CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Merawat Anakan Burung Pipit yang Masih Kecil - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Merawat Anakan Burung Pipit yang Masih Kecil

gambar burung pipit
Sumber foto : istock
Healty99 - Dalam merawat anakan burung pipit atau emprit yang masih kecil (bayi) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat jenis burung lainnya. Akan tetapi buat yang belum mengetahui atau mengalaminya mungkin hal tersebut akan menjadi perkara yang cukup membingungkan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara merawat sekaligus memelihara anakan burung pipit yang masih kecil atau baby.

Cara Merawat Anakan Burung Pipit

Hal yang menjadi perhatian lebih ialah, setiap bayi membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang mereka.

Di sisi lain, lingkungan yang aman serta nyaman juga mendukung mereka dapat bertahan hidup dari cuaca dingin yang menyerang. Setidaknya berikut beberapa point penting yang harus kamu ketahui.

1. Tempat / kandang

Anakan burung yang belum tumbuh bulu sangat rentan mati karena perubahan suhu, terutama terhadap suhu dingin.

Oleh karena itu di alam liar mereka selalu berada disangkar yang terbuat dari jerami atau ilalang dan di erami indukan mereka supaya mendapatkan suhu yang hangat.

Akan tetapi karena ini di pelihara, maka pastikan kamu membuat sarang atau kandang mereka senyaman mungkin, salah satunya ialah dengan mastikan suhu temperatur, kelembaban serta kenyamanannya.

Suhu kandang yang ideal ialah 30 sampai 35 derajat Celcius dengan kelembaban inkubator 70% – 85.

Jika kamu tidak memiliki alat untuk menentukan suhu dan tingkat kelembaban, maka kamu bisa menerapkan dengan cara membuat kandang kotak berukuran 30x30 dari kardus, papan atau triplek.

Setelah itu beri lubang ventilasi sedikit, lampu pijar 5watt serta letakan air ke dalam wadah kecil dan letakan di sudut dalam kandang.

2. Beri alas tidur

Untuk alas tidur anakan burung pipit kamu bisa memberikan tumpukan ilalang ataupun jerami yang sudah kering.

Namun jika itu menyulitkan kamu maka bisa diganti dengan kapas, kain ataupun serbuk kayu.

Pastikan alas tersebut tidak menyulitkan atau bahkan menyusahkan mereka untuk bergerak.

3. Pemberian pakan

Pemberian pakan adalah hal yang terpenting dalam memeliharan hewan, termasuk itu anakan burung karena mereka rentan lapar.

Meski kapasitas perut mereka tidak banyak, tetapi setidaknya kamu harus 5 sampai 7 kali dalam sehari untuk memberikan pakan mereka.

Untuk jenis pakan yang bisa kamu berikan ialah berupa bubur atau pakan starter yang banyak di jual di toko hewan, atau alternatifnya ialah bisa dengan memberikan biji-bijian seperti milet yang sudah di haluskan terlebih dahulu dan di beri air.

Berikan mereka pakan secara perlahan sedikit demi sedikit, jika mereka sudah merasa kenyang biasanya tidak akan membuka mulut lagi atau merasa lebih tenang.

Nah, itulah tips sekaligus cara merawat anakan burung pipit (emprit) yang masih kecil atu bayi.

Note : Perlu kamu ketahui jangan mengambil secara paksa anakan burung dari sangkar mereka, prilaku tersebut hanya akan membuat idukan stres karena merasa kehilangan.

Selain itu jika kamu menemukan anakan burung jatuh, hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah mengembalikan ke dalam sarang mereka, terlebih lagi jika kamu melihat indukan mereka di atas pohon.

Namun jika kamu mendapati anakan burung yang tidak diketahui dimana letak sarang mereka, maka sah-sah saja dipelihara hingga besar.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar burung pipit.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel