CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Melon [Manfaat, Cara Memberikan dan Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Melon [Manfaat, Cara Memberikan dan Bahaya]

gambar buah melon dan kelinci
Sumber foto : istock
Healty99 - Bolehkah kelinci makan buah melon? Jawabnya adalah "Ya" Peliharaan kamu dapat dengan aman makan melon tanpa perlu khawatir. Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah mereka tidak memerlukan asupan buah satu ini setiap hari dalam jumlah yang banyak.

Kelinci bisa memakan melon, tetapi hindari bagian biji dan kulit luar yang keras. Selebihnya buah satu ini bisa menjadi cemilan diet sehat untuk peliharaan berbulu kamu.

Baca juga : Ketahui Penyebab Kelinci BAB Mencret

Kelinci Makan Melon

Buah dengan bentuk bundar ini memiliki rasa yang manis, sedikit berair dan tentunya kaya manfaat. Baik itu bagi kita manusia maupun keliinci.

Usus mereka dapat dengan mudah mencerna buah satu ini tanpa adanya masalah, lagipula ada banyak sumber nutrisi yang terkandung didalam makanan.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Yang Lagi Tidur Dan Pingsan

Manfaat

Melon mengandung profil nutrisi yang diantaranya ada antioksidan, fosfor, kalium, folat, dan vitamin A, B, dan C yang tinggi. Selain itu yang pasti buah satu ini mengandung air dan serat serta sejumlah beta karoten yang baik untuk kelinci..

Buah juga termasuk dalam kategori rendah kalori, sehingga saat musim panas tiba kamu bisa berikan melon untuk mencegah mereka mengalami masalah dehidrasi dan kekurangan cairan.

Di sisi lain kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung juga bisa memberikan manfaat lebih dalam menjaga daya tahan tubuh peliharaan kamu, terutama untuk mencegah resiko terkena penyakit kulit dan infeksi.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Di Rawat Dan Harganya

Cara memberikan

Di alam liar, kelici bisa dengan mudah memakan melon utuh dengan menggerogoti secara langsung dari permukaan kulit. Tetapi ini tentu tidak baik mengingat melon memiliki permukaan kulit yang keras.

Oleh karena itu bisa memberikan peliharaan kamu daging buah dalam bentuk potongan kecil tanpa kulit dan biji.

Baca juga : Tips Beternak Kelinci Pedaging Dan Hias

Untuk kelinci yang kecil maka kamu bisa berikan melon seukuran dua ruas jari dan tidak lebih, sedangkan pada ukuran besar mereka dapat dengan aman makan satu cangkir utuh.

Bolehkah memberikan bagian kulit?

Meski keliinci dapat menggerogoti kulit buah melon secara perlahan, tetapi sebenarnya mereka hanya mengincar bagian daging buah. Beberapa jenis kelinci ada yang tidak menyukai bagian kulit karena bertekstur keras serat sangat kasar.

Jadi sebaiknya kamu memberikan mereka potongan daging saja dan jangan bersamaan dengan kulit luar.

Baca juga : 11 Penyakit Kelinci Yang Harus Kamu Tahu

Bagaimana dengan biji, apakah boleh?

Sama saja, biji melon tidak boleh dikonsumsi oleh kelinci. Meski tidak beracun tetapi ada baiknya tidak menghadirkan bagian biji sebagai makanan mereka.

Pencernaan mereka tidak dapat mengolah bagian biji, jadi biji akan tetap keluar dalam bentuk utuh.

Selain itu biji juga mengandung air, ini memungkinkan peliharaan kamu bisa mengalami masalah pada sistem pencernaan.

Berapa banyak porsi yang diperbolehkan?

Seperti yang telah di sebutkan tadi, ras kelinci kecil dapat memakan buah melon seukuran dua ruas jari manusia, sedangkan yang besar bisa memakan sebanyak satu cangkir dalam sekali makan.

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah buah tidak bisa dijadikan sebagai makanan harian atau makanan pokok kelinci setiap hari, buah hanya boleh dikonsumsi sebagai cemilan sesekali.

Meski mereka mungkin akan merasa kurang, tetapi itu jauh lebih baik ketimbang berlebihan. Selain itu kamu juga bisa berikan kelici melon 2 hari sekali atau seminggu 2 kali dengan tujuan menambah variasi makanan.

Bahaya

Melon bukanlah buah yang berbahaya dan beracun bagi peliharaan kamu, tetapi yang pasti ada baiknya kamu berikan mereka dalam jumlah yang cukup serta hindari bagian kulit dan biji.

Bagian kulit bertekstur keras serta kasar, ini bisa meningkatkan resiko peliharaan kamu tersedak karena teksturnya.

Biji juga tidak bisa dicerna dengan baik dan lebih banyak mengadung air, sehingga kemungkinan bisa memicu diare dan sakit perut.

Selain itu karena daging buah memiliki manfaat kesehatan bagi mereka, tapi ada kemungkinan kecil peliharaan kamu mengalami masalah kembung, diare dan gangguan pencernaan.

Masalah itu bisa timbul jika kamu memberikan mereka asupan melon dalam jumlah banyak dan setiap hari.

Buah memang memiliki profil nutrisi yang dibutuhkan kellinci, tetapi di satu sisi buah juga mengadung gula, air dan serat. Meski serat dan air sangat baik dalam mencegah dehidrasi serta masalah sembelit pada pencernaan.

Namun faktanya kelinci tidak membutuhkan serat dan air dari melon dalam jumlah banyak di setiap harinya, mereka bisa mendapatkan asupan serat dan air yang cukup dari beberapa sayuran yang jauh sedikit lebih kering.

Selain itu, peliharaan kamu juga tidak membutuhkan banyak gula pada tubuh mereka. Gula bisa meningkatkan resiko penyakit di kemudian hari jika terlalu banyak terkonsumsi.

Tips lainnya juga ialah sebaiknya jangan memberikan melon secara banyak di wadah makanan mereka, buah mengadung banyak air dan mudah busuk. Ini bisa memancing beberapa hewan lain seperti lalat.

Kita tahu bahwa lalat bisa membawa sumber penyakit seperti bakteri dan virus, jika ini dikonsumsi peliharaan kamu maka besar kemungkinan akan mengalami sakit perut, diare dan infeksi pencernaan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel