CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kelinci Makan Jagung? [Manfaat dan Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kelinci Makan Jagung? [Manfaat dan Bahaya]

gambar kelinci lagi makan jagung
Sumber foto : pixabay/karin_van_Duke
Healty99 - Jagung merupakan salah satu makanan pokok alternatif karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu jagung juga sangat mudah diolah menjadi makanan, baik itu dalam bentuk bulir kering, muda ataupun baru di panen.

Kita manusia dapat dengan mudah mengkonsumsi jaagung dan produk olahanya, tetapi bagaimana dengan peliharaan kita? Dapatkah kelinci makan jagung?

Baca juga : Obat Scabies Untuk Kelinci

Nah, buat kamu yang penarasan dan ingin membagikan makanan satu ini. Sebaiknya simak artikel ini sampai selesai, siapa tahu sedikit banyak bisa membantu kamu.

Kelinci Makan Jagung

Meski tanaman satu ini diklasifikasikan sebagai salah satu biji-bijian dan sayuran, tetapi j.agung sebenarnya hanyalah rumput versi yang sangat besar, bahkan sangat mirip dengan jerami yang sering dimakan kellinci.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Mengalami Ketakutan Dan Stres

Lantas apakah karena kemiripan tersebut kelinci boleh makan jagung? Jawabnya adalah 'Tidak', jaagung merupakan pengecualian dari makanan keliinci yang boleh dimakan dari jenis rerumputan.

Dalam artian lain kelinci tidak boleh makan jangung sebagai asupan pokok mereka. Simak selengkapnya mengapa tidak boleh diberikan.

Kelinci tidak boleh makan jagung

Jagung merupakan salah satu spesies teosinte, yaitu klasifikasi rerumputan yang menghasilkan biji dalan genus zea. Tanaman satu ini berasal dari Meksiko tengah, secara asal jaggung tidak banyak berubah dari awal nenek moyangnya hingga saat ini yang kita kenal.

Baca juga : Bagaimana Cara Kelinci Mengenali Majikan Supaya Jinak

Setelah mengalami ribuan tahun pembiakan selektif dan domestikasi, seluruh susunan genetik dari tanaman jaguung manis telah berubah.

Ini berakibat pada kulit biji jagung mengandung polisakarida komplek, salah satu zat yang tidak dapat dicerna sepenuhnya oleh pencernaan kelinci.

Manfaat

Meski untuk jenis jagung panen, putren atau baby corn memiliki sejumlah nutrisi baik dari segi vitamin dan mineral yang memang dibutuhkan oleh peliharaan kamu, tetapi faktanya manfaat dan efek samping bisa sama-sama imbang.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Merasa Kedinginan

Bahkan efek samping mungkin bisa berdampak lebih besar daripada manfaat yang didapat.

Manfaat jagung hanya bisa dirasakan oleh manusia karena pencernaan kita bisa dengan mudah mengolah karbohidrat menjadi sumber energi sehari-hari.

Bahaya dan efek samping

Secara umum sistem pencernaan kelinci dapat mengatasi makanan yang berasal dari tanaman mentah dalam jumlah besar. Tetapi jika seekor keliinci mengkonsumsi sesuatu yang tidak dapat dicerna oleh pencernaan mereka maka bisa berakibat fatal.

Baca juga : Ketahui Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Ini berlaku pada jangung, dalam jumlah kecil sayuran satu ini bisa mematikan bagi peliharaan kamu, mulai dari impaksi usus hingga stasis Gi.

Bahkan ini juga bisa memicu gangguan pencernaan serius, oleh karena itu jagung bukanlah makanan yang cocok untuk kelinci. Jadi jagan berikan.

Selain itu adapun beberapa alasan lain yang bisa kamu ketahui, berikut di antaranya.

  1. Jagung memiliki profil nutrisi tinggi karbohidrat "kosong" yang artinya tidak dibutuhkan dan bermanfaat bagi kelinnci.
  2. Rendah akan vitamin dan mineral.
  3. Resiko pestisida, mengingat tanaman banyak di serang hama sehingga petani kemungkinan menyemprotkan racun serangga.
  4. Bagian sekam dan bonggol mengandung mikotoksin yang memungkinkan berbahaya bagi peliharaan kamu.

Bagaimana dengan jagung rebus?

Sama saja, kelinci tidak bisa memakan jagung rebus untuk beberapa alasan, berikut diantaranya.

1. Kandungan tidak banyak berubah

Baik dalam bentuk mentah maupun masak sayuran satu ini tidak memiliki banyak perubahan kandungan senyawa. Polisakarida (karbohidrat) dalam jagunng tidak dapat dicerna oleh keliinci.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Bahkan jika itu dimasak dalam waktu lama tidak akan memecahnya. Jadi dalam bentuk matang sayuran sama saja berbahaya dan tidak aman bagi peliharaan kamu.

2. Makanan yang dimasak tidak bagus

Secara alami hewan tidak bisa memasak, pencernaan mereka didesain untuk mengkonsumsi sejumlah makanan mentah, baik itu buah maupun sayuran.

Baca juga : Cara Mengatasi Kelinci Yang Tampak Lemah & Lesu

Makakan yang dimasak seperti jangung bisa menyangkut di gigi kelinci, selain itu makanan yang dipanaskan juga bisa meningkatkan resiko masalah serius seperti infeksi mikroba pada usus dan gangguan pencernaan lainnya.

Bagaiman jika sudah terlanjur termakan

Pada dasarnya kelinci sangat tertarik dengan rasa jaagung karena rasanya yang manis dan sedikit berair. Namun sebenarnya makanan satu ini tidak seharusnya ada didalam mangkung mereka.

Baca juga : Ketahui Yang Menjadi Penyebab Mengapa Kelinci Menjadi Gemetaran

Tetapi jika peliharaan kamu sudah makan jagung, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tanda-tanda atau gelaja gangguan pencernaan.

Ini juga termasuk gejala seperti kembung, gas, sembelit, dan tidak mau makan untuk beberapa waktu kedepan.

Oleh karena itu jika terdapat beberapa tanda diatas, maka ada baiknya bawa peliharaan kamu ke klinik hewan untuk diberi bantuan medis dan mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Baca juga : Tanda-Tanda Dan Indikasi Kelinci Yang Mau Mati

Bagaimana dengan jagung kering?

Jaagung kering pada dasarnya sama saja dengan yang basah atau baru dipanen, terutama dari segi kandungan karbohidrat dan nutrisi yang ada didalamnya. Hanya saja perbedaan ada pada tingkat kekeringan dan kandungan air jauh jauh berkurang.

Selain itu kelinci juga tidak memiliki pencernaan yang baik dalam menggolah biji-bijan kering. Mengkonsumsi biji-bijian bisa meningkatkan resiko masalah sembelit dan masalah pencernaan.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Merasa Kepanasan

Bagaimana dengan jagung muda?

Hal yang sama juga berlaku pada jaagung muda, pucuk, baby corn atau putren. Meski kandungan mineral dan nutrisi lebih baik ketimbang bentuk yang siap di panen, tetapi sama saja ada banyak makanan yang jauh lebih baik daripada ini.

Sebaiknya hindari juga jagung muda, karena memiliki kandungan karbohidrat yang sulit untuk di cerna peliharaan kamu.

Baca juga : Penyebab Kelinci BAB Mencret & Cara Mengatasinya

Singkatnya, jagung pada dasarnya tidak menyebabkan kematian secara langsung, tetapi ada baiknya tidak memberikan pakan satu ini pada kelinci.

Masih ada banyak makanan lain yang aman bagi mereka disekitar kita, misalnya seperti batang kangkung, buah pepaya atau daun pepaya, daun pisang, timun serta seperti wortel dan sebagainya,.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel