CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Stres dan Ketakutan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Stres dan Ketakutan

gambar kelinci harleyquin
Sumber foto : istock
Healty99 - Menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan memang bisa menjadi pilihan yang tepat, selain bentuk mereka yang lucu, menggemaskan kelinci juga bisa jadi teman yang ramah buat anak-anak.

Saat kita memiliki peliharaan, tentu sebagai tuan harus memberikan mereka pakan yang sehat dan aman. Selain itu penting juga untuk merawat peliharaan tersebut baik dengan cara membersihkan kandang atau tubuh mereka.

Hal ini bertujuan supaya keliinci selalu dalam keadaan sehat dan tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Baca juga : Penyebab Kelinci Mencret Dan Cara Mengobatinya

Perawatan memang sangat penting, tetapi ada yang jauh lebih penting lagi yaitu mengetahui gejala atau ciri-ciri perilaku peliharaan yang berubah. Mengingat kita tidak mengerti bahasa mereka, jadi kita harus bisa mengetahui tingkah laku kellinci saat mereka sedang dalam masalah.

Seperti pada kesempatan kali ini dimana akan membahas ciri-ciri atau gejala kelinci sedang stres dan ketakutan.

Ciri-Ciri Kelinci Stres & Ketakutan

Stres pada peliharaan bisa berdapak buruk secara langsung, mengingat sama seperti manusia saat stres kita rentan sakit dikarenakan daya tahan tubuh menurun.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Yang Lagi Pingsan Dan Tidur

Kelinci yang sedang stres bisa meningkatkan resiko mereka terserang penyakit dan gangguan kesehatan, bahkan untuk kasus yang parah bisa berakhir pada kematian.

Oleh karena itu kamu harus bisa mengetahui ciri-ciri atau gejala kelinnci yang sedang mengalami stres dengan tujuan untuk lebih megerti bahwa mereka sedang tidak nyaman sekaligus pencegahan terhadap segala sesuatu yang mengancam peliharaan kamu.

Berikut beberapa ciri-ciri atau gejala kelinci sedang mengalami stress & ketakutan.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Di Rawat Dan Harganya

1. Berlarian

Pertama bisa diketahui dengan prilaku mereka yang berlarian kesana-kemari saat kamu dekati.

Meski ini tidak bisa menjadi patokan pasti mengingat kelinci merupakan hewan yang aktif dan suka bermain.

Tetapi jika mereka berlarian tanpa sebab secara tiba-tiba dengan perilaku yang tidak wajar, maka bisa di indikasi bahwa peliharaan kamu merasa tidak nyaman dilokasi tersebut dan merasa was-was.

Baca juga : 11 Penyakit Kelinci Dan Cara Mengobatinya

2. Detak jantung meningkat

Mungkin kamu pernah melihat kondisi keliinci yang saat di sentuh atau dipeggang detak jantung mereka menjadi lebih cepat atau berdebar-debar, nafas terengah-engah dan selalu berontak saat diangkat.

Jika ia maka sebaiknya kamu hindari mendekati mereka dan biarkan bebas untuk sesaat, karena itu merupakan salah satu indikasi atau ciri-ciri kelinci tidak suka.

Meski detak jantung kelinci lebih cepat 2 kali dari manusia, tetapi kita pastinya tau bahwa detak jantung yang normal tidak akan begitu terasa hanya dengan memegang bagian tubuh mereka.

Baca juga : Daftar 50 Jenis Ras Kelinci Pedaging Dan Hias

Oleh karena itu detak jantung yang meningkat seperti berdebar-debar saat kamu peggang, maka bisa jadi mereka mengalami ketakutan, kecemasan dan merasa tidak nyaman.

Jika ini terjadi terus menerus dan peliharaan merasa sampai tergganggu, bukan tidak mungkin akan mengalami stres.

3. Tidak mau makan

Berikutnya bisa kamu ketahui dengan menurunya nafsu makan secara mendadak. Kurangnya nafsu makan atau bahkan hingga tidak mau makan merupakan salah satu ciri-ciri adanya masalah pada peliharaan kamu, mulai dari sakit, ketakutan hingga stres.

Ini bisa menjadi problem yang besar jika kelinci kamu tidak mau makan selang beberapa hari, mengingat jika mereka tidak makan maka tidak ada asupan nutrisi yang terpenuhi, sehingga pada akhirnya bisa memicu masalah kesehatan dan penurunan daya tahan tubuh.

Hal yang harus kamu lakukan ialah segera ambil tidakan untuk memeriksakan peliharaan ke dokter hewan, dengan begitu kamu bisa mengetahui apa penyebab dan mengapa keelinci tidak mau makan.

4. Selalu bersembunyi

Selain perilaku suka berlari-larian, salah satu ciri-ciri kelinci sedang stres dan ketakutan selanjutnya ialah tidak mau menampakan diri dihadapan orang lain serta selalu sembunyi di lubang maupun sudut kandang.

Sikap seperti ini menunjukan bahwa mereka merasa takut, tidak nyaman atau bahkan merasa bahwa lokasi tidak aman akibat adanya ancaman.

5. Perubahan pada feses / kotoran

Perubahan feses atau kotran pada kellinci bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang mengalami stres, meski beberapa diantaranya bisa disebabkan masalah kesehatan atau infeksi penyakit, tetapi yang pasti bahwa hal tersebut adalah tidak normal.

Salah satu bentuk perubahan feses ialah kelinci mengalami mencret akibat tidak mau makan tetapi hanya minum saja, sembelit serta tidak bab dalam beberapa waktu.

Penyebab Kelinci Stres dan Ketakutan

Selain ciri-ciri dan gelaja yang ditampakan, kamu juga harus mengetahui apa penyebab dan mengapa peliharaan kamu bisa mengalami stres dan ketakutan.

Dengan begitu kamu bisa melakukan pencegahan dan memberikan penaganan yang tepat. Berikut beberapa kemunkinan besar penyebab kelinci bisa stres.

1. Suara berisik

Hewan pengerat satu ini kurang menyukai suara berisik dari lingkungan sekitar, hal tersebut juga berlaku pada suara kendaraan, suara orang, suara hewan lain atau beberapa benda dengan sura bising lainnya.

Kelinci memiliki pendengaran yang sensitif dan tidak tahan terhadap suara berfrekuensi tinggi.

Suara yang terlalu bising dapat menyebabkan mereka merasa kurang nyaman dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman.

2. Keramaian

Selain suara bising, keliinci juga tidak menyukai keramaian. Entah itu keramaian pada sesama jenis mereka disatu kandang atau karena keramaian akibat manusia yang bermain dengan mereka.

Sebagai contoh beberapa ras kelinci ada yang tidak menyukai akan kehadiran manusia sehingga mereka tidak menyukai adanya mahluk lain di lokasi mereka. Ini bisa terjadi jika mereka sebelumnya liar dan tidak jinak terhadap manusia.

3. Hewan lain

Kehadiran hewan lain yang tidak sejenis bisa membuat kelinci merasa takut, cemas dan pada akhirnya mengalmi stres berkepanjangan.

Secara alami setiap hewan memiliki tingkat kewaspadaan tersendiri, mereka akan meningkatkan kewaspadaan secara alami terhadap lingkungan sekitar dan ancaman dari predator.

Ini normal karena dialam liar kelinci harus waspada terhadap predator seperti serigala, rubah, anjing hutan dan lain sebagainya.

Tetapi jika itu dipelihara dan kewaspadaan mereka selalu terjaga maka itu tidak bagus, karena bisa saja menandakan mereka stres akibat ketakutan.

4. Perebutan kekuasaan

Kelinci merupakan salah satu dari sekian banyak hewan yang bersifat teritorial, artinya mereka harus mempertahankan tempat habitat atau kawasan yang ditinggalinya dari spesies yang sama atau berbeda.

Ini juga berlaku terhadap intimidasi pada sesama dari mereka, contoh adanya perbedaan ras, ukuran tubuh dan sikap sehingga terjadi perebutan kekuasaan dan yang kalah selalu di tindas .

Sehingga lama-kelamaan kelici yang kalah akan mengalami ketakutan dan stres di tempat yang ia tinggali saat ini.

5. Pengaruh kandang

Penyebab kelinci stres selanjutnya bisa juga di sebabkan oleh kadang dari. Kandang yang sempit atau kecil, kotor serta penuh akan membuat mereka merasa tidak nyaman dan memicu stres.

Terlebih pada satu kandang kecil di isi ada banyak kelici dan beberapa diantaranya bersifat teritorial.

Nah, itulah beberapa penyebab dan ciri-ciri kelinci sedang stres atau ketakutan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan pengerat satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel