CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Buah Nanas? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Buah Nanas?

gambar buah nanas telah di potong
Sumber foto : pixabay/Hans
Healty99 - Nanas merupakan salah satu buah yang paling banyak dinikmati saat cuaca sedang panas, mengingat ia memiliki rasa yang manis asam segar yang bisa dijadikan pelepas dahaga. Namun terlepas dari kenikmatan makanan buah satu ini, lantas apakah nanas termasuk buah yang boleh dimakan hamster? 

Perlu kamu ketahui, hamster pada dasarnya boleh saja makan nanas. Tetapi pada kenyataanya ada banyak hal-hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum meletakan ke dalam wadah makanan mereka.

Baca juga : Penyebab Ekor Hamster Basah Dan Cara Mengobatinya

Sebuah fakta bahwa nanas mengandung gula dan asam buah yang cukup tinggi. Hal ini lah yang membuat mengapa kamu tidak boleh memberikannya dalam jumlah banyak pada peliharaan.

Bahkan sangat di sarankan untuk tidak memberikan pada hamster setiap hari, tetapi se-sekali sebagai cemilan tidak masalah. 

Berapa banyak hamster boleh makan nanas?

Hanya karena hammy dapat menikmati potongan nanas yang berair dengan sangat lahap, hal tersebut bukan berarti mereka boleh memakannya sesuka hati. Sebagai pemilik tentunya kamu harus hati-hati dengan membagi porsi makanan mereka dengan berdasarkan besar tubuh.

Baca juga : Daftar Pakan Hamster Yang Direkomendasikan

Pasalnya hewan pengerat satu ini memiliki ukuran yang berbeda tergantung pada jenisnya, ada aturan dimana kamu harus ikuti saat memberikan pakan. Tipsnya, cobalah lihat ukuran kaki hamster kamu, kemudian potongan nanas yang kamu berikan dengan ukuran itu.

Walau terlihat kecil dan mungkin peliharaan kamu tidak merasa puas, tetapi ini adalah porsi yang terbaik untuk memberikan reaksi pada mereka terhadap suatu makanan yang baru. 

Jika tidak ada reaksi yang mencurigakan atau gejala yang merubah prilaku hamster saat di beri potongan nanas selama 8 jam, maka kamu bisa tingkatkan porsi potongan menjadi dua kali lipat.

Baca juga : 4 Jenis Pakan Serangga Yang Baik Untuk Hammy

Cara memberikan nanas pada hamster

Jika hendak memberikan buah satu ini pada peliharaan berbulu kamu, maka yang terbaik adalah memberikan daging buah yang berwarna kuning, bebas kulit serta bersih. 

Bagian tengah dan kulit nanas tidak bagus untuk kesehatan hammy karena bisa menyebabkan mereka tersedak dan terluka saat makan.

Selain itu, hindari juga memberikan dalam jumlah banyak. Cukup berikan 3 kali dalam seminggu itu sudah lebih dari cukup sebagai cemilan.

Baca juga : Ciri-Ciri Hamster Sedang Stress

Manfaat nanas bagi hamster

Hammy sama seperti manusia dimana ia juga bisa mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi buah bermahkota ini. Ada banyak manfaat dan nutrisi yang bisa di dapat jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar.

Manfaat nanas untuk hamster antara lain ialah bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka terhadap penyakit kulit dan lain sebagainya. 

Nanas juga mengadung serat pangan yang tentunya dapat memberikan manfaat melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.

Baca juga : 9 Penyebab Mengapa Induk Hammy Mau Makan Anaknya

Bahaya nanas bagi hamster

Nanas pada dasarnya tidak beracun bagi hamster, tetapi porsi yang tidak sesuai dengan tubuh mereka justru akan mengganggu kesehatan.

Namun jika kamu tetap berpegang dengan memberikan nanas sebesar ukuran kaki hammy sebagai tolak ukur pemberian, itu seharusnya tidak menjadi masalah bagi kesehatan mereka. 

Sebagai contoh, adapun beberapa bahaya buah nanas bagi hamster jika terlalu sering di berikan.

Baca juga : Cara Merawat Anak Hamster Yang Di Tinggal Induk

  • Meningkatkan berat badan dan obesitas karena kandungan gula yang tinggi.
  • Gangguan pencernaan karena buah mengandung tinggi air, zat asam dan serat.
  • Masalah Gizi diakibatkan karena terlalu banyak nanas bisa menghilangkan sejumlah nutrisi penting dari makanan lain.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel