CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan [Luar & Dalam Tubuh] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan [Luar & Dalam Tubuh]

gambar daun bunga pohon mimba azadirachata
Sumber foto : pixabay/sarangib
Healty99 - Mimba (Azadirachta indica A. Juss) merupakan salah satu jenis tanaman (pohon) peredu yang pertama kali ditemukan di India. Di Indonesia mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun walaupun demikan faktanya pohon mimba hampir dapat ditemukan disejumlah daerah di Indonesia.

Tanaman satu ini diketahui memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, penggunaanya sudah sejak lama diterapkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alami untuk luar dan dalam tubuh.

Ciri-ciri dan bentuk

Pohon mimba memiliki ciri-ciri berkayu dengan tumbuh berdiri tegak, lurus dan tinggi tanaman bisa mencapai 10 hingga 25 meter.

Pada bagian kulit batang berwarna kecoklatan, namun terkadang berbintik putih.

Sedangkan untuk ciri-ciri daun mimba ialah daun tersusun spiralis secara mengumpul di ujung rantai. Bisa dibilang daun tumbuh secara majemuk menyirip genap.

Pada bagian ujung tangkai memiliki anak daun yang berjumlah genap dengan rata-rata sekiar 8 sampai 16 helaian.

Tepi daun memiliki bentuk khas yaitu bergerigi, bergigi seperti gergaji dengan helaian daun tipis. Daun yang muda biasanya akan berwarna merah hati atau kecoklatan gelap, tetapi akan berubah menjadi hijau seiring bertambah waktu.

Kandungan senyawa

Daun mimba diketahui mengandung senyawa flavonoid yang diantaranya quercetin, katekin, karoten dan asam askorbat.

Sejumlah kandungan tersebut merupakan sumber antioksidan bagi tubuh yang sangat tinggi. Oleh karena itu tidak heran jika tanaman mimba satu ini disapa sebagai obat herbal, terutama dalam mengatasi penyakit kulit.

Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat sekaligus khasiat yang bisa kamu ketahui dari tanaman satu ini.

1. Mengobati luka

Pertama, daun pohon mimba bisa dijadikan obat untuk mencegah infeksi pada luka, terutama luka memar, berdarah, bernanah serta koreng.

Tidak hanya itu saja, jika kamu mau tanaman juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, bisul serta kudis.

2. Mengatasi gatal-gatal pada kulit

Daun mimba memiliki sifat alami berupa antibakteri, antimikroba serta antifungi alami, ini membuatnya bisa mengatasi beberapa masalah penyakit kulit seperti gatal-gatal, ruam merah, bersisik, kudis, kutu air, scabies serta gigitan serangga.

Untuk penerapanya kamu cukup tumbuk daun hingga halus, setelah itu cukup oleskan secara merata pada bagian permukaan kulit yang bermasalah.

3. Membasmi kutu rambut dan tungau

Manfaat daun mimba untuk luar tubuh juga mencakup pada area rambut kepala loh, terutama dalam mengatasi masalah seperti kutu dan infeksi tungau.

Oleh karena itu jika kamu memiliki masalah rambut kelapa yang gatal, beraroma kurang sedap serta didapati sejumlah kutu. Mungkin kamu bisa menggunakan tanaman satu ini untuk mengatasinya.

4. Menjaga kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi memang penting karena jika tidak hal tersebut bisa memicu masalah gigi berlubang, pembengkakan, sakit gigi serta aroma nafas kurang sedap yang dikarenakan pertumbuhan bakteri.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena jika mau kamu bisa menggunakan daun tanaman mimba sebagai obat kumur dalam membasmi sekaligus pertumbuhan bakteri didalam mulut.

Cukup gunakan air rebusan daun mimba untuk berkumur-kumur saat sedang menggosok gigi, setelah itu baru bilas dengan air bersih.

5. Sakit perut

Beberapa masyarakat kerap memanfaatkan tanaman satu ini dalam mengatasi masalah sakit perut secara alami.

Bagian yang dipakai ialah daun, dimana daun di rebus lalu kemudian di konsumsi hingga sakit perut mereda.

6. Mengatasi mimisan

Manfaat daun mimba berikutnya sering digunakan sebagai pengganti tanaman sirih dalam mengatasi masalah mimisan pada hidung atau luka berdarah.

Cara menggunakanya ialah daun di tumbuk hingga mengeluarkan sedikit air, setelah itu ditempelkan pada area hidung yang mengalami mimisan.

7. Mencegah kanker

Menurut sejumlah penelitian, Azadirachta indica diklaim memiliki kemampuan dalam mencegah sekaligus mengurangi pertumbuhan sel kanker dan sel berbahaya lainnya di dalam tubuh.

Kemampuan tersebut didasari akan kandungan antioksidan yang tinggi pada daun. Selain itu antioksidan juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu sumber penyakit.

8. Mengobati diabetes

Selain mencegah kanker, tanaman satu ini juga digadang-gadang bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah gula darah terkait diabetes melitus.

Meskipun demikian, khasiat daun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap efektivitasan dan dampak yang diberikan pada tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat daun mimba yang bisa kamu ketahui.

Terlepas dari sejumlah manfaat yang ada diatas, adapun beberapa kemampuan lebih dari tanaman satu ini ialah diklaim bisa mengatasi masalah cacingan, demam, kelainan mata, mengobati tukak lambung, meningkatkan nafsu makan, mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mengatasi ketombe, menjaga kesehatan tulang, dijadikan obat hama serta masih banyak lagi.

Note : Meskipun daun tanaman mimba memiliki manfaat yang luar biasa dari segi kesehatan, tetapi harap untuk tidak mengkonsumsi secara sembarangan tanpa adanya dosis dan takaran yang tepat.

Terlebih lagi jika kamu memiliki riwayat kesehatan yang buruk, sedang mengkonsumsi obat-obatan atau ibu hamil. Mengingat kemungkinan daun mimba memiliki efek samping yang bisa mengganggu kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel