CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Buah Pepaya [Manfaat, Bahaya dan Cara Memberikan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Buah Pepaya [Manfaat, Bahaya dan Cara Memberikan]

gambar buah pepaya papaya merah
Sumber foto : pixabay/Pezibear
Healty99 - Bolehkah kelinci makan buah pepaya? Jawabnya adalah "Ya" hewan pelompat satu ini bisa mengkonsumsi sejumlah buah-buahan seperti halnya papaya/kates, mengingat ada banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mereka.

Makanan kelincci peliharaan memang terbatas pada beberapa jenis dedaunan, sayuran dan buah-buahan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, pasalnya semua itu bukan berarti tidak cukup.

Baca juga : 11 Penyakit Kelinci Yang Harus Kamu Tahu

Pepaya merupakan buah yang memiliki rasa manis, lembut dan tentunya kaya akan serat pangan yang baik untuk pencernaan. Saat kamu makan pepaya sebagai cemilan, tidak ada salahnya memberikan beberapa potong kecil kepada kelinci peliharaan.

Kelinci Makan Pepaya / Kates

Perlu kamu ketahui, walaupun buah satu ini dapat dimakan oleh peliharaan kamu, tetapi faktanya ada beberapa yang sebaiknya di hindari. Daging buah merupakan bagian terbaik untuk di berikan, karena mengandung banyak nutrisi berupa vitamin dan mineral.

Baca juga : 50 Jenis Ras Kelinci Di Dunia

Bagian yang menjadi perhatian ialah hindari untuk memberikan dalam kondisi mentah dan biji tengah yang berwarna hitam.

Selebihnya kamu bisa memberikan mereka asupan buah pepaya sebagai cemilan untuk variasi makanan sehari-hari mereka.

Manfaat pepaya untuk kelinci

Tidak seperti beberapa buah lain, papaya tidak mengandung gula yang tinggi sehingga tentunya aman dan tidak memicu penyakit seperti diabetes dan obesitas pada peliharaan kamu.

Jika dilihat dari kandungan nutrisi, buah satu ini memiliki serat pangan, sedikit protein, vitamin C, A, B9 dan mineral kalium. Dalam jumlah cukup tentunya pepaya adalah makanan yang baik buat kellinci.

Berikut beberapa manfaat memberikan kelinci buah pepaya yang bisa kamu ketahui.

  1. Membantu mencerna sejumlah mikronutrien yang berasal dari makanan.
  2. Mencegah resiko stress karena kandungan vitamin C.
  3. Mencegah masalah sembelit pada peliharaan kamu.
  4. Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit seperti kudis dan lain sebagainya.
  5. Menurut penelitian manfaat pepaya dapat membantu seseorang mengurangi masalah kardiovaskular dan kanker, ini mungkin juga bisa berefek pada peliharaan.
  6. Vitamin C dapat mencegah resiko stroke, walau jarang terjadi pada kelinci.
  7. Menjaga kekuatan otot, gigi dan tulang.
  8. Vitamin A bisa memerangi masalah gangguan mata sekaligus memperbaiki penglihatan.

Cara memberikan dan berapa banyak kelinci pepaya

Tidak ada cara spesial dalam memberikan pepaya untuk keliinci, tetapi yang pasti jika peliharaan kamu belum pernah makan buah satu ini maka ada baiknya jangan diberikan secara banyak.

Tipsnya ialah cobalah untuk memberi mereka dalam bentuk potongan kecil sebesar sendok makan, tunggu beberapa jam atau jeda waktu sekitar 8 jam untuk melihat reaksi dan apa yang terjadi pada prilaku mereka.

Jika ada ke anehan atau peliharaan kamu merasa tidak nyaman dan tidak mau makan lagi, bisa jadi mereka tidak suka atau bahkan mengalami masalah gangguan pencernaan.

Hentikan pemberian dan berikan mereka makanan seperti biasa, tetapi jika kelinci masih enggan maka cobalah kamu cari tahu permasalahanya.

Dalam memberikan kelinci pepaya / kates, harap untuk tidak memberikan masih dalam bentuk mentah dan biji. Mengapa, buah yang mentah masih terdapat kandungan getah, dan getah tidak baik untuk pencernaan.

Kellinci yang makan banyak getah dari makanan mereka bisa mengalami keracunan dan gangguan pencernaan, bahkan mungkin beresiko menyebabkan kematian.

Berikanlah buah papaya yang sudah matang atau kuning dan tidak terlalu lembek, kupas kulit dan buang bagian biji yang berwarna hitam. Berikan dalam bentuk potongan dadu agar mereka bisa menikmati tanpa ada masalah.

Bahaya pepaya / kates

Kates pada dasarnya bukanlah buah yang beracun ataupun berbahaya bagi kelinci, tetapi kamu tidak bisa memberikan mereka secara utuh dan berlebihan hingga lebih dari makanan utama mereka yaitu dedaunan.

Kelinci yang banyak makan pepaya dalam keseharian bisa menyebabkan mereka terjadi masalah pencernaan, mengingat kandungan serat buah yang sangat tinggi.

Serat memang dibutukan untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan obesitas serta mencegah sejumlah penyakit atau gangguan kesehatan pada usus. Tetapi faktanya terlalu banyak makan serat juga tidak baik untuk kesehatan terkait pencernaan.

Harap berikan mereka dalam persentase yaitu sekitar 20 sampai 30% dari makanan harian mereka dan tidak lebih.

Selain itu letak bahaya atau efek samping mungkin akan terjadi jika kamu berikan biji pepaya yang berwarna hitam dan buah yang masih mentah. Jadi baiknya hindari yang mentah dan bersihkan biji secara menyeluruh.

Pastikan juga bahwa kamu selalu mencuci buah sebelum di berikan, karena ditakutkan bagian kulit buah sudah terkontaminasi zat pestisida yang di sembprotkan para petani dalam mencegah hama. 

Nah, itulah informasi seputar pepaya untuk kelinci yang sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan bagi mereka.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel