CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cukup Ganti Ring Asap Putih Ngebul Langsung Hilang? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cukup Ganti Ring Asap Putih Ngebul Langsung Hilang?

Gambar piston ring dan blok mesin beat fi
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Bisakah motor berasap hanya diatasi dengan ganti ring piston saja? Jika begitu pertanyaanya maka saya menjawab "Tergantung" ada beberapa situasi yang memungkinkan bisa dan tidak.

Seperti yang kita ketahui, penyebab motor berasap putih ngebul itu ada banyak. Namun yang pasti adanya asap dikarenakan terbakarnya oli mesin pada bagian ruang bakar silinder.

Oli masuk keruang bakar karena terdapat kebocoran, entah itu akibat ring piston yang lemah, piston dan dinding silinder baret, packing bocor serta bisa juga karena seal klep rusak.

Oleh karena itu tidak serta merta kamu bisa mengatasi masalah motor berasap putih hanya dengan mengganti ringnya saja, mengingat ada banyak spekulasi yang bisa diketahui.

Ganti Ring Piston

Buat kamu yang ingin mengganti ring piston untuk tujuan mengilangkan asap putih, pada dasarnya hal tersebut adalah sah-sah saja. 

Terlebih lagi setelah di cek gap atau cela ring piston sudah sangat jauh dari standar yang di amankan.

Namun yang jadi pengetahuan ialah ada beberapa syarat yang harus kamu pastikan terlebih dahulu, karena jika hanya sekedar ganti ring saja terkadang tidak cukup untuk menyelesaikan masalah.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu ketahui sebelum ganti ring piston.

1. Dinding silinder tidak lecet

Yang pertama kamu harus memastikan bahwa bagian dinding silinder tidak mengalami kerusakan atau cacat.

Kerusakan dalam artian adalah terdapat goresan, lecet, sompel, baret, bergelombang serta tidak tergerus kasar.

Silinder atau liner terbuat dari bahan material baja kuat, tetapi yang jadi permasalahan ialah jika terdapat goresan sedalam helaian rambut dan cukup terasa mengganjal di kuku tangan, maka sudah pasti tidak disarankan hanya menganti ring saja dalam menghilangkan asap.

Pasalnya oli bisa masuk melalui cela tersebut, walaupun itu goresanya sangat halus.

2. Piston masih dalam kondisi baik

Berikutnya kamu bisa cek pada bagian piston, jika terdapat goresan, sompel dan retakan maka tidak di sarankan hanya mengganti ring piston saja.

Seher atau piston merupakan salah satu komponen yang sangat vital di dalam ruang bakar silinder, jika terdapat retakan, goresan atau bahkan sompel maka kondisi tersebut sudah tidak layak guna.

Jika kamu memaksakan justru hal tersebut akan sia -ia saja karena oli akan tetap merembes ke ruang bakar dan pada akhirnya akan menjadi berasap putih ngebul pada bagian knalpot.

Selain itu, tidak semua piston lama bisa digunakan kembali dengan mencangkok ring baru. Pada kenyataanya kamu juga harus memeriksa cela piston dan silinder.

Pasalnya piston dan silinder yang masih dalam kategori baik ialah tidak oblak, tersangkut dan tidak bunyi.

Piston yang terlalu longgar dengan silinder (liner) jika di paksa pakai justru bisa menyebabkan suara kasar seperti piston banting atau oblak saat mesin menyala.

Oleh karena itu perhatikan bagian piston terhadap liner, terhadap goresan, sompel serta retakan sebelum digunakan kembali.

3. Seal klep

Akan sangat disayangkan tadinya berharap dengan ganti ring bisa menghilangkan asap putih pada motor, tetapi faktanya penyebab oli terbakar bukan hanya di karenakan ring piston atau seher saja yang rusak.

Melainkan juga ada kebocoran pada bagian seal klep, sehingga ada oli yang merembes masuk ke ruang bakar maupun knalpot.

Jadi tipsnya periksa juga pada bagian seal klep, karena ditakutkan seal klep ikut rusak seiring ring piston yang aus akibat pemakaian.

Nah, itulah beberapa poin penting yang bisa kamu perhatikan saat sebelum ganti ring piston motor.

Selain itu, saat melakukan pergantian ada baiknya kamu ganti paking topset agar tidak tidak ada rembesan oli, pompa oli berjalan dengan baik serta mengganti oli mesin tepat pada waktunya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel