CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Ikan Sapu-Sapu di Makan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Ikan Sapu-Sapu di Makan

gambar ikan sapu sapu hitam corak
Sumber foto : pixabay/3103171
Healty99 - Apakah boleh ikan sapu-sapu dimakan? Jawabnya adalah "Ya" dan "Tidak" mengapa? 

Sebenarnya kamu boleh-boleh saja menkonsumsi ikan satu ini, tetapi hal yang tidak memperbolehkanya ialah dimana letak habitat ikan tersebut dan bagaimana keadaan lingkunganya.

Kok begitu? Yuk simak lebih lanjut agar kamu bisa lebih mengetahui dengan jelas.

Mengkonsumsi Ikan Sapu-Sapu 

Ikan sapu-sapu atau dikenal juga dengan nama sapu jagat merupakan spesies ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan.

Ikan satu ini termasuk dalam kategori hama karena kehadiranya yang invansif dan bisa mengganggu ekosistem asli setempat.

Bukan karena sebagai pemangsa, ikan sapu merupakan ikan omnivora alias pemakan segala bentuk jaringan baik tumbuh-tumbuhan, lumut ataupun bangkai yang terurai didasar air.

Di satu sisi ialah ikan sapu-sapu dapat berkembang biak dengan sangat cepat, mengganggu tempat habitat ikan domestik, memakan telur ikan lain serta dapat bertahan pada air yang tercemar.

Yap, ikan sapu jagat memiliki daya tahan fisik yang kuat, mereka dapat hidup pada tingkat kadar keasaman air yang tinggi.

Bayangkan saja, sapu-sapu mampu hidup pada kawasan air yang ekstrim dan bahkan beberapa ikan lain tidak mampu hidup di air tersebut.

Sebagai contoh, sapu jagat mampu hidup pada kawasan sungai dan perairan yang sudah tercemar limbah pabrik, limbah rumah tangga, tinggi timbal dan air yang terkotaminasi zat-zat berbahaya dan minyak.

Karena daya tahan fisiknya yang kuat inilah membuat mereka bertahan dan mampu mendiami kawasan suatu perairan baik sungai, rawa dan danau secara besar-besaran.

Penyebab sapu jagat tidak boleh dimakan

Ikan sapu-sapu yang tidak boleh dikonsumsi ialah yang terkotaminasi lingkungan yang buruk.

Seperti yang telah disebutkan tadi, ikan satu ini memiliki tubuh yang kuat. Tubuh mereka dapat menetralisir racun dan zat-zat berbahaya di air.

Akibat kemampuan inilah yang menyebabkan ikan tidak boleh dikonsumsi, karena secara tidak langsung baik organ maupun daging ikan sudah terkontaminasi.

Jadi ada baiknya kamu hindari mengolah daging ikan sapu jagat jika mereka tinggal diperairan yang kotor, kumuh, banyak sampah dan limbah berbahaya seperti timbal, limbah pabrik maupun rumah tangga.

Ikan yang sudah terkotaminasi zat-zat berbahaya sedikit banyaknya akan melekat pada tubuh ikan, dan jika kita konsumsi maka hal ini dapat mengancam kesehatan di kemudian hari.

Itulah sebabnya mengapa kamu hindari memakan ikan sapu-sapu berdasarkan tempat habitat ia tinggal.

Ikan sapu-sapu yang boleh dimakan

Kamu sah-sah saja mengambil dan memakan daging ikan satu ini jika mereka tinggal di suatu kawasan perairan yang masih bersih.

Lagipula di beberapa daerah di Indonesia ada yang menangkap ikan mereka untuk diambi dagingnya dan diolah menjadi bahan panganan sperti siomay, kerupuk atau olahan berbahan dasar ikan lainnya.

Namun yang perlu kamu ketahui sebelum mengolah ialah, sapu jagat memiliki sisik luar yang amat menyulitkan untuk di bersihkan.

Selain itu tulang mereka juga banyak dan daging yang sedikit. Oleh karenanya sangat membutuhkan kesabaran dalam mengolah ikan satu ini.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharaan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel