CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Penggunaan Teh Basi untuk Tanaman - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Penggunaan Teh Basi untuk Tanaman

gambar teh sisa ampas basi
Sumber foto : pixabay/Pexels
Healty99 - Adakah manfaat dari air teh atau ampas teh yang sudah basi pada tanaman? Perlu kamu ketahui bahwa air atau ampas dari teh sebenarnya tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks bagi tanaman.

Namun ampas dan air teh basi bisa sangat berguna untuk meningkatkan usur hara serta micro organisme di dalam tahan, sehingga pada akhirnya akan ada banyak sumber nutrisi alami yang di dapat tanaman.

Baca juga : 

Selain itu jika di lihat dari segi kandungan, ampas teh memiliki kadar tembaga sekitar 20%, magnesium 10%, kalsium 12% dan sisanya unsur organik. Ini bisa menjadi sumber asupan micro nutrien alternatif bagi tanaman, tetapi tidak sebagai pupuk yang lengkap.

Manfaat Memberikan Teh Basi untuk Tanaman

Kamu boleh saja memberikan tanaman hias ataupun budidaya dengan teh basi, dan itu sebenarnya juga lebih baik ketimbang teh di buang ke tempat sampah.

Berikut beberapa manfaat ampas maupun air teh yang sudah basi bagi tanaman yang bisa kamu ketahui.

1. Tempat serapan air

Ampas bekas teh dapat menyerap air dengan baik dan mempertahankan agar tidak cepat hilang, ini bisa memberikan manfaat bagi tumbuhan dalam mendapatkan pasokan air serta sekaligus melindungi penguapan air dari dalam tanah.

Selain itu dengan diberikan sisa ampas teh juga bisa membuat tumbuhan bertahan lebih baik saat cuaca panas atau kamu telat menyiram dalam beberapa hari.

2. Menjaga kelembaban tanah

Kemampuan dalam mepertahankan air yang cukup baik dari ampas teh basi bisa membuat tahan menjadi lebih lembab, sejuk dan pastinya banyak menyimpan pasokan air.

Ini sangat baik untuk beberapa jenis tanaman yang membutuhkan poros atau media dengan kelembaban tertentu untuk tumbuh.

3. Kompos

Ampas teh dan air teh basi bisa memperbaiki struktur tanah dengan menjadikanya poros yang lebih baik, ini juga memungkinkan sejumlah micro organisme pengurai dan hewan-hewan kecil didalam tanah bisa berkembang semakin banyak.

Sehingga pada akhirnya tanah menjadi lebih subur dan tanaman bisa tubuh dengan baik karena memiliki pasokan unsur hara yang mencukupi.

4. Asupan mikronutrien

Manfaat selanjutnya ialah bisa menjadi sumber mikronutrien buat tananaman itu sendiri, baik itu tanaman hias ataupun budidaya.

Setiap tumbuhan memerlukan unsur makro dan micro supaya bisa tumbuh dengan baik dan sehat, pasokan nutrisi tersebut bisa didapat dengan dari pemberian pupuk ataupun secara alami dari dalam tanah.

Pemberian ampas atau air teh basi diketahui bisa membantu memenuhi kebutuhan unsur micro pada sejumlah tumbuhan. Meski tidak dalam secara komplek keseluruhan unsur micro, tetapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

5. Merangsang pertumbuhan organisme

Selain menjadi kompos, ampas teh bisa menjadi tempat pertumbuhan sejumlah organisme dalam tahah, termasuk itu makro dan mikroorganisme.

Ini sangat penting mengingat tanah yang sehat memiliki ekosistem yang saling berkaitan satu sama lain terkait rantai makanan.

Contohnya sisa-sia dari makro dan mikroorganisme yang telah mati akan mengendap dan menjadi sumber nutrisi alami bagi tanaman.

6. Tumbuh lebih baik

Untuk beberapa jenis tanaman hias seperti anggrek, aglaonema dan sejenisnya, pemberian ampas atau air teh basi bisa memiliki manfaat lebih yang bahkan tidak dikira.

Salah satunya ialah bisa merangsang pigmen warna pada bunga, daun, batang serta yang pasti membuat tumbuh menjadi lebih baik dan cantik.

Nah, itulah beberapa manfaat teh basi untuk tanaman yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel