CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Obat Scabies Alami untuk Kelinci - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Obat Scabies Alami untuk Kelinci

gambar kelinci putih di kandang
Sumber foto : istock
Healty99 - Scabies (penyakit kulit) atau yang lebih dikenal dengan nama kudis, yaitu infeksi menular yang diakibatkan oleh parasit kecil. Scabies umumnya disebabkan oleh Sarcoptes scabiei var. hominis, salah satu tungau tak kasat mata berukuran sekitar 0,4 mm yang hidup dengan memakan jaringan sel korban.

Scabies dapat menyerang manusia, namun paling sering terjadi pada hewan peliharaan. Meski tidak termasuk dalam kategori penyakit mematikan, tetapi seseorang atau hewan yang terinfeksi penyakit ini akan merasa tidak nyaman karena bisa memicu rasa gatal serta perih.

Baca juga : Mengapa Kelinci Tidak Mau Makan Dan Minum?

Scabies pada Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang sering terserang scabies selain kucing dan anjing. Pemicunya ialah bisa karena kurang menjaga kebersihan tubuh, kandang atau tempat & makanan yang digunakan.

Selain itu kudis juga bisa ditularkan oleh hewan lain yang sudah terinfeksi secara langsung, seperti bersentuhan atau akibat dari menggunakan peralatan yang sama.

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Ciri-ciri

Ciri ciri kelinci yang mengalami scabies ialah dapat di tandai dengan beberapa gejala dan indikasi yang tampak. Berikut diantaranya :

  1. Terdapat ruam kemerahan pada bagian telinga, sekitar mata, samping mulut, hidung dan kaki.
  2. Terdapat kerontokan bulu yang di sertai dengan kulit bersisik, kasar dan terkadang berair.
  3. Dalam kasus parah scabies bisa memicu infeksi dan tampak seperti kutil.

Tidakan yang harus dilakukan

Jika kamu memiliki kelinci peliharaan yang mengalami masalah scabies, kudis dan indikasi penyakit kulit lainnya. Maka tidakan yang harus kamu lakukan ialah dengan mengisolasi mereka atau memindahkan pada tempat lain.

Baca juga : Cara Mengatasi Kelinci Yang Sedang Lemas Dan Lesu

Tujuanya ialah supaya infeksi tidak menyebar kemana-mana dan menjangkit ke kelici lain yang masih sehat.

Selain itu pastikan kamu juga selalu menjaga kebersihan kandang dan makanan mereka, mengingat tungau maupun penyakit lainnya sangat mudah berkembang dengan cepat pada lingkungan yang kotor.

Sedangkan untuk tindakan pengobatan pada kelinci yang terinfeksi scabies dapat dilakukan dengan pemberian obat kudis khusus hewan yang di jual di toko-toko peliharaan.

Namun selain menggunakan obat-obatan yang terjual di toko, adapun beberapa cara lain dalam mengobati kelinci yang mengalami scabies dengan alami. Penasaran? Simak dibawah ini sampai selesai.

Baca juga : Berikut Daftar 50 Jenis Kelinci Berdasarkan Ras

Obat Scabies Alami untuk Kelinci

Berikut beberapa obat scabies untuk kelinci, tungau, kudis dan sejenisnya secara alami yang bisa kamu terapkan.

1. Tea tree oil

Pertama kamu bisa gunakan minyak tea tree oil, yaitu minyak esensial hasil penyulingan yang memiliki sifat antibakteri, fungi maupun tungau.

Cukup oleskan minyak tea tree oil pada bagian tubuh kelincci yang mengalami gejala scabies, kudis dan penyakit kulit lainnya.

Baca juga : 11 Penyakit Yang Kerap Menyerang Kelinci Dan Cara Mengobatinya

2. Minyak cengkeh

Selanjutnya kamu juga bisa pakai minyak cengkeh jika ada di rumah. Cengkeh merupakan tanaman herbal yang memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh.

Ekstrak kandungan minyak esensial pada cengkeh memiliki sifat alami berupa antibakteri, antifungi, antiperadangan dan antimikroba.

3. Daun mimba

Ada yang tahu dengan daun mimba? Ini merpukan daun dari tanaman dengan nama ilmiah Azadirachta indica yang di ketahui berasal dari India dan telah dikenal karena manfaatnya.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Perawatan Dan Harganya

Daun mimba kerap digunakan untuk mengatasi beberapa masalah penyakit tubuh, baik dari luar maupun dari dalam tubuh.

Penggunaan untuk luar tubuh daun sering dipakai untuk mengobati masalah gatal-gatal, infeksi kutu rambut, infeksi kulit, obat luka, kudis, kurap dan lain sebagainya.

4. Daun sirih

Cara mengobati scabies pada kelinci berikutnya ialah kamu bisa memanfaatkan daun tanaman sirih.

Sirih ada banyak di sekitar kita, lagipula tanaman satu ini sudah dikenal memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa dalam mengatasi infeksi jamur, tungau, bakteri serta microba.

Baca juga : Penyebab Kelinci BAB Mencret Dan Berair

Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat kurap atau scabies ialah cukup tumbuk daun hingga halus, setelah itu oleskan pada bagian tubuh keliinci yang terinfeksi.

Nah, itulah beberapa obat alami sekaligus cara mengatasi masalah scabies, kurap atau kudis pada kelinci yang bisa kamu lakukan.

Tips dalam menerapkan

Agar mendapatkan hasil yang lebih baik, ada bagusnya kamu menerapkan cara alami tersebut dengan berkala atau secara rutin. Sehingga khasiat bisa didapat secara optimal dan masalah penyakit tidak menyebar kembali.

Baca juga : Tanda-Tanda Dan Penyebab Kelinci Mau Mati

Selain itu, pengobatan secara alami tidak menutup kemungkinan bisa diatasi dengan cepat, terlebih lagi jika infeksi sudah menyebar dan dalam keadaan yang cukup parah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan lucu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel