CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ciri-Ciri Oli Federal Palsu dan Perbedaanya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ciri-Ciri Oli Federal Palsu dan Perbedaanya

gambar oli pelumas asli dan bukan palsu
Sumber foto : istocphoto
Healty99 - Federal oil merupakan produsen oli universal yang diperuntukan untuk semua tipe kendaraan di jenisnya. Oli satu ini umumnya dapat digunakan pada banyak motor sesuai tipe, contoh seperti federal matic yang dapat digunakan pada jenis kendaraan scooter matic yamaha, suzuki, honda dan lainnya.

Begitupun lainnya meliputi federal ultratec dan federal racing. Namun bagaimana jika oli federal yang kamu gunakan atau sering ganti merupakan oli palsu, apa yang akan kamu lakukan sebagai pemilik kendaran?

Baca juga : Merk Oli Mesin Honda Terbaik

Ketahui Oli Federal Palsu di Pasaran

Yap, oli federal oplosan atau palsu memang banyak beredar di pasaran. Faktanya hal ini pada akhirnya  berdapak merugikan perusahaan resmi sekaligus merugikan konsumen karena oli yang diberikan tidak sesuai.

Parahnya lagi oli palsu tersebut sangat mirip hingga 97% dengan produk asli, baik dari segi kemasan hingga warna oli yang digunakan. Hal ini tentunya akan membingungkan sebagian konsumen awam yang bahkan tidak mengetahui sama sekali.

Oleh karena itu buat kamu yang ingin mengetahui dimana letak perbedaan oli federal palsu dan asli, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Lebel stiker

Cara pertama kamu bisa ketahui dari bentuk lebel atau stiker tempelan pada kemasan. Pada stiker oli asli memiliki cetakan dengan printing berteknologi terbaik, sehingga akan menghasilkan warna yang tidak mudah pudar.

Selain itu warna yang di hasilkan juga lebih terang dan jelas, tulisan, font, tinta atau ketikan terlihat lebih rapi.

Perhatikan juga dari segi pemasangan dan potongan stiker yang jauh presisi, tidak mudah lepas, simetris serta adanya tekstur pada permukaan stiker.

2. Warna oli dan aroma

Oli federal palsu dapat dengan mudah dibedakan dengan melihat warna dan aroma. Pada federal matic warna kuning (bening) cerah, serta jika kamu lihat kedalam botol akan tampak dasar dan konsisten.

Dari segi aroma fedderal matic tidak menyengat dan tidak seperti bau oli yang murah saat di cium.

Untuk jenis federal ultratec, warna oli yang diproduksi ialah merah mudah seperti sirup namun tampak masih tembus pandang jika kamu letakan dalam gelas.

Akan tetapi jika oli palsu umumnya warna akan jauh lebih terang dan tampak encer atau bahkan lebih gelap. Memang sedikit sulit membedakan tapi bagi yang sering menuangkan oli federal ultratec pasti tahu mana yang palsu dan asli hanya dengan melihat warna.

Sedangkan untuk jenis racing paling mudah lagi. Oli federal racing memiliki aroma harum seperti lavender, bening dan tidak keruh.

3. Segel aluminium

Pada oli fedderal asli kemasan segel aluminium terdapat tulisan berupa font federal oil yang jelas. Selain itu segel aluminium tersebut sangat lengket dan tidak akan membuat oli merembes keluar.

Patut kamu curigai jika kamu beli oli yang kemasanya tidak ada segel tulisan federal oil serta tampak ada rembesan oli yang keluar, karena bisa saja itu adalah palsu atau oplosan.

4. QR code

Mengutip dari laman federaloil, cara membedakan oli federal asli dan palsu selanjutnya bisa dengan melihat dari label kemasan secara langsung.

Produk asli memiliki label federal oil sudah terdapat QR code dan logo SNI serta dicetak secara jelas dan tidak mudah terhapus.

5. Harga yang murah

Umumnya oli yang oplosan atau palsu dijual dengan harga yang lebih murah, bahkan bisa miring dari setengah harga jual standar parikan yang telah dikeluarkan.

Jadi jangan tergiur dengan harga oli yang terlalu murah. Mungkin ada yang menjual lebih murah dari bengkel resmi, namun itu tidak lebih dari 2 sampai 3 ribu rupiah per botolnya.

Tetapi yang patut kamu curigai ialah oli yang di jual separuh harga atau jauh lebih murah dari harga normal.

Nah, itulah cara membedakan sekaligus ciri-ciri oli federal palsu atau oplosan yang beredar di pasaran.

Sayangi kendaran kamu dengan menggunakan pelumas original dengan mendapakanya pada bengkel-bengkel resmi atau yang telah bekerja sama.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputa otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel