CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tanaman Tunjuk Langit [Manfaat, Cara Menggunakan & Efek Samping] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tanaman Tunjuk Langit [Manfaat, Cara Menggunakan & Efek Samping]

gambar tanaman tunjuk langit
Sumber foto : exotic-plants
Healty99 - Tunjuk langit atau dibeberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan nama jajalakan, rawu bekubang, ribu-ribu, sayor manis, manon, tapak jalak, pacar bumi, pakis kaler, bute-bute serta pakis hurang.

Merupakan salah satu jenis tanaman liar dengan nama ilmiah helminthostachys zeylanica dan masih dalam kategori keluarga paku-pakuan.

Tanaman Tunjuk Langit

Helminthostachys diketahui berasal dari kawasan Asia dan Australia bagian tropis, di Indonesia ia dapat tumbuh dan di jumpai di pinggiran hutan, tanah gambut, semak-semak lebat serta hutan dalam pada ketinggian sekitar 0 - 400 mdpl.

Walaupun tanaman satu ini secara alami tumbuh liar, tetapi adapula sebagian orang menanamnya untuk dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Bentuk ciri khas

Secara bentuk tanaman tunjuk langit memiliki ciri khas yang unik, batangnya ramping seperti tumbuhan terna kecil dengan akar serabut yang lebat.

Tinggi rata-rata sekitar 50 cm (jarang yang 1 m), sedangkan untuk bagian daun termasuk jenis daun majemuk yaitu terdiri dari banyak anak daun dalam satu batang.

Pada bagian atasnya yang berbentuk seperti bunga merupakan sporagium (serbuk spora), nantinya ini akan dilepaskan sebagai bentuk pengembangbiakan atau cikal bakal tumbuhan baru.

Nah, bentuk dari tangkai sporagium (bunga) ini mengarah atau menjulang keatas, itulah mengapa tumbuhan ini di sebut tunjuk langit.

Bagian yang dimanfaatkan

Pemanfaatan tanaman satu ini mencakup mulai dari akar, buah, umbi serta daun. Sejumlah masyarakat pedalaman kerap menggunakan tunjuk langit sebagai bahan baku obat tradisional untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Namun tidak hanya masyarakat pedalaman saja, menurut sejumlah penelitian tanaman tunjuk langit mengandung senyawa saponin, flavonoid, steroid, tanin, polifenol dan fenolik yang pastinya memiliki manfaat lebih sebagai obat herbal.

Selain itu adapun aktivitas senyawa seperti antioksidan, antibakteri, antiradang, kemampuan sitotoksik, antipiretik, antivirus, antidiare serta antiphlogistik.

Manfaat Tunjuk Langit

Buat kamu yang ingin tahu lebih, berikut beberapa manfaat tanaman satu ini yang diketahui.

1. Obat gatal dan alergi

Pertama bisa digunakan sebagai obat alergi atau gatal-gatal pada bagian kulit. Bagian yang digunakan biasaya adalah daun dan akar, dimana daun ataupun akar ditumbuk hingga halus lalu dioleskan pada bagian tubuh yang gatal.

Beberapa permasalahan gatal dan alergi pada kulit seperti iritasi, sengatan serangga, infeksi tungau serta jamur bisa diobati dengan tanaman tunjuk langit secara bertahap.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat selanjutnya bisa untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, infeksi bakteri, diare serta terkait disentri.

Masyarakat pedalaman atau yang jauh dari pusat kesehatan memang sering memanfaatkan bagian umbi dan akar tanaman sebagai obat tradisional.

Cara menggunakanya ialah akar dan umbi di cuci kemudian ditumbuk, setelah cukup memar kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Hasil dari rebusan ini nanti di minumkan ke orang yang sakit sampai sembuh.

3. Mengatasi mimisan

Manfaat tunjuk langit selanjutnya ialah kerap dipakai dalam mengatasi masalah mimisan pada anak maupun orang dewasa.

Bagian tanaman yang digunakan terletak pada daun yang dimana daun yang kering diambil dan dibersihkan, lalu setelah itu di masukan ke dalam hidung.

4. Meredakan nyeri

Tanaman satu ini sering dikonsumsi dalam bentuk air rebusan daun dan batang oleh beberapa orang, tunjuanya ialah untuk meredakan peradangan dan nyeri di tubuh.

Ini juga terkait peradangan terhadap nyeri sendi, asam urat, keseleo, otot kram dan kurang enak badan.

Nah, itulah beberapa manfaat tunjuk langit yang bisa kamu ketahui.

Efektivitas dan Kemampuan Sebagai Obat

Menurut studi penelitian terhadap kandungan dan esktrak senyawa yang telah diuji lab, tanaman tunjuk langit memiliki kemampuan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit dalam tubuh.

Sebagai contoh, di China tanaman ini digunakan untuk mengatasi masalah disentri, malaria, penyakit kuning, batuk 100 hari, pening & sakit kepala serta campuran dalam obat kanker.

Selain itu adapun digunakan sebagai bahan pembuatan obat kuat dan masalah impotensi, memperbaiki resistensi insulin sistemik terkait diabetes mellitus.

Menurut penelitian Noorcahyati pada tahun 2011, masyarakat suku dayak kerap memanfaatkan tunjuk langit untuk mengatasi masalah kejang-kejang dan kaku persendiaan pada anak.

Penggunaan terletak pada bagian umbi yang dihaluskan lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Efek Samping

Sejauh ini efek samping dari penggunaan tunjuk langit untuk tubuh masih belum di ketahui secara pasti, sehingga masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap sejumlah kandungan senyawa yang ada pada tanaman.

Selain itu batas penggunaan juga diketahui ketahui berdasarkan pemakaian oleh sejumlah masyarakat pedalaman serta berdasarkan penelitian terhadap hasil uji fitokimia.

Namun jika kamu menggunakan tanaman hanya untuk bagian luar tubuh, maka besar kemungkinan tidak akan mendapatkan efek samping dan bahaya yang berarti.

Lain hal jika dikonsumsi, karena kemungkinan ada resiko masalah kesehatan, terlebih lagi jika kamu mencoba untuk mengkonsumsi bagian dari tanaman tunjuk langit secara sembarangan tanpa adanya pengetahuan dosis atau takaran yang di izinkan.

Singkatnya, helminthostachys zeylanica diketahui memiliki kemampuan layaknya obat untuk mengatasi sejumlah penyakit, tetapi yang menjadi ke khawatiran ialah masih diperlukan penelitian lebih terhadap tanaman untuk melihat manfaat, efek samping dan batasan yang boleh dikonsumsi.

Jika kamu ingin mengkonsumsi tanaman untuk dalam maupun luar tubuh, baik itu diminum atau sebagainya maka cobalah gunakan secara bertahap dan tidak dengan berlebihan.

Pastikan kamu melihat reaksi yang terjadi pada tubuh kamu, mengingat karaktersitik setiap tubuh orang berbeda-beda dalam menanggapi benda atau senyawa yang masuk kedalam tubuh, terlebih tanpa adanya dosis dan takaran yang tepat.

Namun jika kamu ragu, kamu mungkin bisa konsultasi ke ahli kesehatan terkait masalah mengkonsumsi tanaman tunjuk langit untuk pengobatan, terlebih lagi jika kamu memiliki riwayat kesehatan yang buruk, penyakit tertentu, reaksi obat dan ibu hamil.

Hal ini ditujukan untuk mencegah adanya efek samping atau bahaya yang akan timbul dikemudian hari.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Harap untuk tidak mengkonsumsi tunjuk langit secara sembarangan, untuk itu bijaklah dalam penggunaan karena sebaik-baiknya obat adalah obat tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel