CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kelinci Makan Daun Pepaya? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kelinci Makan Daun Pepaya?

gambar daun pepaya dan pohon
Sumber foto : pixabay/ElenzaPhotograhy
Healty99 - Ada banyak jenis dedaunan di sekitar kita dan mungkin salah satunya kamu ingin memberikan daun pepaya untuk kelinci sebagai makanan. Lantas apakah hal tersebut boleh?

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya keliinci dapat dengan mudah memakan daun pepaya, tidak seperti kita yang enggan karena pahit.

Selain itu disatu sisi daun pepaya juga memiliki sejumlah manfaat yang bagi peliharaan kamu. Nah daripada penasaran berikut perihal mengenai daun papaya untuk kelinci yang bisa kamu ketahui.

Baca juga : Penyebab Kelinci Mencret Dan Cara Mengobatinya

Manfaat Daun Pepaya

Meski memiliki rasa yang sangat pahit dan getir, tetapi faktanya kelinci dapat dengan mudah menyantap tanaman tanpa khawatir akan masalah kesehatan.

Daun pepaya juga dikenal memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia, begitupun pada kelinci karena mereka juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Mengkonsumsi daun pepaya dapat mengatasi beberapa masalah gangguan pencernaan seperti perut kembung, mulas, dan buang gas berlebihan.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Yang Lagi Pingsan Dan Tidur

Selain itu beberapa kandungan senyawa di dalam tanaman juga mampu mengatasi beberapa masalah infeksi parasit pada sistem penceraan.

Sehingga terkadang daun pepaya bisa diandalkan menjadi obat bagi peliharaan kamu, menggingat daun juga memiliki sejumlah nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan kelinci.

Cara Memberikan

Kamu bisa saja memberikan daun pepaya pada kelinci setiap hari, tetapi yang pasti sebagai cemilan samping atau dengan mencampurkan beberapa makanan lain seperti buah-buahan dan aneka sayuran.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Di Rawat Dan Harganya

Meski daun pepaya memiliki manfaat luar biasa, namun itu tidak merubah fakta bahwa terlalu banyak mengkonsumsinya bisa berakibat buruk pada kesehatan peliharaan kamu di kemudian hari.

Berikan saja daun pepaya yang sedikit muda tetapi tidak terlalu tua dengan porsi 20% sampai 30% dari makanan pokok harian mereka.

Selain itu pastikan kamu mencuci dan melayukan daun terlebih dahulu daun sebelum di berikan, tujuanya ialah membersihkan kandungan getah pada daun serta dari kotoran dan kontaminasi zat-zat beracun seperti pestisida yang kemungkinan melekat.

Baca juga : 11 Penyakit Kelinci Dan Cara Mengobatinya

Bahaya dan Efek Samping

Sejauh ini daun pepaya bukanlah makanan yang beracun dan berbahaya bagi kelinci, terlebih jika kamu memberikan mereka dalam jumlah yang terbatas dan tidak berlebihan.

Seperti yang telah di sebutkan tadi, kamu bisa memberikan peliharaan makan daun pepaya sebanyak 20-30% dari makanan harian mereka. Memberikan lebih dari itu bisa memicu masalah kesehatan terkait gangguan pencernaan.

Baca juga : Daftar 50 Jenis Ras Kelinci Pedaging Dan Hias

Meski daun memiliki banyak manfaat dengan adanya kandungan serat yang cukup tinggi, tetapi adapun zat pahit pada tanaman jika dikonsumsi terlalu banyak maka bisa memicu masalah sakit perut dan diare pada kelinci.

Oleh karena itu resiko efek samping bisa sangat terjadi jika kamu memberikan mereka makan daun pepaya dalam jumlah banyak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel