CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bisakah Fuel Pump Diganti Bagian Saringan dan Rotaknya Saja? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bisakah Fuel Pump Diganti Bagian Saringan dan Rotaknya Saja?

gambar rotak dan saringan bensin motor beat
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Apakah bisa komponen fuel pump diiganti bagian rotak (dinamo) dan saringan minyaknya saja? Jawabnya tentu saja bisa, namun untuk beberapa kondisi. Buat kamu yang ingin tahu mengenai perkara kali ini, atau ingin mencoba mengganti salah satu bagian komponen tersebut.

Cobalah baca artikel ini sampai selesai, siapa tahu sedikit banyaknya bisa membantu kamu.

Baca juga : Daftar Kode Kerusakan Lampu Mill Honda

Bisakah Rotak Fuel Pump dan Saringanya Diganti

Sebelum itu, perlu kamu ketahui bahwa fuel pump atau yang biasa kita kenal juga dengan nama pompa injeksi alias pompa bensin memiliki beberapa rangkaian yang tersusun. 

Salah satu rangkaian tersebut ialah terdiri dari rotak / dinamo, saringan, seal, pelampung bensin, sensor indikator volume BBM serta housing / case.

Baca juga : Motor Mio Injeksi Sering Mati Saat Di Bawa Sebentar dan Pada RPM Rendah

Akan tetapi kali ini kita hanya akan membahas tentang rotak atau dinamo serta saringanya saja. Lantas apakah komponen tersebut bisa di ganti? Sudah pasti bisa, akan tetapi sebelum itu ada alasan mengapa harus kamu ganti dan di perhatikan.

Rotak dan saringan merupakan bagian fuel pump yang sering diganti, terlebih lagi jika memang ada masalah pada bagian tersebut. 

Namun sebelum kamu ganti dengan yang baru, ada baiknya ketahui dahulu apa penyebab dari kerusakan tersebut dan mengapa bisa terjadi. Sehingga nantinya kamu tidak salah mengganti yang seharusnya tidak perlu.

Rotak (dinamo)

Rotak alias dinamo pompa bisa mengalami kerusakan atau penurunan daya fungsinya, salah satu bentuk gejalanya ialah tekanan atau semburan yang sudah mulai melemah dikarenakan komponen didalam sudah tidak bekerja dengan baik.

Bahkan beberapa kasus rotak yang rusak juga tidak mau menyala, oleh sebab itu kamu bisa mengganti bagian satu ini dengan membeli isi bagian dalam fuel pump yaitu rotak (dinamo) nya saja dengan harga 100.000 hingga 250.000.

Cara gantinya cukup mudah, pertama kamu harus melepas pompa dari tangki motor secara keseluruhan, setelah itu cabut soket dan buka housing (case) secara perlahan, kemudian rotak sudah bisa dilepaskan dan dipasang lagi dengan yang baru.

Rotak alias dinamo yang sudah mati atau daya hisap dan tekanan yang sudah melemah tidak bisa di perbaiki, karena cukup sulit untuk di bongkar dan melihat rakitan didalamnya. 

Itulah sebabnya banyak para teknisi langsung menganti saja jika terdapat indikasi kerusakan pada bagian pompa.

Saringan bensin

Bagian yang sering di service dan diganti dari bagian fuel pump selanjurnya ialah saringan bensin. Sesuai namanya part satu ini hanya berfungsi sebagai saringan, yaitu mencegah kotoran di dalam tangki tersedot masuk kedalam rotak serta mencegah penyumbatan pada bagian injektor.

Saringan bensin atau saringan pompa injeksi sering kali mengalami kotor, bahkan terkadang diperlukan pergantian berkala jika kotoran sudah benar-benar menumpuk.

Jika saringan terdapat banyak kotoran, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap semburan rotak yang menjadi lebih lemah. 

Itulah sebabnya sebelum kamu mengganti rotak ada baiknya periksa terlebih dahulu saringan bensin dan pastikan permasalahan secara baik-baik.

Karena beberapa kasus melemahnya semburan fuel pump paling sering di sebabkan saringan yang terlalu kotor.

Selain itu dari segi harga tentu saringan jauh lebih murah ketimbang rotak (dinamo) yaitu sekitar 10.000 hingga 90.000 tergantung merk dan diluar jasa pasang.

Nah, itulah bagian fuel pump atau pompa injeksi yang paling sering diganti alias di service rutin. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel