CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Ekor Hamster Basah dan Gundul serta Cara Mengobatinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Ekor Hamster Basah dan Gundul serta Cara Mengobatinya

gambar hamster di dalam lubang tempat sembunyi
Sumber foto : pixabay/Claudia44
Healty99 - Masalah ekor basah atau gundul bisa dibilang kerap terjadi pada hamster. Tetapi faktanya kamu harus tetap waspada, karena jika dalam kondisi serius dan tidak segera di obati bisa berakibat fatal.

Apa itu ekor basah?

Sebenarnya ini adalah istilah sebagai indikasi yang mengacu pada bagian ekor hamster yang mengalami basah, lembab dan terkadang gejala gundul.

Baca juga : Daftar Makanan Hamster Terbaik Dan Aman

Ekor basah pada dasarnya disebabkan oleh diare, mencret, dan dikenal sebagai penyakit ileitis proliferatif atau enteritis regional.

Diare atau gangguan pencernaan diduga disebabkan oleh pertumbuhan bakteri usus pencernaan yang berlebihan. Pemicu lainnya ialah makanan mereka terkontaminasi kotoran, kandang yang kotor atau terinfeksi dari luar.

Penyebab ekor basah pada hamster

Ada beberapa penyebab mengapa hammy bisa mengalami masalah ekor basah, dan diare adalah salah satu pemicunya.

Baca juga : Ciri-Ciri Hamster Stres Dan Cara Mengatasinya

Tetapi tidak mencakup itu saja, sejumlah penyebab lain bisa dikarenakan stres. Contohnya hamster baru saja dipindahkan dari peternak atau toko penjual hewan peliharaan ke rumah baru kamu atau justru sebaliknya.

Telalu sering memindahkan hewan justru membuat mereka tidak nyaman dan pada akhirnya mengalami stres serta kecemasan. 

Sehingga pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan hamster yang menurun dan menyebabkan bakteri kelebihan populasi di usus yang memicu diare ataupun penyakit lainnya.

Apakah ekor basah menular?

Perlu kamu ketahui penyakit satu ini juga sangat menular pada hamster lain. Jika hammy dipelihara dalam kandang besar dengan hamster lain yang memiliki penyakit ekornya basah, maka sangat rentan atau bahkan sudah pasti terinfeksi juga.

Baca juga : Penyebab Induk Hammy Kanibal Terhadap Anaknya

Oleh karena itu saat memilih peliharaan satu ini untuk dibawa pulang, pastikan hammy dalam keadaan aktif dan berlarian, karena hal tersebut mengindikasikan bahwa mereka cukup sehat.

Cara mengobati ekor basah pada hamster

Untuk mengobati masalah ekor basah pada peliharaan kamu, maka setidaknya kamu perlu mengetahui bahwa hamster benar-benar memiliki gejala ekor basah.

Perlu kamu ingat bahwa ekor basah adalah masalah bakteri dan menyebabkan diare, tetapi hammy dapat mengalami diare karena banyak hal. Contohnya, hamster kamu mungkin makan buah atau sayuran segar yang memiliki kadar air tinggi dan tiba-tiba dia diare.

Baca juga : Cara Merawat Anak Hamster Tanpa Induk

Sehingga diare tersebut kemungkinan besar bukan dari penyakit ekor basah, tetapi dari hammy yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berair.

Namun untuk mengobati hamster terkena ekor basah adalah membawanya ke dokter hewan, dengan begitu kamu dapat mengetahui secara jelas apa pemicunya dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika peliharaan kamu benar-benar memiliki penyakit ekor basah dan gundul, maka dokter hewan biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mereka.

Kamu mungkin juga diperlukan untuk memberi makanan tambahan selama hammy sakit seperti oxbow dan sejenisnya.

Namun jika tidak sempat membawa hamster ke dokter hewan untuk di beri penanganan, maka kamu bisa dengan mencoba memberikan obat tetes sendiri dirumah.

Obat tetes ini beraroma jeruk yang mengandung formula antibiotik. Kamu dapat membelinya di sejumlah toko hewan khusus yang dicampurkan ke dalam minuman mereka.

Cara mencegah penyakit ekor basah

Untuk pencegahan biasanya dokter menyarankan supaya merawat hamster kamu dengan obat tetes antibotik, terutama dalam pencegahan saat kamu membawa pulang hamster baru dari toko atau tempat lain.

Tips lainnya ialah saat memilih peliharaan satu ini dari toko ataupun teman maka pastikan mereka memiliki karakter yang aktif, matanya terbuka, dan bagian belakangnya alias ekor kering.

Nah, itulah beberapa penyebab sekaligus cara mengobati hamster yang terkena penyakit ekor basah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel