu juga bisa berikan hamster 1 ekor jangkrik dalam keadaan kering untuk setiap sepekan sebanyak 1 atau 2 kali.

4. Maggot

Maggot alias belatung lalat. Bukan sembarang lalat, melainkan lalat hitam alias BSF atau dikenal juga dengan nama kumbang/lalat black fly soldier.

Ini merupakan lalat sehat yang tidak menyebarkan penyakit, bahkan faktanya larva mereka merupakan makanan super untuk sejumlah peliharaan seperti hamster, burung, reptil dan ikan hias.

Kamu bisa mencari maggot dalam bentuk kering yang banyak di jual di toko pakan hewan, setelah itu berikan 1 atau 2 ekor maggot sebagai cemilan sesekali.

Nah, itulah beberapa jenis serangga yang boleh kamu berikan pada hamster sebagai cemilan. Meski ada beberapa serangga lain seperti ngengat, laba-laba, semut dan kumbang, tetapi yang terbaik adalah 4 hewan diatas, karena tidak berbahaya dan tidak menyakiti peliharan kamu.

Harap untuk tidak memberikan secara rutin dan berlebihan. Hammster memiliki ukuran tubuh yang mungil, memberikan mereka asupan makanan protein tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan mereka obesitas dan gangguan kesehatan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel