CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 9 Makanan Burung Perkutut Liar & Peliharaan Dewasa - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

9 Makanan Burung Perkutut Liar & Peliharaan Dewasa

gambar burung pekutut
Sumber foto : pixabay/TheOtherKev
Healty99 - Burung perkutut atau perkutut jawa (Geopelia striata) merupakan spesies burung yang dapat dengan mudah di temukan hampir di seluruh wilayah Indonesia dan kerap di perjual belikan sebagai hewan peliharaan.

Cukup banyak orang memelihara burung satu ini dikarenakan ia berkicau dan mengeluarkan suara yang khas, terlebih lagi saat ada lawan sejenis di sekitar lingkungan.

Selain itu, mudahnya dalam perawatan dan pemeberian pakan juga menjadi faktor mengapa perkutut populer dipelihara.

Namun pada kesempatan kali ini saya tidak membahas mengenai bagaimana cara merawat burung perkutut itu sendiri, tetapi lebih ke tips sekaligus mengenai jenis pakan yang terbaik untuk mereka.

Pakan Burung Perkutut Terbaik

Secara spesies, perkutut merupakan jenis burung pemakan biji-bijian. Akan tetapi faktanya terkadang mereka kerap memakan beberapa serangga kecil untuk memenuhi kebutuan nutrisi.

Nah daripada panjang lebar, berikut beberapa pakan terbaik yang bisa kamu berikan pada burung perkutut liar maupun peliharaan.

1. Millet

Millet merupakan biji-bijian kecil yang termasuk dalam kategori serealia. Millet kebanyakan di peruntukan sebagai pakan hewan peliharaan, terutama seperti halnya burung.

2. Kacang hijau

Berikutnya yaitu kacang hijau. Pakan satu ini diklaim bisa membuat burung perkutut menjadi gacor, meningkatkan porsi ukuran serta untuk pertumbuhan.

3. Ketan hitam

Selain kacang hijau, kamu juga bisa memanfaatkan ketan hitam jika ada di dapur sebagai pakan alternatif.

Burung satu ini diketahui dapat dengan mudah memakan ketan hitam tanpa adanya masalah yang berarti.

4. Gabah

Gabah merupakan penyebutan untuk padi yang sudah panen dan baru dilepaskan dari tangkainya, tetapi masih memiliki kulit ari atau kulit luar.

Gabah cukup sulit untuk di dapatkan ditoko, tekecuali jika kamu berada di suatu lokasi persawahan mungkin dapat dengan mudah mendapatkan gabah.

Namun tidak perlu khawatir, sebagai alternatifnya kamu bisa ganti dengan beras karungan.

5. Biji sawi

Siapa sangka bahwa biji sawi ternyata bisa menjadi pakan burung perkutut loh.

Memang jarang orang memberikan biji sawi sebagai pakan burung, mengingat kebanyakan biji sawi lebih ditanam sebagai sayuran.

6. Tulang sotong

Tahukah kamu bahwa tulang sotong yang biasa dibuang dan tidak dimanfaatkan tersebut sebenarnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk pakan burung.

Tulang sotong merupakan sumber yodium yang tinggi untuk burung, di sisi lain khasiatnya ialah bisa meningkatkan produksi telur serta produktifitas hewan itu sendiri.

7. Enceng-enceng

Enceng-enceng adalah penyebutan untuk sejumlah biji-bijian liar atau pohon gulma liar di sekitar lingkungan yang menghasilkan biji.

Secara alami ini merupakan pakan burung liar, oleh karena itu kamu mungkin bisa memanfaatkanya sebagai makanan perkutut peliharaan.

8. Jagung

Jagung juga termasuk dalam kategori biji-bijian, ini dapat kamu berikan dalam bentuk beberapa potong kecil sebagai kudapan burung perkutut kamu.

Baik jagung basah maupun jagung kering tidak menjadi masalah, yang terpenting harap tidak terlalu berlebihan.

9. Serangga kecil

Beberapa serangga kecil bisa menjadi makanan tambahan untuk perkutut, terlebih lagi dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan tubuh dan produksi telur.

Memberikan sedikit serangga kecil seperti halnya jangkrik, belalang, ulat hongkong, magot atau undur-undur sebenarnya tidak menjadi masalah. Mengingat di alam liar mereka kerap juga memakan sejumlah serangga.

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah mereka akan memakan serangga jika memang dibutuhkan dan tidak di paksa. Jadi tipsnya ialah sediakan saja sedikit serangga di dalam mangkuk wadah makanan mereka secara terpisah di samping makanan utama.

Jika mereka membutuhkan asupan serangga, nantinya mereka akan memakan langsung tanpa harus di suruh.

Nah, itulah beberapa pakan terbaik dan bagus yang bisa kamu berikan pada burung perkutut dewasa liar maupun peliharaan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel