CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Berapa Lama Masa Waktu Ganti Oli Gardan Matic? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Berapa Lama Masa Waktu Ganti Oli Gardan Matic?

gambar oli melumasi mesin gear
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Buat kamu yang memiliki kendaraan scooter matic, pegantian oli gardan dapat dilakukan selama 3 bulan sekali atau 3 kali ganti oli mesin 1 kali oli gardan. 

Standar tersebut jika kamu memakai jenis oli original bawaan resmi pabrik, namun jika kamu memakai oli gardan biasa disarankan 1 atau 2 bulan sekali.

Mengapa? Yuk baca artikel kali ini biar kamu tahu lebih dekat dan mengapa demikian.

Lama Ganti Oli Gardan Matic

Seperti diketahui, masing-masing pabrikan motor mempunyai ambang batas waktu pergantian oli gardan yang berbeda-beda. Namun semua balik lagi tergantung dari tingkat pemakaian serta jenis dan kualitas oli yang dipakai pengguna pada kendaraan tersebut.

Fungsi oli gardan pada dasarnya sama yaitu sebagai pelumasan pada bagian mesin belakang atau box gear transmisi otomatis yang berisikan gear rasio dan bearing.

Walau masa pergantian oli gardan memang cukup lama, tetapi bagian mesin satu ini tetap harus diperhatikan secara berkala.

Pasalnya, jika kamu kurang memperhatikan atau mengabaikan bagian gardan dengan lupa mengganti oli, bahkan hingga kering. Maka hal tersebut akan terjadi efek buruk yang timbul pada bagian sistem transmisi otomatis.

Secara umum gejala kerusakan yang timbul pada bagian box gardan biasanya ditandai dengan suara berisik ketika motor sedang digunakan, dan jika dibiarkan secara terus menerus maka gigi rasio (transmisi) bisa rusak.

Mengganti oli gardan memang tidak sesering saat kamu mengganti oli mesin. Hal inilah yang terkadang menyebabkan seringnya para pengguna motor matic lupa untuk mengganti, bahkan hingga melebihi dari batas waktu yang telah dianjurkan.

Saran waktu ganti oli gardan

Batas aman atau anjuran dari pabrikan untuk masa pergantian oli gardan matic yaitu bekisar antara 7500 - 8000 km atau sekitar 3 hingga 4 bulan pemakaian harian.

Namun patokan itu dapat berubah jika pengguna kendaraan sering keluar kota atau perjalanan tempuh jauh. Serta adapun kondisi dimana kamu harus segera menganti jika terjadi masalah pada bagian gardan seperti kemasukan air dan lain-lain.

Itulah pentingnya mencatat waktu dan tanggal saat sesudah melakukan service berkala di bengkel-bengkel resmi, sehingga para mekanik akan memberi pemberitahuan jika masa waktunya sudah harus ganti.

Menggunakan oli gardan resmi dan terbaik

Oli gardan resmi dari pabrikan serta beberapa pelumas dengan merek tebaik lainnya tentu memiliki spesifikasi dan formula yang bagus dalam dalam memberikan perlindungan mesin. 

Kemampuan ini juga termasuk dalam mencegah gesekan antar besi saat bergerak, membersikan kerak kotoran, mencegah karat serta meredam bunyi kasar.

Oli resmi bawaan motor tentunya mempunyai kualitas diatas beberapa oli gardan biasa yang murah di pasaran. Walau tidak ada masalah jika kamu menggunakan oli gardan biasa selain merek bawaan pabrik, tetapi ada baiknya kamu menganti lebih cepat dari oli resmi.

Contoh, jika kamu menggunakan oli resmi seperti Ahm Oil, Suzuki Oil, Yamalube maka kamu sah-sah saja mengganti oli gardan dalam rentan waktu selama 3 bulan 1 kali (dalam kondisi normal dan tidak terdapat masalah), tetapi jika kamu menggunakan merek biasa yang murah maka sebaiknya diganti lebih cepat sekitar 1 atau 2 bulan sekali.

Hal ini dikarenakan oli biasa dengan berbagai merek terkadang memiliki kandungan mineral dan formula yang tidak bisa bertahan lama dalam melindungi mesin. 

Mengganti lebih cepat juga tidak menjadi masalah, toh harga oli gardan juga tidak terlalu mahal dari oli mesin.

Umumnya oli gardan resmi pabrik dijual dengan harga Rp 16.000 - Rp 20.000 sedangkan oli gardan biasa dijual dengan harga Rp 6.000 - Rp 15.000. Yang pasti ada harga ada kualitas, harga murah masa pergantian mungkin lebih cepat sedangkan harga mahal bisa sebaliknya.

Tetapi yang perlu kamu ingat ialah tidak dengan hanya mengganti oli gardan yang asli kamu bisa lebih tenang, namun kamu harus tetap cek oli gardan secara berkala setiap bulan atau terdapat gejala aneh pada bagian box gardan seperti keluar rembesan oli maupun suara berisik.

Tujuanya ialah hanya untuk memastikan bahwa bagian gardan kamu tidak terdapat masalah serius, terlebih lagi ditakutkan bisa memakan biaya besar karena kerusakan yang tidak terdeteksi lebih awal.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel