CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Memperbaiki Tabung Kompresor Angin yang Bocor - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Memperbaiki Tabung Kompresor Angin yang Bocor

gambar tabung selang kompresor angin
Sumber foto : hpixabay/shameersrk
Healty99 - Tabung kompresor angin yang bocor memang kerap menjadi permasalahan yang menjengkelkan, mengingat setelah sekian lama mengisi tabung agar angin penuh tetapi malah keluar.

Kondisi tabung kompresor yang bocor memang terlihat sepele, tetapi akan sangat merepotkan jika tabung tidak mampu menyimpan angin dan mengharuskan selalu untuk menghidupkan kompresor saat dibutuhkan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara dan tips memperbaiki tabung kompresor yang terdapat kebocoran dan tidak mampu menahan angin dalam waktu cukup lama.

Kompresor Angin Bocor & Cara Memperbaikinya

Perlu kamu ketahui bahwasanya ada beberapa penyebap mengapa sebuah tabung kompresor kehilangan tekanan angin, atau dengan kata lain bocor. Salah satunya ialah sebagai berikut.

1. Seal tuas regulator aus

Pertama kamu bisa cek bagian dekat regulator kompresor angin, cek terutama bagian engsel atau tuas output angin.

Bagian satu ini memiliki seal oring kecil yang berada di dalam tuas, serta umum dan paling sering rusak karena selalu di putar pada saat menggunakan angin dari dalam tabung.

Untuk memperbaikinya kamu bisa mengganti seal oring didalam tuas regulator dengan membongkar secara bertahap atau mengganti secara keseluruhan komponen.

2. Katup buang bocor

Jika kamu rasa bagian regulator tidak terdapat kebocoran angin, maka langkah selanjutnya cobalah periksa bagian katup buang kompresor.

Setiap kompresor angin memiliki katup buang pada bagian bawah tabung, fungsi komponen ini ialah untuk membuang endapan air yang terperangkap di dalam tabung.

Katup buang biasanya terdiri dari seal karet dan per tekan, oleh karena pemakaian usia terkadang karet dan per tersebut kotor sehingga terdapat cela yang membuat angin keluar secara perlahan.

Meski adapun beberapa tipe katup dengan bentuk ulir, tetapi kamu bisa cek terlebih dahulu sebelum ketahap lain.

Untuk memperbaiki masalah satu ini kamu bisa bersihkan bagian katup buang dan memeriksa kembali apakah komponen layak dipakai kembali.

3. Tabung yang bolong

Tabung kompresor angin memiliki lapisan besi yang cukup tebal, tujuanya ialah supaya dapat menahan angin didalamnya pada tekanan yang sangat tinggi.

Tetapi walaupun tabung tersebut tebal, pada kenyataanya bisa juga mengalami kebocoran atau retakan.

Contohnya, tabung bisa saja mengalami kebocoran jamur (bocor kecil) serta terdapat retakan atau berupa cela, sehingga mengakibatkan angin di dalamnya keluar secara langsung.

Penyebab tabung kompresor bisa bocor jarum dan retak ialah karena adanya korosi atau pengikisan yang di akibatkan adanya air serta oksigen di dalam tabung.

Sehingga lambat laun besi akan terkikis menjadi lebih tipis dan tidak mampu menahan tekanan angin.

Untuk mengatasi masalah seperti ini yang pertama kamu harus mengetahui dimana letak kebocoran tabung kompresor. Cara mencarinya bisa dengan menyiramkan air sabun ke bagian tabung, sehingga saat ada angin keluar maka akan membentuk gelembung busa.

Setelah tampak bagian yang bocor, kamu bisa lakukan penambalan menggunakan lem steel. Tetapi biasanya lem steel tidak akan bertahan lama, oleh karena itu kamu bisa lakukan penambalan bagian yang bocor tersebut dengan las.

Perlu kamu ketahui, saat memberi lem steel atau mengelas tabung kompresor yang bocor pastikan kamu membuang angin yang ada didalamnya, karena jika tidak pengerjaan hanya akan memakan waktu serta sia-sia.

4. Valve bocor

Selanjutnya periksa bagian valve atau klep kompresor, komponen satu ini mirip dengan komponen katup buang tabung dari segi cara kerjanya.

Secara fungsi valve hanya sebagai katup masuk angin kedalam tabung dan menahanya agar angin tidak kembali keluar dari jalur masuk saat setelah proses pengisian.

Valve terdiri dari beberapa rangkaian, tetapi yang pasti terdapat biji besi, per tekan serta seal karet.

Untuk memperbaiki benda satu ini maka kamu bisa membuka bagian valve ini dan membersihkan bagian dalam, tetapi jika sudah rusak maka kamu diharuskan mengganti dengan yang baru agar kinerja kompresor angin menjadi lebih baik.

Nah, itulah beberapa penyebab kompresor angin bocor serta cara memperbaiki yang bisa kamu lakukan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel