CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kelinci Makan Bengkoang? [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kelinci Makan Bengkoang? [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya]

gambar kelinci putih telinga jatuh
Sumber foto : istock
Healty99 - Bolehkah memberikan kelinci bengkoang dan adakah bahaya dikemudian hari? Sebenarnya kelinci bisa saja makan umbi satu ini, tetapi yang menjadi permasalahan ialah apakah ini aman dan memicu gangguan kesehatan nantinya.

Kelinci pada dasarnya boleh saja makan bengkoang, namun yang perlu kamu ketahui ialah ada banyak makanan yang jauh lebih baik dari pada umbi bengkoang. Salah satunya ialah bagian daunnya.

Baca juga : 11 Jenis Kelinci Yang Mudah Dirawat Dan Harganya

Kelinci Makan Bengkoang

Bengkuang dikemas dengan beberapa nutrisi seperti kalsium, magnesium, kalium, karbohidrat, vitamin C, fosfor, gula serta yang pasti tinggi akan serat dan air.

Kita manusia bisa dengan mudah memakan bengkoang dan mendapatkan sejumlah nutrisi yang terkandung didalam umbi, hal yang sama juga berlaku pada peliharaan kamu.

Baca juga : Rekomendasi Makanan Kelinci Sehat Dan Terbaik

Tetapi yang menjadi pertimbangan ialah umbi memiliki banyak karbohidrat, gula dan air, inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa bagian daun tanaman lebih baik ketimbang umbi.

Umbi bengkoang

Untuk kamu yang ingin memberikan umbi bengkuang sebagai cemilan kelinci pada dasarnya adalah sah-sah saja, selagi itu tidak dalam jumlah yang banyak dan diberikan setiap hari.

Baca juga : Penyebab Kelinci BAB Mencret Dan Basah

Mengingat umbi mengandung karbohidrat dan air yang terbilang tinggi. Hewan satu ini tidak dapat mengolah karbohidrat dengan baik, sedangkan air berlebihan bisa memicu kelicni menjadi mencret serta resikot diare.

Jadi jika kamu ingin memberikan kepada mereka, harap bersihkan terlebih dahulu bagian kulit luar yang berwarna kecoklatan.

Berikan dalam bentuk potongan kecil untuk sekali makan, meski mungkin peliharaan kamu akan merasa kurang tetapi itu jauh lebih baik demi menjaga kesehatan mereka.

Baca juga : Ketahui Perbedaan Kelinci Pingsan Dan Tidur

Daun bengkoang

Daun bengkuang lebih baik ketimbang bagian umbi, mengigat makanan utama kelinci merupakan dedaunan. Memang ada banyak makanan kelinci yang bagus seperti daun kacang tanah, daun kacang panjang, daun cipir, daun pisang serta daun pepaya.

Daun bengkoang memang mirip dengan daun dari keluarga kacang-kacangan, meskipun begitu tetap saja kedua tanaman tersebut berada di spesies yang berbeda.

Daun memiliki asupuan nutrisi yang lebih dibutuhkan ketimbang bagian umbi, sehingga kamu bisa berikan mereka sebagai salah satu makanan pokok harian.

Selain itu tidak sedikit juga orang yang memberikan bagian daun bengkuang sebagai makanan peliharaan, baik itu untuk jenis kelinci hias ataupun pedaging.

Manfaat

Umbi memang memiliki beragam nutrisi didalamnya, baik dari segi vitamin maupun mineral. Tetapi yang menyebabkan umbi tidak disarankan ialah karena memiliki karbohidrat, gula dan air yang terbilang tinggi.

Meskipun begitu, jika kamu ingin memberikan mereka dengan tujuan menambah variasi makanan dan tidak diberikan dalam jumlah banyak maka boleh-boleh saja.

Berbanding terbalik dengan daun, daun bengkuang dapat dijadikan makanan harian kelinci tanpa harus khawatir mengalami masalah. Itulah mengapa daun lebih disarankan ketimbang bagian umbi jika dikategorikan sebagai makanan pokok.

Bahaya

Umbi bengkoang tidaklah beracun bagi kelinci, tetapi juga bukan makanan yang bagus bagi mereka. Ada banyak makanan yang lebih baik ketimbang umbi putih ini, salah satunya ialah bagian daun.

Meski tidak beracun tetapi bukan berarti aman, tetapi jika itu dalam jumlah yang sedikit maka masih bisa di tolerir sebagai cemilan sesekali.

Terlalu banyak memberikan kelinci makan umbi bengkuang bisa menyebabkan mereka mengalami resiko gangguan pencernaan, hal ini juga terkait diare, sakit perut, kembung, begah dan masalah mencret akibat dari asupan air dan serat yang tinggi.

Selain itu umbi juga mengandung karbohidrat dan sejumlah gula yang sebenarnya tidak dibutuhkan mereka dalam jumlah yang banyak.

Lalu bagaimana dengan daun, apakah daun bengkuang berbahaya? Seperti yang telah disebutkan tadi, daun lebih baik ketimbang umbi jika itu dijadikan sebagai makanan pokok.

Tetapi demi menjaga varian nutrisi pada peliharaan kamu maka ada bagusnya mencampur daun dengan beberapa jenis dedaunan dan buah-buahan, sehingga kelinci bisa terus sehat karena mendapat beragam varian nutrisi dari makanan.

Cara Memberikan

Untuk memberikan umbi bengkoang sebagai makanan kelinci, cukup berikan dalam bentuk potongan kecil sebesar dua ruas jari pada kelinci besar. Sedangkan untuk ras kecil maka potong umbi lebih kecil lagi.

Selain itu harap tidak diberikan setiap hari, tetapi berikan saja sehari 2 kali atau seminggu 2 kali sebagai cemilan.

Sedangkan untuk daun kamu bisa memberikan mereka secara penuh sebagai makanan pokok, namun tetap sesekali di seling dengan beberapa daun lain yang telah di sebutkan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel