CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Daun dan Bunga Timun untuk Kelinci? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Daun dan Bunga Timun untuk Kelinci?

gambar bunga dan buah timun
Sumber foto : pixabay/Etienne-F59
Healty99 - Memberikan daun dan bunga mentimun pada kelinci lebih baik ketimbang memberikan buahnya. Mengapa? Yuk cari tahu penyebabnya. Buah timun bukanlah makanan yang berbahaya bagi hewan pengerat satu ini, tetapi bukan berarti juga memiliki manfaat.

Mentimun kaya akan kandungan air yang mencapai 90%, makanan dengan air terlalu banyak tidak dibutuhkan kelinci dalam keseharian mereka. Jika itu cuaca panas maka kamu bisa saja berikan sebagai pencegahan peliharaan kamu mengalami dehidrasi.

Akan tetapi jika mereka terlalu banyak sumber air dalam makanan mereka, ini bisa menjadi masalah diare dan mencret pada kelinci. Namun berbanding terbalik dengan bunga dan daunnya yang justru aman bagi mereka.

Kelinci Makan Daun & Bunga Mentimun

Daun tanaman satu ini memiliki rendah asam oksalat, jadi kamu dapat dengan aman memberi makan daun mentimun ke peliharaan kamu seteiap hari.

Selain itu dedaunan hijau ini juga lebih tinggi kandungan serat, vitamin, dan mineral dapipada buah mentimun itu sendiri.

Namun syaratnya ialah jika kamu hendak tawarkan pada kelinci, maka saat memetik pastikan kamu mencuci selanjutnya sebelum di berikan.

Bunga mentimun memiliki warna kuning cerah dan lembut. Bunga betina melekat pada tanaman dengan apa yang tampak seperti mentimun kecil yang kemudian beberapa hari muncul buah utama.

Seperti halnya bunga zucchini, bunga timun sepenuhnya dapat dimakan oleh peliharaan kamu. Kelinci dapat dengan mudah menikmatinya sebagai bagian dari porsi sayuran segar makanan harian mereka.

Jadi coba taburkan di atas jerami atau kotak makanan mereka supaya bisa mencicipi sedikit sebagai varian cemilan.

Bahaya daun dan bunga mentimun

Meskipun bagian buga dan daun dari timun lebih bermanfaat ketimbang buahnya, tetapi tidak serta merta kamu bisa berikan setiap hari sebagai makanan utama kelinci.

Penyebabnya adalah daun mentimun mengandung oksalat (asam oksalat). Walau tidak dalam kadar yang banyak, tetapi jika kamu berikan setiap hari asam oksalat bisa memicu kerusakan ginjal.

Jadi harap tidak diberikan sebagai makanan utama atau paling tidak berikan 25% dengan campuran beberapa asupan buah maupun dedaunan lain dengan porsi sisanya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel