CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Makanan Burung Kutilang Dewasa Liar Maupun Peliharaan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Makanan Burung Kutilang Dewasa Liar Maupun Peliharaan

gambar burung kutilang bertenger di atas ranting pohon
Sumber foto : istock
Healty99 - Burung kutilang atau ketilang, nilam alias cucak kutilang merupakan sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae yang diketahui berasal dari Jawa, Indonesia. Keberadaan kutilang secara umum dapat dijumpai hampir di seluruh kawasan Indonesia.

Kutilang kerap menjadi target berburu di alam liar karena keberadaanya masih melimpah, walaupun begitu adapula yang menangkapnya untuk di pelihara dan di perjual belikan di pasar.

Makanan Burung Kutilang Liar & Peliharaan Dewasa

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas sejumlah makanan atau pakan saja. Jadi buat kamu yang baru saja mendapatkan burung kutilang dewasa, berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu berikan.

1. Pisang

Pertama ada buah pisang. Secara umum pisang kerap menjadi makanan burung kutilang liar, oleh karena itu tidak heran jika ada pisang yang telah masak di pohon akan bolong-bolong dimakani sejumlah burung.

Hampir semua jenis buah pisang matang bisa kamu berikan pada mereka, baik itu pisang lilin, ambon, lemak manis, kepok dan barangan.

2. Pepaya

Selain pisang kamu juga bisa berikan buah pepaya, tetapi yang pasti pepaya sudah dalam kondisi matang kemerahan.

Cara memberikanya cukup mudah. Potong pepaya sebesar dua ruas jari kemudian masukan ke dalam sangkar mereka, biarkan burung memakan perlahan daging buah.

Tidak perlu khawatir akan biji dan kulit, bagian tersebut aman buat mereka.

3. Mangga

Beberapa jenis buah-buahan di sekitar kita seperti halnya mangga dapat menjadi makanan kulitang dewasa.

Hewan satu ini bisa memakan hampir beberapa jenis buah mangga yang ada di sekitar kita.

4. Belalang

Tidak hanya buah-buahan saja, nyatanya burung kutilang juga bisa memakan sejumlah serangga liar yang berukuran kecil seperti belalang.

Mereka akan tetap membutuhkan asupan protein dari hewan dan salah satunya di dapat dari serangga yang suka hidup di rerumputan.

5. Jangkrik

Selain belalang, serangga pelompat seperti jangkrik dapat menjadi pakan alternatif kamu berikan pada kutilang liar atau peliharaan di rumah.

Jangkrik memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, ini sangat baik untuk tumbuh kembang mereka supaya tampak gemuk dan menghasilkan bulu yang sehat.

6. Ulat hongkong

Ulat hongkong atau dikenal juga dengan nama mealworm, yaitu larva dari kumbang kuning yang banyak dibudidayakan untuk keperluan pakan hewan seperti burung, reptil, ikan dan mamalia kecil.

Kamu bisa berikan 1 atau 2 ulat hongkong pada kutilang sebagai makanan cemilan untuk 2 hari sekali.

7. Laron

Laron alias anai-anai yaitu salah satu koloni semut putih atau yang biasa di sebut dengan rayap.

Laron merupakan tahap akhir dari rayap, mereka memiliki sayap dan suka keluar saat cuaca sedang dingin atau setelah hujan turun.

Nah, laron akan muncul pada malam hari dan mencari tempat-tempat bercahaya. Kemunculanya bahkan ribuan, jadi mereka bisa kamu tangkap dan nantinya di berikan pada burung peliharaan kamu.

8. Magot

Ada yang tahu dengan magot? Magot lebih tepatnya larva dari kubang lalat hitam (BSF) Black Soldier Fly, yaitu serangga yang banyak di budidayakan untuk keperluan pakan hewan lain sama seperti halnya ulat hongkong di atas.

Magot dalam bentuk kering atau masih hidup bisa menjadi pakan burung kutilang liar maupun peliharaan. Mengingat larva satu ini memiliki sejumlah nutrisi yang sangat tinggi.

9. Kroto

Makanan burung kutilang yang terakhir bisa kamu berikan kroto, yaitu makanan super tinggi protein yang merupakan telur dari semut rang-rang alias kerengga.

Telur semut satu ini dapat kamu beli di toko pakan burung dengan harga harga Rp 35,000 - Rp 55,000 /ons.

Nah, itulah beberapa makanan pakan burung kutilang yang bisa kamu berikan, baik itu untuk yang liar baru di tangkap atau peliharaan.

Selain itu tidak mencakup sejumlah makanan di atas, setidaknya kamu juga harus memberikan minuman di dalam wadah karena mereka membutuhkan air.

Memberikan asupan vitamin dalam minuman mereka juga baik, dengan begitu kebutuhan nutrisi peliharaan kamu akan terpenuhi dan membuat burung sehat dan terus berikicau.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel