CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Habis - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Habis

gambar lagi menekan tuas kopling motor
Sumber foto : istock
Healty99 - Kain kopling atau kampas kopling merupakan alat mekanik alias bagian dari mesin tipe kopling basah yang fungsinya untuk meneruskan tenaga (putaran transmisi) ke bagian roda belakang sehingga pada akhirnya kendaraan bisa melaju dengan lembut.

Komponen kopling akan mengalami gesekan saat terjadi penekanan atau perpindahan transmisi, baik itu pada mobil maupun motor. Dari gesekan tersebut lama-kelamaan kampas akan cepat habis, menjadi lincin dan daya lekat yang kurang.

Sehingga pada akhirnya kendaraan akan menjadi loyo atau terjadi penurunan performa dari segi akselerasi. Namun terlepas dari fungsi dan cara kerjanya, lantas bagaimana jika baru saja ganti kampas kopling tetapi tidak bisa bertahan lama?

Masalah kampas kopling yang cepat sekali aus dan tidak bertahan lama memang terkadang sering terjadi, bahkan tidak menutup kemungkinan kamu baru saja mengganti komponen kain kopling tersebut.

Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Habis

Setidaknya ada beberapa penyebab mengapa kondisi tersebut bisa terjadi, oleh karena itu simak artikel kali ini sampai selesai, semoga sedikit banyak bisa membantu pengetahuan kamu.

1. Setelan kopling tidak tepat

Pertama bisa disebabkan oleh tuas atau stelan kopling pada sepeda motor tidak tepat alias tidak sesuai standar yang di anjurkan.

Stelan kopling dibuat untuk mempermudah saat menarik tuas untuk melakukan perpindahan transmisi, selain itu dengan setelan yang pas maka saat tuas ditarik akan membuat cela pada bagian kampas. 

Sehingga pada saat proses perpindahan transmisi menjadi lebih lembut akibat gaya mekanis dari per kopling.

Namun jika setelan kopling tidak tepat contoh seperti terlalu menarik maka akan terjadi penekanan pada bagian per kopling, ini tidak normal karena bisa membuat kampas menjadi selip, sedikit renggang dan cepat habis atau molor.

Oleh karena itu saat setelah melakukan pergantian kampas kopling sebaiknya dilakukan penyetelan bertahan untuk beberapa kali, tujuanya ialah supaya memastikan bahwa setelan dalam kondisi normal dan tidak berubah-ubah selama masa pemakaian.

2. Sering main kopling

Penyebab kain kopling motor kamu cepat habis selanjutnya bisa di sebabkan oleh terlalu sering main atau menggantung kopling secara sengaja.

Buat kamu yang punya motor tipe kopling basah, terlalu sering menekat tuas kopling atau sering mengganti dan memaksa pergantian transmisi yang padahal tidak perlu bisa menjadi salah satu pemicu utama kampas cepat habis.

Bahkan jika terlalu sering menggantung kopling bisa menyebabkan kampas gosong, aus dan rusak sehingga mengeluarkan aroma seperti terbakar.

3. Masalah pada rumah kopling

Selain akibat dari setelan yang tidak pas dan sering menggantung kopling, penyebab mengapa kampas kopling kamu cepat habis berikutnya bisa disebabkan komponen bagian rumah bermasalah.

Komponen kopling sepeda motor memang secara kerja terlihat sederhana, tetapi faktanya ada banyak part yang terhubung satu sama lain dan harus dalam keadaan normal supaya bisa bekerja dengan baik.

Oleh karena itu jika kamu merasa baru saja menggantu kampas kopling tetapi dalam beberapa bulan atau bahkan minggu sudah molor kembali, bisa jadi terdapat kerusakan pada bagian rumah kopling dan komponen terkait lainnya.

Contoh seperti kaki 4 dan lawan kaki 4 yang sudah tergerus atau tidak rata, per yang melemah sehingga terjadi pengurangan daya tekan serta bisa juga karena rumah kopling oblak dan bermasah.

Untuk itu kamu harus memeriksa bagian koponen kopling saat melakukan pemasangan dan memastikan semua dalam kondisi bagus.

Nah, itulah penyebab umum kampas kopling motor cepat habis yang padahal baru saja diganti.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel