CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ini Ciri-Ciri Oli MPX Palsu dan Cara Mengetahuinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ini Ciri-Ciri Oli MPX Palsu dan Cara Mengetahuinya

gambar lagi menuang pelumas oli mesin
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Oli mpx AHM oli palsu kian beredar di pasaran. Sebagai pemilik kendaraan tentunya harus waspada, karena penggunaan oli palsu sudah pasti yang akan di rugikan adalah konsumen alias pemilik dari kendaraan itu sendiri.

Buat sebagaian orang mungkin akan sulit dalam membedakan mana oli asli dan mana oli oplosan atau palsu, baik itu pada mpx1, mpx2, mpx3, spx dan sejenis.

Baca juga : Perbedaan Oli Gardan Dan Oli Mesin

Pasalnya kebanyakan oli palsu di kemas dengan botol yang bentuknya sama seperti produk original, bahkan kemiripanya hampir 97% jika di lihat dari kemasan.

Pasti hal ini akan membingungkan bagi sebagian orang, terlebih yang tidak mengetahui sama sekali tentang sepeda motor alias masih awam.

Cara Mengetahui Oli Mpx Palsu

Nah, buat kamu yang penasaran dengan bagaimana cara mengetahui perbedaan antara oli mpx asli dan palsu, berikut selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : 10 Merk Oli Mesin Terbaik Untuk Matic Honda

1. Scan barcode

Pertama kamu bisa lakukan scan barcode pada kemasan. Untuk AHM oil pada bagian stiker atau ditutup botol terdapat kode barcode yang bisa kamu scan untuk melihat ke aslian dari produk.

Jika ada keterangan bahwa kode sudah pernah digunakan maka harap waspada karena oli yang kamu beli memiliki indikasi palsu.

2. Kode produksi

Selanjutnya kamu bisa lihat kode produksi atau nomor produksi pada kemasan. Pada oli mpx kode dapat kamu temukan dekat tutup botol. Kode tersebut di cetak dua tempat, satu pada tutup dan satunya lagi dikemasan botol (kode nomor di cetak sejajar).

Baca juga : Ciri-Ciri Sepeda Motor Kehabisan Oli

Selain itu lihat juga kode nomor di bagian kemasan yang letaknya ada di bagian samping bawah.

Untuk mengetahui keasilan kode kamu bisa melihatnya secara langsung. Produk asli tulisan di cetak sejelas mungkin dengan huruf yang baku dan tidak meleber, bahkan tinta yang digunakan tidak akan mudah terhapus walau kamu gosok dengan tangan.

3. Tempelan stiker

Oli asli memiliki cetakan teknologi printing terbaik sehingga menghasilkan warna yang tidak mudah luntur dan pudar.

Selain itu warna yang di hasilkan juga lebih cerah, tulisan, font, tinta atau ketikan terlihat rapi dan jelas, pemasangan lebel stiker presisi, tidak mudah lepas dan simetris serta adanya tekstur pada permukaan stiker.

Baca juga : Penyebab Motor Berasap Padahal Baru Bongkar

Patut kamu curigai jika kemasan yang kamu beli memiliki penampilan sedikit berbeda dengan sebelumnya yang kamu pernah beli.

4. Warna oli

Warna oli mpx asli selalu tidak berubah, baik itu mpx1, mpx2, mpx3 dan spx. Pasanya pabrikan sudah pasti selalu menjaga standar kualitas dan konsisten dalam membuat produk.

Sedangkan pada oli palsu biasanya akan memiliki warna yang berbeda-beda, entah itu lebih cerah, bening ataupun lebih gelap.

Baca juga : Biaya Perbaikan Untuk Menghilangkan Motor Berasap

Nah, jika oli yang kamu dapatkan memiliki warna yang tidak biasa, sebaiknya kamu pikirkan untuk tidak menggunakan atau tanyakan ke orang lain yang lebih mengetahui.

5. Segel aluminium

Berikutnya kamu bisa ketahui dari bentuk segel. Sebenarnya untuk membedakan oli mpx asli dengan palsu dari segel susah-susah gampang, terlebih lagi jika segel dibuat dengan kemiripan cetakan hampir sama.

Tetapi buat kamu yang sudah sering membuka oli jenis mpx dan sejenis, sebenarnya bisa diketahui dari beberapa ciri khas. Contohnya segel asli biasanya lebih simetris dan presisi, tulisan atau font jelas serta sudah pasti tidak akan pernah merembes.

Selain itu, biasanya saya sendiri bisa mengetahui keaslian segel saat di bolongkan dengan tangan. Segel asli dibuat untuk mempermudah pengguna, jadi memiliki karakteristik susah di lepaskan tapi mudah di sobek menggunakan tangan.

6. Harga

Jangan tergiur dengan harga oli yang terlalu murah. Oli asli telah memiliki harga yang telah di tetapkan dan dijual dibawah harga standar.

Mungkin ada yang dijual lebih murah dari bengkel resmi, tetapi itu tidak lebih dari 2 sampai 4 ribu rupiah. Namun yang perlu patut kamu curigai ialah oli yang di jual separuh harga atau jauh lebih murah dari harga normal.

7. Perubahan pada mesin

Buat kamu yang sensitif dalam membawa kendaraan sendiri, tentu pastinya tahu sifat dan karakter sepeda motor sebelum dan sesudah mengganti oli.

Contoh, kendaraan kamu terasa lebih panas dari sebelumnya, performa mesin turun serta keluar suara aneh pada bagian mesin dalam beberapa hari setelah ganti oli. Nah, jika ada beberapa gejala seperti itu bisa jadi motor kamu sudah kemasukan oli palsu atau oplosan.

Oli asli pastinya memiliki standarisasi yang memang diperuntukan kendaraan agar mendukung kinerja mesin. Itulah sebabnya produk asli dibuat supaya dapat menjaga mesin lebih awet, tidak mudah panas serta memaksimalkan performa kendaran.

8. Aroma

Cara membedakan oli mpx asli dan palsu berikutnya adalah dengan mencium aroma atau bau. Jika kamu merasa ada yang aneh dengan aromanya maka patut di curigai bahwa oli tersebut adalah oli oplosan.

Terlebih lagi sebelumnya kamu mengetahui bagaimana bentuk dan bau dari oli asli yang diberikan bengkel resmi.

Nah, itulah cara membedakan atau ciri-ciri oli mpx palsu yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel