CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daftar Pakan Terbaik untuk Kura-Kura Brazil Dewasa - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Daftar Pakan Terbaik untuk Kura-Kura Brazil Dewasa

gambar kura-kura brazil
Sumber foto : pixabay/53084
Healty99 - Kura-kura brazil atau dikenal juga dengan nama red-ear slider, yaitu salah satu spesies kura-kura yang diketahui berasal dari selatan Amerika Serikat. Ciri khas mereka ialah memiliki warna tempurung campuran antara hijau dan kuning yang cukup mencolok.

Kura-kura brazil menjadi populer karena ke eksotisanya sebagai hewan peliharaan di perkarangan rumah atau di dalam tangki aquarium. Selain itu, daya tahan fisik mereka yang kuat terhadap lingkungan menjadi pilihan terbaik untuk pemula yang ingin memeliharanya.

Makanan Kura-Kura Brazil Dewasa

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai sejumlah pakan terbaik serta yang bagus untuk mereka, sehingga nantinya dapat tumbuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

1. Daging ayam

Yang pertama ada daging ayam. Kamu bisa memberikan beberapa potongan daging ayam sesuai porsi besar dari tubuh mereka.

Daging merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang bagus untuk pertumbuhan kura-kura.

2. Daging & kulit sapi

Selain ayam, sumber protein berikutnya bisa di dapat dari memberikan daging ataupun kulit sapi mentah.

Daging sapi juga mengandung zat besi sekitar 2,5 - 3,5 mg/100 gram nya. Ini sangat bagus mengingat zat besi baik untuk pertumbuhan tulang, otot serta cangkang agar tetap kokoh.

3. Ikan

Di alam liar, ikan merupakan makanan incaran bagi kura-kura brazil dan lainnya. Sejumlah ikan kecil yang tidak waspada bisa dilahap dalam persekian detik oleh kura-kura.

Hampir segala jenis ikan yang tidak beracun bisa menjadi makanan utama hewan bercangkang ini, tetapi saya sarankan untuk memberi ikan dengan ukuran kecil seperti guppy, tetra, nilem ataupun daging ikan tanpa duri besar.

4. Udang

Tidak ada ikan maka udang pun jadi. Undang memiliki kelebihan, salah satunya ialah menjadikan tempurung kura kura lebih berwarna cerah.

Akan tetapi baiknya kamu jangan berikan potongan udang terlalu banyak di setiap hari, dan lebih tepatnya dijadikan cemilan saja per setiap satu minggu.

5. Siput

Siput, keong, kerang dan hewan bercangkang keras ini pada dasarnya bisa menjadi pakan alternatif untuk kura-kura brazil.

Kelebihan pakan ini ialah bisa menjadi sumber protein, serta memiliki manfaat dalam membantu penyembuhan luka.

Namun jika kamu hendak menghadirkan siput sebagai pakan kura kura brazil, ada baiknya pecahkan cangkang siput terlebih dahulu. Kemudian bersihkan dari kotoran dan ambil bagian dagingnya saja.

6. Serangga

Berikutnya adalah serangga. Hewan tidak bertulang belakang ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi, ini sangat cocok untuk pertumbuhan kura-kura dan meningkatkan kekerasan cangkang mereka.

Ada beberapa jenis serangga yang bagus untuk kura-kura brazil, contohnya seperti jangkrik, belalang, ulat mealworm, kumbang dan masih banyak lagi.

7. Sayuran dan dedaunan

Kura-kura sejatinya adalah omnivora, mereka dapat memakan sejumlah jaringan tumbuh-tumbuhan dan beberapa pakan organik lainnya.

Memberikan dedaunan ataupun sayuran sangat baik untuk sistem pencernaan mereka, salah satu mafaatnya ialah mencarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh mereka, mengurangi stres, menjaga berat tubuh, mejaga kesehatan mata dan lain-lain.

8. Tanaman air

Di alam liar kura-kura kerap mengkonsumsi sejumlah tanaman air. Mereka memakanya terkadang akibat sulit mendapatkan mangsa atau memang karena menginginkanya.

Adapun beberapa jenis tanaman air untuk kura-kura yang bisa kamu berikan diantaranya ialah azolla, eceng gondok, talas air, kangkung air dan genjer.

9. Cacing

Cacing merupakan pakan yang mengadung protein paling tinggi. Jenis cacing tanah merupakan makanan yang paling mudah di cerna oleh hewan betempurung ini.

Cacing juga tinggi zat besi dan asam amino yang bagus untuk tumbuh kembang serta mendapatkan tubuh yang ideal.

10. Telur

Jika menurut kamu cukup sulit untuk mendapatkan asupan protein seperti yang telah di sebutkan di atas, maka alternatifnya kamu bisa memberikan telur sebagai sumber protein untuk kura-kura brazil peliharaan kamu.

Tetapi yang pasti berikan telur ayam yang sudah dalam kondisi direbus dan matang sempurna. Selain itu harap untuk tidak dihidangkan setiap hari, mengingat telur tinggi protein dan lemak.

11. Buah

Beberapa jenis buah-buahan bisa menjadi teman diet untuk hewan bertempurung ini. Lagipula buah merupakan makanan yang menyehatkan, kaya nutrisi dan pastinya mineral.

Memberikan kura-kura makanan buah bisa mencegah mereka mengalami dehidrasi, sembelit, masalah otot, stres dan kekurangan gizi.

Oleh karena itu pastikan kamu memberikan sedikit potongan buah-buahan ke dalam wadah mangkuk makanan mereka.

Nah, itulah beberapa makanan kura kura brazil dewasa terbaik yang bisa kamu berikan.

Baca terus informasi lainnya di healt99.com seputar hewan tempurung keras ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel