CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mitos Burung Ruak-Ruak alias Kareo Padi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mitos Burung Ruak-Ruak alias Kareo Padi

gambar burung ayam-ayam ruak-ruak
Sumber foto : pixabay/sarangib
Healty99 - Mitos merupakan suatu angapan yang pernah terjadi dan dipercayai sebagian orang, umumnya mitos menceritakan tentang masa lampau atau asal-usul yang terkadang sulit diterima nalar karena sebagian besar bersifat gaib.

Sebagai masyarakat Indonesia yang kental akan suku, budaya, sejarah dan agama, mitos terkadang menjadi sebuah pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan.

Terlepas dari benar atau tidaknya tetapi sejarah dari suatu mitos tertentu masih menjadi hal yang menarik untuk di ketahui dan diceritakan, karena terkadang bikin penasaran orang lain.

Seperti yang akan kita cari tahu tentang mitos kali ini, yaitu mitos tentang burung ruak-ruak.

Mitos Burung Ruak-Ruak

Siapa yang tidak tahu dengan ruak-ruak? atau dengan nama lain burung ayam-ayam, kareo padi, roak-roak atau trwuok.

Yaitu hewan sejenis burung liar yang suka berjalan dan bermain air. Secara habitat, hewan satu ini umumnya dapat kamu temukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. 

Tertutama di beberapa tempat seperti yang jauh dari pemukian seperti hutan, kebun, persawahan, rawa-rawa dan sungai.

Mitos burung ruak-ruak memang kerap menjadi pembicaraan segelintir orang, terutama yang hobi berburu alias hunting. Bahkan di setiap daerah ada mitos dan kepercayaannya tersendiri.

Lantas apa saja sih mitos tersebut? Nah, buat kamu yang penasaran, berikut beberapa cerita menarik yang berbau goip tentang hewan satu ini dari beberapa kalangan masyarakat.

1. Terkait dengan orang bunian

Orang bunian merupakan sebuah mitos tentang mahluh gaib berbentuk manusia yang berasal dari Melayu di Sumatra. Konon, bunian memiliki kampung tersendiri yang tidak bisa di lihat oleh manusia dan biasa berada di hutan pedalaman.

Sedangkan burung ruak-ruak merupakan burung yang tidak hidup di pemukiman warga, melainkan hidup di kawasan yang jauh dari manusia. 

Sejumlah mitos mengatakan bahwa tempat dimana banyak roak-roak bermain dan tinggal ada kaitanya dengan pemukiman orang bunian ataupun tepat aktivitas mereka.

2. Terkait dengan mahluk halus

Selain keterkaitan dengan orang bunian, burung ruak juga dikaitkan dengan sejumlah mahluk halus seperti jin dan lain sebagainya. 

Menurut cerita yang beredar dari kalangan para pemburu burung liar. Saat hunting terutama di waktu sore hingga malam, terkadang mendapatkan gangguan tidak terduga di lokasi.

Entah itu suasana yang terasa angker atau sekelebatan mahluk tak kasat mata maupun hal-hal ganjil lainnya.

Jika kita mengikuti orang jaman dahulu seperti primbon jawa, memang ada pantangan untuk keluar rumah di waktu sore, magrib dan malam, karena jam-jam tersebut di yakini adalah jam mahluk halus seperti jin dan lainnya keluar.

Terlebih lagi itu di hutan dan beberapa tempat yang ada sumber airnya yang mana memang kerap menjadi tempat bermain atau tinggal dari burung ruak alias kareo padi. 

Sehingga konon jika kita dilokasi tersebut maka akan mengganggu dan keberadaan kita tidak di inginkan mahluk gaib di sana.

3. Kesukaan ibu hamil

Cerita lainnya ialah burung roak-roak merupakan makanan yang paling di sukai oleh ibu hamil. Entah benar atau tidaknya tetapi tidak semua ibu hamil yang mau memakan hewan satu ini.

Tetapi faktanya, ada beberapa orang yang mempercayai hal tersebut dan banyak menjual makanan ataupun bentuk hidup burung ruak-ruak jika di butuhkan oleh ibu hamil.

Nah, itulah beberapa mitos burung ruak-ruak yang beredar di kalangan banyak masyarakat dan menjadi cerita hingga kini.

Terlepas dari benar atau tidaknya itu semua adalah kepercayaan masing-masing. Beberapa pantangan bisa saja di buat untuk menjaga keselamatan kita di lokasi yang tidak kita ketahui serta untuk selalu menjaga dan melestarikan alam.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar burung satu ini. 

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel